19 May 2017

Jarum Suntik Terinfeksi HIV Disimpan di Kotak Tisu Toilet Umum?



Klaim: Jarum suntik yang terinfeksi HIV atau hepatitis B sengaja disimpan di toilet umum agar penggunanya terinfeksi.


Pengguna Facebook dengan nama akun Kenny Chiu baru-baru ini mengunggah beberapa foto yang langsung menjadi viral. Dalam postingannya Kenny mengingatkan netizen lainnya untuk lebih berhati-hati saat menggunakan tisu di toilet umum. Apa pasal?

Rupanya seseorang tak bertanggung jawab telah meletakkan sebuah jarum suntik yang menghadap ke bawah. Jadi siapa saja yang menggunakan tisu basah tersebut bisa saja terkena jarum suntik tersebut. meski belum dikonfirmasi namun Kenny yakin bila jarum tersebut mengandung virus HIV atau Hepatitis B. Jadi, lebih baik berhati-hati daripada menyesal di kemudian hari.

Ia menambahkan: "Jika kamu terkena salah satu jarum seperti ini, tolong pergi ke doktermu atau rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan."

Sumber klaim: Okezone.com, tribunnews.com

Tidak Terbukti

ANALISIS

Rumor tentang jarum suntik yang terinfeksi HIV ditaruh di toilet banyak diklaim di beberapa negara, bahkan gambar yang sama digunakan dengan deskripsi yang sama dengan lokasi kejadian yang diubah.

Gambar tersebut bukan hanya diklaim terjadi di Indonesia dan Filipina, situs Korea Pickis menggunakan gambar dan klaim yang sama dengan lokasi kejadian di toilet bandara di Australia. Situs Rusia 24warez mengklaim lokasi kejadian di toilet umum di New York.


Rumor tesebut beredar pada September 2016 dan kembali diviralkan baru-baru ini oleh pemilik akun Rina Damayanti di dinding Facebook pribadinya yang telah dibagikan lebih dari 3 ribu kali. Klaim yang hampir sama juga pernah beredar menyatakan bahwa suntikan yang terinfeksi darah HIV disimpan di bawah pegangan pompa bensin di SPBU, pesan tersebut sudah beredar setidaknya sejak tahun 2000, bahkan sejak tahun 1998 rumor itu sudah beredar dengan lokasi berbeda.

Situs debunked Snopes mengumpulkan pesan sama yang beredar dari tahun ke tahun, semua klaim intinya sama menakut-nakuti masyarakat akan bahaya jarum suntik yang terinfeksi HIV sengaja disimpan di tempat umum.


Pada Februari 2017, Hoax-Slayer melaporkan hasil analisisnya tentang pesan serupa menyatakan jarum suntik yang terinfeksi HIV ditempatkan di tempat umum, seperti di kursi bioskop di Australia, di slot koin telepon umum di Kanada dan AS dan jarum suntik juga diselipkan di tempat-tempat umum lainnya yang banyak dikunjungi.

Cerita tentang kejahatan jarum suntik terinfeksi HIV banyak beredar dengan banyak versi, namun tidak ada catatan resmi yang melaporkan kebenarannya. Rumor tersebut pada dasarnya hanya menciptakan keresahan dengan mengeksploitasi keawaman masyarakat, namun tidak berdasarkan fakta.

Setiap informasi kejahatan besar yang berpotensi berbahaya pastinya pihak terkait akan turun tangan menangani dan memperingatkan kepada masyarakat, kenyataannya peringatan itu hanya diedarkan oleh pihak anonim dan individu tanpa bukti otentik juga tanpa laporan resmi.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon