24 May 2017

8 Hoax Seputar Serangan Bom Bunuh Diri di Manchester



Kota Manchester, Inggris, pada Senin malam waktu setempat (22/05/2017) terjadi serangan bom bunuh diri yang menewaskan sekitar 22 orang. Bom bunuh diri meledak di Manchester Arena saat pagelaran konser Ariana Grande yang dihadiri oleh ribuan remaja Inggris.

Serangan bom bunuh diri di Manchester dimanfaatkan oleh hoaxers untuk menyebarkan berita palsu terkait serangan, banyak informasi salah dan hoax menyebar di internet terkait serangan ini.

Berikut 8 klaim palsu yang beredar:

1. Pengguna Twitter memprediksi serangan

Seorang pengguna Twitter dengan akun @owys663 memposting pesan ancaman sebelum terjadinya serangan. Outlet berita Inggris Daily Mail melaporkan sebuah screenshot postingan tersebut dengan tweet yang berbunyi "apakah Anda lupa dengan ancaman kami?", dan dengan hastag #ManchesterArena.


Akun tersebut telah ditangguhkan, namun klaim yang beredar menyatakan bahwa tweet tersebut diposting empat jam sebelum serangan. Berdasarkan analisis dari situs debunked Thats Nonsense, identitas pemilik akun @owys663 tidak diketahui dan pengguna juga tidak diketahui apakah terlibat dengan serangan tersebut.

Klaim bahwa akun tersebut membuat tweet sebelum serangan sangat diragukan. Siapapun yang mengambil screenshot pastinya di atas pukul 06.32. Yang mengambil screenshot kemungkinan tinggal di wilayah Amerika Utara, maka tweet tersebut diposting oleh owys663 satu jam setelah serangan karena perbedaan waktu 5 jam.

Jika berbicara kemungkinan, kemungkinan yang paling masuk akal adalah tweet tersebut diposting setelah serangan. Yang pasti identitas pengguna tidak diketahui dan screenshot tidak diketahui diambil dari negara mana, yang perlu dicatat adalah zona waktu setiap negara berbeda-beda.

2. Laporan beberapa orang yang hilang

Sejumlah foto anak remaja beredar di jejarng sosial Twitter bersama dengan klaim bahwa mereka menghadiri konser Ariana Grande dan hilang setelah serangan bom bunuh diri. Beberapa foto yang dilaporkan hilang dengan cepat menyebar di jejaring sosial, bahkan Twitter Daily Mail mengunggah banyak foto orang-orang yang hilang terkait serangan tersebut.


Semua foto yang ditampilkan merupakan gabungan foto orang-orang yang hadir di acara konser dan yang tidak ada hubungannya dengan insiden tersebut. Salah satu foto adalah seorang gadis remaja asal Australia, ibunya mengkonfirmasi bahwa ia dalam kondisi aman.


Fotografer Rachel Devine terkejut melihat gambar putrinya yang berusia 12 tahun beredar di internet, ketika kejadian anaknya berada di sekolah. Foto remaja Australia tersebut digunakan untuk klaim palsu, sementara banyak orang tua sedang panik mencari tahu keadaan anak mereka apakah selamat dalam insiden terbut.

Selain itu foto salah satu YouTuber populer yang dikabarkan menghilang telah mengklarifikasi lewat video yang diunggah di Youtube dalam saluran TheReportOfTheWeek, dirinya baik-baik saja dan saat ini ia berada di Amerika Serikat.



3. Tweet Ariana Grande tentang serangan bom Manchester

Sebuah tweet dari penyayi Ariana Grande beredar di mana tempat konser dirinya berlangsung meledak oleh bom. Tweet tersebut menyebar dihubungkan dengan insiden serangan bom di Manchester.


Tweet dari Ariana Grande tersebut adalah nyata, tapi tweet tersebut tidak ada hubungannya dengan insiden serangan Manchester karena tweet tersebut diposting pada September 2011.


4. Terjadi penembakan di luar Rumah Sakit Oldham

Beberapa saat setelah ledakan di Manchester Arena, beberapa outlet berita Inggris melaporkan bahwa seorang pria bersenjata terlihat di luar Rumah Sakit Royal Oldham di Greater Manchester.


Laporan tersebut berdasarkan tweet yang belum diverifikasi kebenarannya yang kemudian laporan ditarik kembali. Pihak berwenang dengan segera mengklarifikasi bahwa rumah sakit tersebut aman dan tidak ada pria bersenjata.


5. Laporan tweet palsu

Seorang pengguna Twitter dengan nama akun Kylie Manser memposting foto seorang anak dengan kalim bahwa anak tersebut terjebak dalam serangan di Manchester Arena.


Faktanya foto tersebut diambil dari fashion lines yang dirancang untuk orang-orang dengan Down Sindrom.


6. 50 anak berlindung di hotel Holiday Inn

Beberapa akun Twitter dari orang terkenal memposting sekitar 50 anak tanpa pendamping telah diambil oleh pihak hotel Holiday Inn yang lokasinya dekat dengan Manchester Arena.


Juru bicara Hotel Holiday Inn membantah kabar tersebut dan menyatakan bahwa informasi itu tidak benar. Bahkan kepolisian Manchester mengkonfirmasi bahwa tidak ada anak tanpa pendamping berada di salah satu hotel di Manchester terkait serangan bom di Manchester Arena.


7. Masjid Raya Glasgow menjadi sasaran serangan grafiti

Satu hari setelah serangan Manchester, tembok bagian luar Masjid Raya Glasgow dikabarkan muncul coretan dengan tulisan "ISIS".


Pihak kepolisian setempat menyatakan bahwa coretan tersebut tidak ada hubungannya dengan serangan Manchester, coretan di Masjid sudah ada sejak akhir pekan lalu.

8. Foto Ariana Grande pasca serangan

Beredar foto Ariana Grande yang diklaim berlumuran darah setelah serangan terjadi di mana ia melangsungkan pertunjukannya.


Faktanya foto tersebut tidak ada hubungannya dengan serangan Manchester, foto menunjukkan saat Ariana Grande dalam adegan serial tv Scream Queens pada tahun 2015.


Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon