06 April 2017

Video Pasir Terjun di Arab Saudi: Fakta


Beredar sebuah video yang menunjukan sebuah fenomena aneh dan unik di mana air terjun pasir yang terjadi di Arab Saudi. Biasanya alam menyajikan air terjun yang indah namun apa yang terjadi di Saudi adalah sebuah fenomena alam yang langka pasir terjun atau biasa disebut "sandfalls", sebuah fenomena alam di mana pasir gurun bergerak layaknya air terjun.



Sebuah fenomena langka yang menampilkan sandfall di gurun Arab Saudi

FAKTA

ANALISIS

Video pasir terjun di gurun Arab Saudi banyak dituduh sebuah rekaman palsu dan merupakan air terjun Niagara yang diediting. Untuk sebagai orang fenomena pasir terjun mungkin dianggap hanya omong kosong, namun faktanya fenomena itu adalah nyata.

Video sandfalls mulai beredar pada Maret 2017, sebelumnya video yang sama pernah beredar pada April 2017 ang diposting di Instagram oleh @tausiyahcinta. Dalam dsekripsi menjelaskan bahwa fenomena tersebut terjadi di wilayah selatan Riyadh, desa Al Aflaj.

Bahkan video yang lebih tua pernah beredar pada April 2013:


Berikut video lainnya yang serupa:



Pasir meluncur ke bawah tebing layaknya air terjun, bahkan dari kejauhan benar-benar terlihat seperti air terjun besar. Fenomena alam langka ini terjadi menjelang musim badai pasir yang kerap terjadi di wilayah ini, biasanya terjadi setelah hujan lebat hingga pasir gurun bergerak terbawa air hujan.

Pasir terjun di Arab Saudi terjadi karena hujan lebat yang membanjiri gurun sehingga pasir bergerak terbawa banjir. Wilayah Arab Saudi tidak memiliki sungai permanen, namun banyak daratan yang pada umunya merupakan dasar sungai yang kering yang akan banjir jika hujan lebat datang.

Berikut video yang menunjukan dasar sungai yang kering mulai banjir teraliri air terjun dari atas bukit setelah hujan lebat yang membawa banyak pasir.


Dalam sebuah editorial yang ditulis oleh Hussein Shobokshi menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi kemungkina karena perubahan iklim, fenomena sandfalls relatif baru terjadi. Perubahan iklim ekstrim yang terjadi di Arab Saudi berdampak terjadinya hujan besar hingga terjadi banjir yang melanda sebagian besar wilayah, bahkan menyebabkan banyak jatuh korban jiwa, luka-luka, dan kerusakan bangunan dan infrastruktur publik.

Fenomena sandfalls (pasir terjun) sejatinya terjadi karena pergerakan besar pasir yang terdorong oleh angin, arus air dan gaya gravitasi. Sandfalls ditemukan di lembah batu berpasir dan banyak terjadi di beberapa wilayah.

Sandfalls juga terjadi di bawah laut di mana arus laut yang kuat mendorong pasir ke sisi yang lebih dalam hingga jatuh, seperti yang terjadi di dalam laut perairan Meksiko.


Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon