22 April 2017

Video Mayat Dijadikan Tumbal Proyek: Hoax


Beredar sebuah video dengan klaim sesosok mayat dijadikan tumbal proyek. Pemilik akun Arief memposting di jejaring Facebook sebuah video dan gambar dengan deskripsi "BIADAP, PROYEK PAKE TUMBAL MANUSIA." Video tersebut sudah dibagikan lebih dari 3.400 kali.


Video yang sama dengan judul "BIADAB !!! Proyek dengan tumbal manusia" dipublish di Youtube


HOAX

ANALISIS

Video yang menunjukkan sesosok mayat berada di dalam kendaraan pengaduk semen bukan tumbal untuk proyek. Video tersebut nyata, tapi klaim yang mengatakan bahwa mayat tersebut adalah tumbal untuk sebuah proyek tidak benar.


Penemuan mayat di sebuah truk mixer beton pada instalasi sebuah perusahaan semen terjadi pada Maret 2017 di Republik Dominika, insiden tersebut tertangkap kamera video dan banyak diposting di jejaring sosial. Pihak berwenang setempat masih menyelidiki kasus tersebut, menurut keterangan bahwa kendaraan pengaduk semen tersebut milik perusahaan Cemex Dominicana.


Menanggapi video tersebut pihak perusahaan dalam keterangannya di akun Twitter mengatakan bahwa mayat tersebut berada dalam truk pengaduk semen sudah beberapa hari sebelum ditemukan, sebelumnya kendaraan tersebut tidak dioperasikan selama 4 hari, kendaraan berada di luar lokasi perusahaan.


Mayat tersebut diduga berjenis kelamin laki-laki, pihak kepolisian setempat masih menyelidiki penyebab kematiannya. Juru bicara kepolisian, Jenderal Nelson Rosario, mengatakan bahwa mayat tersebut diduga adalah seorang pria dengan masalah gangguan mental yang sebelumnya dilaporkan hilang.

Kesimpulan: Video tersebut nyata, namun klaim yang mengatakan bahwa kejadian tersebut merupakan tumbal manusia untuk pembangunan proyek adalah hoax. Faktanya insiden tersebut terjadi di Republik Dominika, pihak kepolisian setempat masih menyelidiki kasusnya dan diduga mayat pria tersebut memiliki gangguan mental yang sebelumnya dilaporkan hilang.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon