17 April 2017

Sepasang Suami Istri Syok Berat Setelah Mengetahui Keduanya Saudara Kembar: Hoax

Ilustrasi

Sebuah laporan berita mengatakan bahwa sepasang suami istri di AS syok berat saat tahu keduanya ternyata saudara kembar. Mereka baru mengetahuinya ketika melakukan tes kesuburan, pihak klinik menyatakan keduanya memiliki DNA yang sama.

Berikut artikel beritanya:

Sepasang suami istri yang tidak disebutkan identitasnya untuk alasan privasi syok berat saat tahu keduanya ternyata saudara kembar. Kisahnya sendiri bak sinetron: terpisah karena diadopsi orangtua berbeda setelah kematian orangtua kandung mereka dalam kecelakaan lalu lintas. Masing-masing pasangan yang mengadopsi tak menyadari jika bayi yang dirawatnya ternyata memiliki kembaran.

Dikutip dari DailyMail, Minggu (16/4/2017), di usia dewasa keduanya dipertemukan saat sama-sama menimba ilmu di universitas yang sama. Merasa memiliki banyak persamaan mereka jatuh hati hingga akhirnya menikah. Namun sekian lama berumah tangga keduanya tak juga dikaruniai momongan. Dan tes di klinik kesuburan mengungkap kebenaran tadi. Ternyata, keduanya saudara satu darah.

Identitas pasien dan dokter dirahasiakan.

Pihak klinik IVF di Jackson, Mississippi, AS, Kamis lalu menyatakan keduanya memiliki DNA yang sama. Selain syok, pasangan ini harus pula memikirkan nasib pernikahannya. Meski tidak mengetahuinya sejak awal, hukum setempat menyatakan larangan bagi pernikahan satu darah. Mississippi Herald melaporkan, saat ini kedua saudara kembar ini mencoba untuk tegar.

Penelurusan selanjutkan menunjukkan, orangtua kandung mereka meninggal dalam insiden lalu lintas. Dan kekeliruan prosedur dalam proses adopsi membuat pasangan yang mengadopsi saudara sedarah ini tidak mendapat informasi jika keduanya memiliki saudara kembar. Mengomentari kasus ini psikolog yang dimintai tanggapan menyebut saat ini yang bisa dilakukan adalah pemulihan psikis.

Mississippi sendiri memiliki aturan ketat mengenai pernikahan dengan saudara kandung. Hukuman bagi pelaku adalah penjara hingga 10 tahun dan kewajiban membayar sejumlah uang. Namun menilik latar belakang kasus yang satu ini banyak yang meyakini keduanya tidak akan terjerat hukum.

Harianpublik.com, suaranews.co.

HOAX

ANALISIS

Berita tentang sepasang suami istri dari Mississipi, AS, merasa syok berat setelah mengetahui bahwa mereka kembar mengambil sumber dari outlet berita Inggris, Daily Mail.


The devastated couple was left at a loss with what to do, as marriage between siblings is outlawed in the southern state.

Neither the couple nor doctor can be named for patient confidentiality reasons.

After the doctor informed the husband and wife that they were related, the pair tried to put together the pieces of their lives, reported the Mississippi Herald.

They realized their parents both died in a car accident and due to a filing error when they were adopted by other families, the adoption parents were never told about their child's other sibling.

The pair unknowingly reunited while attending college and they quickly bonded over their strikingly similar backgrounds and fell in love.

Berita tersebut beredar baru-baru ini, bahkan beberapa outlet berita AS dan Inggris tidak ketinggalan ikut merilis beritanya, seperti Fox News, Inquisitr, Metro.




Berita tersebut berawal dari laporan situs Mississipi Herald, outlet berita AS dan Inggris tidak mencoba mencari tahu validitas situs tersebut. Tidak ada keterangan rincian "tentang" Mississipi Herald di lamannya, tidak ada nama penulis, bahkan dalam laporan beritanya tidak dapat diverifikasi karena tidak jelas nama klinik, nama dokter yang menangani dan nama pasien istri (hanya tertulis nama suami, Jackson), semuanya anonim.

Bahkan sebelumnya Mississipi Herald pernah merilis berita nyeleneh tanpa rincian jelas, tentang seorang pria mengaku tergoda hasrat seksual dengan kuda. Situs ini sangat gelap, tidak ada informasi kontak, alamat kantor, nomor telepon ataupun alamat e-mail.

Fox News akhirnya meralat beritanya dengan menambahkan kata "Fake" diakhir judul artikelnya. Bahkan Metro menghapus artikel beritanya.
Situs Mississipi Herald diketahui baru terdaftar pada 2 November tahun lalu, outlet berita AS dan Inggris awalnya mengira situs tersebut merupakan media Mississipi Sun-Herald, sebuah surat kabar harian yang berbasis di Biloxi yang telah beredar sejak 1884.

Cerita yang sangat identik lebih tua muncul di situs Denver Inquirer pada Desember 2016, dengan judul "Denver couple shocked after DNA test reveals that they are biological twins". Situs ini merupakan situs berita palsu yang menyebarkan berita fiktif.

Bahkan secara tampilan website Mississipi Herald dengan Denver Inquirer sangat mirip dengan template yang sama..



Kesimpulan: Cerita sepasang suami istri merasa syok berat setelah mengetahui mereka ternyata saudara kembar berasal dari situs berita palsu yang banyak menerbitkan cerita fiksi.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon