26 April 2017

Seorang Bayi di Tiongkok Mengalami Kebutaan Akibat Flash Kamera: Hoax



Sebuah cerita mengabarkan tentang seorang bayi berusia tiga bulan di Tiongkok mengalami kebutaan permanen di mata bagian kanan setelah difoto dari jarak dekat oleh teman orangtuanya menggunakan kamera yang dilengkapi flash atau lampu kamera.

Berikut artikel berita dari tribunnews.com.


Seorang bayi berusia tiga bulan mengalami kebutaan permanen di mata bagian kanan setelah difoto dari jarak dekat oleh teman orangtuanya menggunakan kamera yang dilengkapi flash atau lampu kamera.

Dilansir Dailymail, menurut dokter, bayi asal Tiongkok yang tidak disebutkan namanya itu, mengalami kerusakan permanen akibat flash kamera tersebut yang hanya 10 inci dari posisi bayi.

Sejumlah sumber mengatakan teman orangtuanya itu lupa menutup flash kamera ketika mengambil foto bayi itu dari jarak dekat.

Hal Ini mengakibatkan mata kanannya buta dan mati bagian kirinya ikut bermasalah tapi tidak mengalami kebutaan seperti mata kanannya. Dokter mengatakan kerusakan itu permanen dan tidak dapat diobati melalui pembedahan.

Flash kamera yang diarahkan ke bayi malang itu telah merusak makula, yaitu bagian dalam mata.

Macula tidak terbentuk sampai anak berusia empat tahun, ini berarti mata bayi sangat sensitif dengan sinar cahaya yang kuat.

Menurut ahli, meskipun bayi akan menutup mata ketika mereka terkena cahaya yang kuat, namun cahaya itu dapat menyebabkan kerusakan permanen. Sementara itu, orangtua bayi baru menyadari ada sesuatu yang salah dengan penglihatan bayi mereka setelah melihat hasil foto dan rekaman di kamera temannya itu.

Selanjutnya mereka langsung melarikan bayi mereka ke rumah sakit

HOAX

ANALISIS

Cerita tentang bayi mengalami kebutaan disebabkan flash kamera yang terjadi di Tiongkok seperti dongeng fiksi, nama bayi, nama orangtua bayi, nama ahli yang dikutip, nama dokter yang menangani, dan nama rumah sakit, semua anonim dengan wajah imajiner. Cerita tersebut menjadi viral setidaknya sejak tahun 2015.

Rumor tersebut menjadi viral setelah media Inggris Daily Mail merilis berita tersebut, mereka mengandalkan sumber informasi dari situs People’s Daily Online, yang mengambil sumber dari Guangming Daily, mengambil sumber dari situs QQ.com, yang mengutip berita dari Dahe.com, berdasarkan informasi dari Henan Tv. Semua sumber informasi tidak memberikan rincian data apapun sebagai penunjang cerita.

Apakah flash kamera berbahaya bagi mata bayi?

Secara umum mata bayi tidak akan mengalami kebutaan karena flash kamera, bahkan Orange Regional Medical Center (ORMC) menganjurkan kepada orangtua untuk memotret bayinya, flash kamera tidak berbahaya bagi bayi.

We encourage you to take pictures of your baby. Flash cameras are allowed and will not harm your baby.

Dr Alex Levin dari Rumah Sakit Wills Eye di Philadelphia, dalam sebuah wawancara dengan Yahoo Parenting, Levin mengatakan bahwa cerita dari People's Daily Online tidak masuk akal. Ia juga mengatakan bahwa jika cerita itu benar maka akan banyak bayi di dunia akan mengalami kebutaan (akibat flash kamera), namun nyatanya belum ada laporan resmi.

Bisa jadi, dokter menduga bahwa bayi tersebut sudah buta matanya dan dokter menemukan kondisi fisiknya ketika mereka melakukan pemeriksaan. "Tapi menghubungkan kebutaan dengan mengambil foto dengan kamera, itu tidak benar," kata Levin.


Berikut beberapa pertanyaan seputar efek flash kamera pada mata bayi dan jawaban dari para ahli 

Pertanyaan: Apa resiko jangka pendek dan jangka panjang menggunakan flash kamera pada mata bayi usia 2 bulan?

Jawaban: Tidak ada, kecuali kameranya jatuh menimpa mata bayiJohn C Hagan III, MD, FACS, FAAO

Sumber: MedHelp.org

Pertanyaan: Dapatkah flash kamera membahayakan mata bayi?

Jawaban: Tidak, itu tidak bisa. Sebenarnya mata bayi memiliki perlindungan lebih dari flash kamera dibanding orang dewasa. Bayi biasanya memiliki pupil lebih kecil, itu berarti cahaya akan sedikit mencapai retina - Don Bienfang, M.D.

Sumber: Carefirst.staywellsolutionsonline.com

Pertanyaan: Dapatkan flash kamera membahayakan penglihatan bayi?

Jawaban: Tidak, itu tidak berpengaruh pada penglihatan bayi. Meskipun flash kamera tampak sangat terang, sebenarnya cahaya yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan cahaya matahari di siang hari yang Anda lihat setiap hari - Dr. Jeffrey Paul (Ophthalmology).

Tidak ada efeknya, cahaya dari flash kamera tidak terlalu fokus (menyebar) dan intensitasnya rendah sehingga tidak dapat merusak mata bayi - Dr. Richard Bensinger (Ophthalmology).

Sumber: InteliHealth.com

Kesimpulan: Cerita tentang seorang bayi di Tiongkok mengalami kebutaan akibat flash kamera merupakan cerita imajiner tanpa memberikan rincian spesifik tentang cerita, seperti di mana insiden itu terjadi, nama-nama orang tua, identitas "para ahli" yang dikutip, nama dokter yang mengani atau nama rumah sakit di mana bayi dirawat.

Para ahli juga sepakat bahwa flash kamera tidak akan membuat mata bayi menjadi buta ataupun berpengaruh pada penglihatannya selama jangka pendek atau jangka panjang. Flash kamera cukup aman bagi mata bayi, namun Anda harus tetap berhati-hati ketika memotret buah hati tercinta.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon