21 April 2017

Kamera Tersembunyi Diselipkan Dalam Sekrup Ditemukan di Ruang Ganti Pakaian: Hoax


Sebuah laporan berita menyatakan bahwa ditemukan kamera kecil yang disisipkan dalam sebuah sekrup. Banyak netizen memperingatkan sebuah kamera kecil diselipkan dalam celah sekrup yang ditempatkan di ruang ganti umum.

Berikut artikel berita dari okezone.comtribunnews.com


Kaum hawa perlu berhati-hati saat berganti pakaian di ruang ganti umum. Pasalnya, ada kamera yang ditanamkan di dalam mur baut.

Gambar dari mur baut tersebut telah tersebar di Twitter. Seperti yang dapat Anda lihat, kamera tersebut sangat kecil, tak akan terlihat jika Anda tidak terlalu memerhatikannya.

Netizen pun berharap penyebaran foto ini akan meningkatkan kesadaran perempuan akan keberadaan alat semacam ini. Berikut beberapa komentar netizen mengenai kamera kecil itu:

“Astaga.. Kyknya cara ngintip tradisional mulai punah,” komentar @reaperws69. “Mau lihat tubuh peremouan gampang aja kok.. Ngapain susah2 bgtu.. Lngsung nikah aja. Lihat jelas tuh smua..” kata @inyo3t. “Semuanya aja dikasihin kamera, orang jaman sekarang keponya luar binasa,” tambah @ReginaMarisP.

HOAX

ANALISIS

Rumor tentang kamera tersembunyi yang diselipkan di sekrup (baut) ditemukan ada di ruang ganti umum disebarkan oleh netizen tanpa ada laporan resmi dari pihak terkait. Jika rumor tersebut benar terjadi, pastinya ada laporan resmi dari pihak kepolisian dan tentunya banyak media resmi mewartakannya, bukan hanya berdasarkan keterangan dari netizen.

Informasi tersebut sangat jelas hanya beredar dikalangan netizen tanpa memberikan data lengkap, hanya melampirkan gambar. Gambar kamera tersembunyi dalam sekrup memang nyata, tapi klaim bahwa itu adalah sebuah modus baru dan kamera tersebut telah terdeteksi ada di ruang ganti umum adalah hoax.

Laporan berita tersebut hanya berdasarkan rumor yang disebarkan netizen, sangat disayangkan outlet berita tidak pernah mencoba memverifikasinya. Rumor tersebut berawal pada 7 April 2017, situs trendsinpk.com (Pakistan) menerbitkan sebuah artikel dengan judul "Beware of Spy cams in Pakistan" (Hati-hati kamera pengintai di Pakistan).


Dalam artikel Trendsinpk menyatakan bahwa kamera pengintai dalam sekrup ditemukan saat mencari beberapa peralatan kantor. Karena kamera dalam ukuran kecil dan orang-orang bahkan tidak bisa melihat keberadaan kamera tersebut di setiap ruangan, mereka memperingatkan bahwa kamera tersebut dapat menciptakan beberapa masalah serius ketika digunakan di ruang publik seperti kamar kamar mandi wanita dan ruang ganti pakaian.

While we were searching for some equipment for our office, we came across some spy cams as well, which are probably being used without awareness.

Here’s a glimpse of such cams.

Beware of Spy cams in Pakistan

Moreover, it’s so small in size that people can not even notice it’s existence in any room.

Beware of Spy cams in Pakistan

So, we are here to warn you people, for this can create some serious trouble when using public spaces as the trial rooms of some big cloth shops etc.

Be aware and hopefully you and your families may not be a victim of it.

Kedua gambar dari laman Trendsinpk digunakan untuk informasi yang meresahkan. Walaupun kamera yang diselipkan dalam sekrup memang nyata, namun kamera tersebut belum ditemukan disalahgunakan di tempat umum.

Yang perlu diketahui adalah kamera seperti seperti itu sudah ada setidaknya sejak tahun 2008, dalam video yang dipublish di Youtube oleh Wolfcom. Kamera tersembunyi tersebut digunakan untuk memata-matai banyak dijual di situs eBay.


Kamera tersembunyi tersebut memang bisa saja disalahgunakan, namun itu bukan berarti harus menyebarkan informasi yang hanya berdasarkan desas-desus saja. Kamera tersebut sudah lama beredar dijual di pasaran, hingga saat itu belum ada laporan resmi kamera tersembunyi yang diselipkan dalam sekrup pernah ditemukan di tempat umum seperti toilet wanita ataupun ruang ganti pakaian.

Setiap pesan peringatan apapun harus berdasarkan validitas terpercaya yang sudah diverifikasi kebenarannya. Pesan tersebut hanya akan membuat kecemasan berlebihan hingga setiap sekrup yang ditemui di toilet atau kamar ganti pakaian akan selalu dicurigai, bahkan bagi wanita yang berlebihan mempercayai informasi tersebut akan merasa phobia untuk memasuki toilet umum dan kamar ganti pakaian.

Kami berpesan agar Anda selalu waspada jika memasuki toilet umum atau tempat umum lainnya, namun kewaspadaan Anda harus dalam batas wajar dan jangan mudah percaya dengan isu yang tidak jelas sumbernya, dan setiap informasi apapun harus diverifikasi kebenarannya.

Salam Icokes. Salam Sekoci!


Emoticon Emoticon