09 April 2017

Gadis 8 Tahun di India Ditemukan Bersama Kawanan Monyet dan Diasuh Monyet Sejak Lahir?

Mowgli Girl di India (Gambar: Times of India)

Baru-baru ini beredar kabar tentang seorang anak perempuan berusia 8 tahun di India bertingkah laku layaknya hewan monyet. Anak tersebut ditemukan hidup bersama kawanan monyet oleh polisi di sebuah cagar alam di India.

Berikut artikel berita yang beredar:


Penduduk India dihebohkan dengan penemuan seorang gadis delapan tahun yang bertingkah laku layaknya monyet. Ternyata anak itu selama ini hidup dan dibesarkan monyet, sehingga membuat ia tidak bisa berjalan ataupun berbicara seperti manusia.

Gadis yang diasuh monyet itu kemudian dijuluki sebagai Mogwli, seorang anak manusia yang dibesarkan binatang di dalam hutan liar dalam novel The Jungle Book karya Rudyard Kipling.

Anak yang dilaporkan berkomunikasi dengan berteriak layaknya monyet dan berjalan dengan cara merangkak itu mulanya ditemukan polisi di sebuah cagar alam terpencil di Bahraich, Uttar Pradesh, India utara.

Wakil inspektur polisi setempat, Suresh Yadav, menemukannya saat patroli rutin sekitar dua bulan lalu. Ia mengatakan anak itu terlihat sangat nyaman berada di antara kawanan monyet di Katarniaghat Wildlife Sanctuary, dekat perbatasan dengan Nepal.

Sejumlah polisi kemudian membawa anak itu ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Setelah mendapat perawatan, Mogwli mulai menunjukkan perubahan meski belum seutuhnya.

"Gadis itu ditemukan dua bulan lalu, makan dan berjalan seperti hewan, dan melarikan diri saat melihat manusia. Dia memiliki tanda di kulitnya, tampak seperti dia telah hidup dengan hewan untuk beberapa waktu. Sekarang dia lebih baik dan sehat, menunjukkan perbaikan," kata Kepala Dinas Kesehatan DK Singh, seperti yang dilansir Daily Mail pada 6 April 2017.

Dokter yang merawatnya mengatakan gadis Mogwli itu masih sering marah dan sesekali menyerang apa pun serta belum memahami bahasa. Dia juga masih makan langsung dari mulutnya dan berjalan seperti binatang, menggunakan tangan dan kakinya bersama-sama.

Pihak berwenang India masih mencoba untuk mencari tahu siapa sebenarnya gadis itu, dari mana dia berasal dan berapa lama dia telah hidup di alam liar.

Tempo.co


FAKTA (Beberapa informasi masih diragukan)

ANALISIS

Kabar ditemukannya seorang anak gadis 8 tahun hidup beberapa tahun bersama kawanan monyet di India menjadi sebuah fenomena langka dan dianggap mustahil. Menurut laporan media lokal Times of India, polisi setempat telah menyelamatkan seorang anak gadis 8 tahun hidup bersama koloni monyet di Katerniaghat Wildlife Sanctuary, tidak jauh dari perbatasan Nepal.

Anak gadis tersebut tidak dapat berbicara dan tidak mengerti bahasa apapun. dan akan merasa ketakutan jika bertemu dengan manusia. Para dokter yang merawatnya mengatakan bahwa ia sering mendapatkan kekerasan.

Wakil inspektur Suresh Yadav, saat melakukan patroli rutin di wilayah Motipur melihat seorang anak gadis bersama kawanan monyet dan mencoba menyelamatkannya, namun anak tersebut terlihat hidup sangat nyaman bersama kawanan monyet tersebut.

Perilakunya seperti layaknya monyet - berjalan merangkak, makan seperti binatang memilih makanan dengan menggunakan mulutnya - tidak menggunakan tangannya. Ia juga berteriak dan menjerit seperti monyet ketika berkomunikasi.

Gambar: Times of India

Benarkah anak gadis tersebut hidup diasuh oleh monyet?

Banyak media mengatakan bahwa gadis yang dijuluki "Mowgli Girl" tersebut menghabiskan hidupnya beberapa tahun di hutan bersama kawanan monyet. Namun berdasarkan laporan Hindustan Times, banyak pihak yang menganggap itu tidak mungkin terjadi.

Mowgli Girl ditemukan di wilayah suaka margasatwa Katarniyaghat pada bulan Januari 2017. Saat ditemukan dengan kondisi rambut kusut tidak terawat, banyak luka di tubuhnya dan tidak menggunakan pakaian ketika patroli hutan melihatnya.

"Ini tidak mungkin bahwa seorang gadis menghabiskan hidupnya beberapa tahun di hutan dan tidak ada staf atau ratusan kamera yang dipasang untuk keamanan dan mengontrol hewan yang melihatnya. Kemungkinan dia telah ditinggalkan di situ sebelum terlihat oleh tim patroli," kata petugas hutan Gyan Praksh Singh.

Gadis 8 tahun tersebut dibawa ke rumah sakit terdekat pada 25 Januari 2017, ia dirawat di ruang isolasi. Dokter anak KK Verma meragukan bahwa dia adalah anak liar yang dibesarkan oleh monyet.

Beredar video anak gadis Mowgli yang menunjukan perilakunya yang merasa tidak nyaman dengan kondisi di sekitarnya dan menunjukan perilaku mirip monyet. Namun tidak jelas video itu diambil di rumah sakit sampai tahap perkembangan berapa persen.



"Gadis itu mungkin telah ditinggalkan di hutan oleh orang tuanya karena penyakit mental. Tapi itu mungkin tidak lama sebelum polisi menyelamatkannya. Teori bahwa dia dibesarkan oleh monyet tampaknya tidak masuk akal," kata Verma.

Sarbajeet Yadav, petugas polisi yang memimpin tim penyelamat mengatakan: "Dia ditemukan di dekat pos hutan Khapda. Di sekitarnya ada monyet. Pada awalnya dia menolak untuk ikut dengan kami, tapi dengan kondisi kedinginan dan kelaparan mungkin menyebabkannya ikut bersama kami."

Inspektur polisi Dinesh Tripathi mengatakan bahwa ia secara rutin mengunjungi gadis tersebut di rumah sakit. Tripathi mengatakan kepada The New Indian Express bahwa ternyata dia tinggal dengan monyet "sejak lahir," namun itu murni spekulasi dari dirinya.

“When she was brought to the hospital, she had wounds all over her body. Her nails and hair were unkempt like monkeys,” says superintendent of police (City) Dinesh Tripathi.

“From her behaviour, it appears that she had been with the monkeys since birth. I visit her personally time-to-time,” Tripathi adds.

Perilakunya seperti monyet kemungkinan besar dikarenakan ia sering melihat perilaku monyet yang selalu menjerit dan cara makannya. Kepala pengawas medis DK Singh percaya gadis itu telah meniru monyet di hutan, bukan hidup dan dibesarkan oleh monyet.

"Dia mungkin telah melihat monyet menjerit dan makan selama tinggal di hutan dan ia menirunya, seperti anak lain seusianya akan melakukan hal yang sama," katanya.

Menurut para ahli, anak membutuhkan perilaku, komunikasi dan tes kecerdasan yang akan membantu menentukan kemampuan mentalnya atau jika dia menderita trauma atau penyiksaan berat. Pada dasarnya anak adalah seorang peniru ulung. Setiap saat, mata anak selalu mengamati, telinganya menyimak, dan pikirannya akan mencerna apa pun yang dilihat dan didengarnya.

Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHPEd, psikolog anak dan keluarga, mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan perilaku meniru, karena pada dasarnya meniru adalah proses pembelajaran alami semua makhluk hidup.

Sejatinya anak belajar meniru sejak mereka lahir, tidak heran jika anak yang terlahir tuli pada umumnya akan secara otomatis menjadi bisu. Bukan karena bermasalah pada pita suaranya, tapi karena bayi tuli tidak bisa mendengar kata, sehingga tidak bisa menirunya.

Kesimpulan

Anak gadis 8 tahun yang dijuluki Mowgli oleh pers (diambil dari kisah novel The Jungle Book) bahwa ditemukan pada Januari lalu di sebuah hutan oleh polisi setempat. Saat ditemukan perilakunya seperti hewan monyet dan tidak seperti layaknya manusia. Namun, klaim yang menyatakan bahwa ia diasuh oleh monyet banyak diragukan banyak pihak, kemungkinan besar anak tersebut ditinggalkan oleh orang tuanya di hutan tidak lama sebelum polisi menyelamatkannya.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon