27 March 2017

Ular Piton Memangsa Pria Mabuk di India: Hoax


Sebuah gambar yang telah lama beredar di internet menunjukkan seekor ular Piton yang diklaim telah memangsa seorang pria mabuk di India. Gambar itu banyak menyebar di beberapa negara dengan klaim yang berbeda-beda, seperti di Cina, Indonesia, Panama, dan Afrika Selatan, apakah ular tersebut berkeliaran memangsa manusia mengelilingi dunia?



Sebuah kabar menghebohkan datang dari India di mana dilaporkan seekor ular piton telah memakan seorang lelaki yang sedang mabuk berat.

Seperti dilansir Horrosociety (28/11), kejadian ini dilaporkan terjadi ketika pria malang tersebut sedang mabuk berat sehingga tak sadarkan diri dan tergeletak di luar toko minuman keras tempatnya menenggak minuman.

Malangnya ketika tak sadarkan diri tersebut, seekor ular piton besar menemukannya dan langsung memakan pria dewasa ini hidup-hidup. Memang jika dilihat dari foto di atas, terlihat bagian perut ular ini mengembang dari ukuran aslinya dan membentuk tubuh manusia.

Peristiwa ular piton memakan manusia di India tepatnya di Attapady, Kerala ini langsung menghebohkan banyak orang termasuk di situs jejaring sosial seperti Youtube ataupun Twitter.

 Merdeka.com Liputan6.com




HOAX

ANALISIS

Tidak ada satupun dari semua klaim yang diketahui kebenarannya. Berikut screenshot berita yang beredar di beberapa negara.







Gambar ular besar yang diklaim memangsa manusia tidak ada catatan resmi, jika ular tersebut memang benar memangsa manusia, pastinya ada laporan resmi dari pihak terkait. Ular Piton akan sangat sulit menelan manusia dewasa secara utuh, kejadian pertama ular Piton memangsa manusia yang pernah dilaporkan seorang anak 10 tahun yang dimangsa ular di Durban, Afrika Selatan pada 2002.

A 20ft-long African rock python is being hunted by the police and snake catchers after it swallowed a 10-year-old boy near Durban, the first recorded "man-eating" incident for its species.

For three hours other children hid up mango trees near the township of Lamontville, too terrified to flee, as the snake first trapped the young boy and squeezed the life out of him before consuming him whole.


Banyak laporan tentang serangan ular Piton hingga membunuh manusia, tetapi tidak ada yang memangsa manusia. Dr Graham Alexander dari University of Witwatersrand di Afrika Selatan memiliki ular Piton Batu dan selama sekitar delapan tahun mempelajari kehidupan mereka di alam liar. Dr Alexander mengatakan bahwa sejatinya ular tidak akan menyerang manusia seperti predator.

Bahkan beredar juga sepasang foto yang diklaim ular Piton memangsa manusia.



Apakah gambar itu nyata? Tidak, sesuatu yang berada di dalam perut ular tersebut bukan tubuh manusia. Gambar tubuh remaja yang di dalam perut ular setelah perut ular tersebut dipotong adalah gambar palsu. Tubuh remaja tersebut posisinya tidak dalam pencernaan ular, dan bagian atas seperti tertutup tas besar atau potongan kain pembungkus.


Bahkan beredar gambar ulat Piton sedang mencoba memngasa manusia, gambar ini nyata. Foto diambil di Malaysia dan diterbitkan oleh media lokal. Tidak diketahui apakah sebelumnya ular membunuh orang tersebut atau orang tersebut sebelumnya sudah tewas, tapi ular Piton tidak bisa menelannya karena terhambat oleh bahu yang lebar.


Kesimpulan: Berdasarkan beberapa bukti, tidak ada kasus ular memangsa manusia dewasa yang didokumentasikan, kecuali anak 10 tahun yang terjadi di Afrika Selatan pada 2002. Gambar ular Piton yang diklaim memangsa pria mabuk di India adalah hoax, gambar tersebut banyak beredar di beberapa negara dengan klaim berbeda-beda. Tidak mungkin seekor ular yang sama mampu berada di berbagai negara dengan mangsa yang sama.

Tidak diketahui pasti di mana foto itu diambil, yang pasti klaim bahwa ular Piton tersebut memangsa orang yang sedang mabuk di India adalah tidak benar.



Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

Referensi
Hoax-Slayer
Snopes
Ellinika Hoaxes


Emoticon Emoticon