28 March 2017

Posting Pernyataan Privasi dan Hak Cipta di Facebook: Hoax


Saat ini sedang marak postingan di Facebook mengenai pencegahan pelanggaran privasi. Pesan yang beredar menyatakan bahwa setiap pelanggaran privasi dapat dituntut secara hukum. Semua pengguna Facebook diharuskan membuat pernyataan bahwa Anda tidak mengizinkan siapapun menggunakan foto dan informasi pribadi Anda.

Berikut pesan yang beredar di Facebook:

Buat Teman2 Sosial media, Direkomendasi oleh Pengacara Bpk M. Mahendra Maskur Sinaga, SH.,MH.,MHD (Wakabid. Advokasi Lembaga Eksekutif Aliansi Indonesia Badan Penelitian Aset Negara DPD Prov. Sumut). Saya juga setuju utk antisipasi.

Pelanggaran Privasi dapat dituntut secara hukum. Facebook saat ini adalah entitas publik. Semua pengguna FB harus membuat pernyataan seperti ini. Jika anda belum mengeluarkan pernyataan setidaknya satu kali, maka akan secara teknis bahwa anda mengizinkan penggunaan foto dan informasi di akun facebook:

"Dengan ini saya ……… menyatakan bahwa saya tidak mengijinkan siapapun untuk menggunakan foto dan informasi di akun facebook saya dan digroup facebook ini ke media apapun. Jika ada akun atas nama saya dan atau memakai foto di group facebook ini dan menggunakannya untuk menipu orang lain, maka saya tidak bertanggung jawab baik secara moril maupun materiil. Saya juga tidak bertanggung jawab jika ada permintaan mentransfer dana atas nama akun facebook saya dan atas nama group facebook ini.

Kiranya hal ini bukan hanya berlaku untuk akun saya, tapi juga akun teman2 yang lain."

Terima kasih NB: Jangan di share tapi copy paste di wall masing2.




HOAX

ANALISIS

Postingan privasi Facebook banyak menyebar dengan mengatasnamakan seorang pengacara M. Mahendra Maskur Sinaga. Klaim tersebut setidaknya pernah beredar dan menjadi viral di Inggris dan India sejak tahun 2012, namun di Indonesia baru beredar 2017 dengan menggunakan nama seorang pengacara sebagai daya tarik agar lebih meyakinkan.

Modus hoax yang digunakan dengan meminta copy dan paste (salin dan tempel) pesan dalam postingan agar pesan tersebut tetap beredar, dan Facebook akan kesulitan menghapusnya karena pesan diposting oleh banyak pengguna.

Berikut pesan sama versi Inggris yang beredar tahun 2012:

Everything you've ever posted becomes public from tomorrow. Even messages that have been deleted or the photos not allowed. It costs nothing for a simple copy and paste, better safe than sorry. Channel 13 News talked about the change in Facebook's privacy policy. I do not give Facebook or any entities associated with Facebook permission to use my pictures, information, messages or posts, both past and future.

With this statement, I give notice to Facebook it is strictly forbidden to disclose, copy, distribute, or take any other action against me based on this profile and/or its contents. The content of this profile is private and confidential information. The violation of privacy can be punished by law (UCC 1-308- 1 1 308-103 and the Rome Statute).

NOTE: Facebook is now a public entity. All members must post a note like this. If you prefer, you can copy and paste this version. If you do not publish a statement at least once it will be tactically allowing the use of your photos, as well as the information contained in the profile status updates. DO NOT SHARE. Copy and paste to be on the safe side.

Anda tidak perlu khawatir tentang privasi akun Facebook milik Anda, dan jangan panik apalagi mengcopy paste pesan tersebut di dinding Facebook Anda. Pesan tersebut adalah salah satu tipuan yang beredar di Facebook, kemungkinan dibuat oleh hoaxers untuk kepuasan mereka karena hoax yang mereka ciptakan menjadi viral.

Sejatinya Facebook memiliki kontrol keamanan privasi bagi penggunannya yang lebih canggih. Jejaring sosial Facebook memiliki kebijakan data privasi yang mengatur bagaimana pengguna membagikan setiap informasi pribadi, apakah akan ditampilkan secara publik, hanya teman, atau pribadi.

Berikut kebijakan data privasi Facebook:

Kami memberi Anda daya dukung untuk berbagi sebagai bagian dari misi kami untuk menjadikan dunia lebih terbuka dan terhubung. Kebijakan ini menggambarkan informasi apa yang kami kumpulkan dan bagaimana informasi tersebut digunakan dan dibagikan. Anda dapat menemukan alat dan informasi tambahan di Dasar-Dasar Privasi.

Ketika meninjau kebijakan kami, penting untuk diperhatikan bahwa ini berlaku untuk semua merek, produk, dan layanan Facebook yang tidak memiliki kebijakan privasi tersendiri atau terkait dengan kebijakan ini, yang kami sebut sebagai “Layanan Facebook” atau “Layanan.”

Dalam kasus apapun, setiap pengguna Facebook tidak dapat meniadakan salah satu bentuk privasi dengan istilah hak cipta ketika pengguna mulai mendaftar akun Facebook. Pengguna juga tidak bisa menggunakan  hak cipta dalam koridor Facebook, semua hak cipta yang ada adalah milik Facebook.

Facebook merupakan perusahaan publik - perusahaan yang telah mengeluarkan sahamnya yang diperdagangkan di pasar terbuka, tidak ada hubungannya dengan urusan hak cipta dan hak privasi. Hak cipta dan kebijakan privasi tidak dapat disahkan hanya dengan mempostingnya, tidak mungkin Anda dapat memuntut hak cipta dari privasi akun Anda sedangkan secara hukum tidak terdaftar.

Jika Anda tidak setuju dengan kebijakan data Facebook, Anda jangan pernah membuat akun Facebook, atau Anda dapat mengatur privasi secara pribadi semua informasi atau foto yang ada di akun Anda agar tidak dapat dilihat oleh pengguna lainnya. Ketentuan dan kebijakan ketika Anda menggunakan jejaring sosial Facebook telah diatur oleh perusahaan Facebook, Anda tidak berhak mengubahnya atau mengklaim.

Setiap pengguna Facebook mendapatkan hak kekayaan intelektual (IP), seperti foto dan video yang diupload ke jejaring sosial, tetapi itu tergantung setelan pada privasi dan pengaturan aplikasi. Pengguna dapat membagikan semua informasi noneksklusif kepada jaringan aplikasi untuk menggunakan konten IP yang Anda posting di Facebook atau semua hal yang berhubungan dengan akun Facebook Anda.

Berikut ketentuan perjanjian pernyataan hak dan kewajiban bagi semua pengguna Facebook:

1. Privasi

Privasi Anda sangat penting bagi kami. Kami merancang Kebijakan Data kami untuk membuat pengungkapan penting tentang bagaimana Anda menggunakan Facebook untuk berbagi dengan orang lain dan bagaimana kami dapat menggunakan konten dan informasi Anda. Kami sangat menganjurkan Anda untuk membaca Kebijakan Data, dan menggunakannya untuk membantu Anda membuat keputusan penting.

2. Berbagi Konten dan Informasi

Anda memiliki semua konten dan informasi yang Anda kirimkan di Facebook, dan Anda dapat mengendalikan pembagiannya melalui pengaturan privasi dan aplikasi. Selain itu:

Untuk yang dicakup oleh hak kekayaan intelektual, seperti foto dan video (konten IP), Anda secara khusus memberiu kami izin berikut, yang tunduk pada pengaturan privasi dan aplikasi: Anda memberi kami lisensi non-eksklusif, dapat ditransfer, dapat disublisensikan, bebas royalti, dan berlaku global untuk menggunakan konten IP yang Anda kirimkan yang berkaitan dengan Facebook (Lisensi IP). Lisensi IP ini berakhir apabila Anda menghapus konten IP atau akun Anda kecuali konten tersebut telah dibagi dengan orang lain, dan orang tersebut belum menghapusnya.

Apabila Anda menghapus konten IP, konten tersebut akan dihapus sama seperti saat mengosongkan kotak sampah di komputer. Namun demikian, Anda memahami bahwa konten yang dihapus mungkin masih tetap ada dalam salinan cadangan untuk jangka waktu tertentu (tetapi tidak tersedia untuk orang lain).

Saat Anda menggunakan sebuah aplikasi, aplikasi tersebut mungkin meminta izin untuk mengakses konten dan informasi Anda serta konten dan informasi orang lain yang dibagikan kepada Anda. Kami meminta aplikasi untuk menghormati privasi Anda, dan persetujuan Anda dengan aplikasi tersebut akan mengontrol bagaimana aplikasi dapat menggunakan, menyimpan, dan memindahkan konten dan informasi tersebut. (Untuk mempelajari selengkapnya tentang Platform, termasuk bagaimana cara mengontrol informasi apa yang dapat dibagikan dengan aplikasi, baca Kebijakan Data dan Halaman Platform.)

Apabila Anda menerbitkan konten atau informasi menggunakan pengaturan Publik, artinya Anda mengizinkan semua orang, termasuk orang-orang di luar Facebook, untuk mengakses dan menggunakan informasi tersebut, dan mengaitkannya dengan Anda (yaitu nama dan foto profil Anda).

Kami selalu menghargai masukan dan saran Anda tentang Facebook, tetapi Anda memahami bahwa kami mungkin menggunakan masukan atau saran Anda tanpa kewajiban apa pun untuk memberi Anda kompensasi (seperti Anda juga tidak berkewajiban untuk memberikan masukan dan saran itu).”


Untuk semua kebijakan dan ketentuan privasi Facebook telah diatur di Facebook Site Governance. Terkait maraknya postingan tentang privasi yang menjadi viral, pihakFacebook telah mengeluarkan pernyataan terkait postingan tersebut dan menyatakan bahwa Anda jangan mempercayainya.

Anda mungkin sudah melihat kiriman yang meminta Anda untuk menyalin dan menempel pemberitahuan untuk mempertahankan kontrol atas hal yang Anda bagikan di Facebook. Jangan percaya itu. Ketentuan kami sangat jelas: Anda memiliki semua konten dan informasi yang Anda kirimkan di Facebook, dan Anda dapat mengontrol bagaimana kiriman tersebut dibagikan melalui privasi dan pengaturan aplikasi. Seperti itu cara kerjanya, dan belum berubah.

Anda dapat mengunjungi Dasar-Dasar Privasi untuk menemukan lebih banyak tentang siapa yang melihat kiriman Anda di Facebook dan topik lainnya.

Anda juga dapat membaca Kebijakan Data untuk menemukan informasi apa yang kami kumpulkan dan cara kerja dan cara membagikannya. Kami ingin Anda mengetahui dan mengontrol pengalaman Anda di Facebook.



Jika Anda pernah memposting pesan tersebut lebih baik Anda menghapusnya agar tidak ada lagi teman Anda yang ikut copy dan paste pesan hoax tersebut. Masalah privasi, Anda tidak perlu panik membuat penyataan dalam postingan, Facebook telah menjaga privasi Anda dengan pilihan setiap kiriman yang Anda bagikan apakah dapat dilihat oleh publik, teman, atau hanya saya.

Facebook telah menyediakan fitur untuk melaporkan jika ada orang yang menggunakan foto Anda dan Anda tidak suka akan hal itu.




Jika Anda ingin melindungi privasi di Facebook, Anda dapat menggunakan 5 cara sederhana melindungi privasi Anda. Link

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon