03 March 2017

Penjelasan Penampakan pada Foto Bapak Jokowi




Ada hal menarik kala Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan perwakilan Madame Tussaud, di ruang tengah Istana Merdeka pada 12 Oktober 2016. Beredar sebuah foto yang menggambarkan sebuah bayangan yang membentuk orang berpakaian putih nampak memantul di meja tempat pertemuan berlangsung, tepat di sisi kanan depan Bapak Jokowi.

Foto yang beredar berasal dari Fan Page Madame Tussaud Hongkong (tidak diverifikasi oleh Facebook).

Kunjungan perwakilan dari Madame Tussaud bertujuan untuk mengukur postur Bapak Jokowi. Madame Tussaud saat itu sedang dalam proses membuat patung lilin Bapak Jokowi untuk dipajang di museum mereka di Hongkong.

Pada pertemuan itu, Bapak Jokowi ditemani Mensesneg Pratikno, juru bicara presiden Johan Budi dan seorang perempuan perwakilan dari Madame Tussaud. Bapak Jokowi duduk di ujung, sedangkan tiga orang lain berada di kanan kiri beliau. Meja kayu panjang dengan lapisan kaca memantulkan bayangan Bapak Jokowi, Johan Budi, Pratikno dan perwakilan  Madame Tussaud. Tetapi selain bayangan empat orang yang terlihat memantul di meja, ada pula satu bayangan lain yang menyerupai orang berpakaian putih. Bayangan itu tepat berada di kanan depan Bapak Jokowi.

Foto ini seketika menjadi viral di media sosial dan situs-situs berita online. Banyak komentar bermunculan dan dihubung-hubungkan dengan dunia mistik.



Team Sekoci menghubungi admin FP Madame Tussaud Hongkong dan diperoleh jawaban bahwa foto itu telah diedit dan mereka mohon maaf atas hal ini.  Belum ada klarifikasi lebih lanjut, pada bagian mana sajakah manipulasi foto telah dilakukan.

Klarifikasi FP Madame Tussaud Hongkong/Ivone Suryani


Menurut analisa Team Sekoci, foto itu memang telah diedit. Ada orang yang lewat di samping Bapak Jokowi saat foto tersebut diambil. Karena dianggap 'bocor', bagian orang yang lewat dihilangkan. Kemungkinan editor lupa menghilangkan juga bayangan yang memantul di kaca meja. Istilah 'bocor' dikenal dalam dunia fotografi sebagai sesuatu yang sangat mengganggu kesempurnaan foto.

Analisa Team Sekoci/Ricky Pramudya


Demikian, semoga bisa mengedukasi.

Sumber diskusi dari Group Sekoci

Salam Icokes, Sekoci Hoaxes!

Baca juga:

[Klarifikasi] Foto Putri Raja Salman

Hoax dan Fakta Seputar Haid


Emoticon Emoticon