03 March 2017

[Mitos Vs Fakta] Minum 8 Gelas Setiap Hari



Sebuah informasi yang telah lama beredar menyatakan bahwa manusia membutuhkan 2,5 liter air minum setiap harinya. Rata-rata setiap orang memrlukan 2,5 liter (8 gelas) air perhari untuk menghindari dehidrasi kronis.

Informasi tentang anjuran minum air putih 8 gelas setiap hari menjadi kepercayaan yang banyak disampaikan dalam informasi kesehatan manusia. Namun sayangnya informasi ini tidak didukung oleh penelitian, bahkan tidak ada bukti ilmiah sebagai pendukungnya.

Para ahli gizi lainnya mencatat bahwa setiap kekurangan dalam asupan air putih dapat digantikan dengan melalui konsumsi minuman lainnya, seperti minuman kopi, teh, susu, atau minuman ringan; tidak perlu secara khusus minum air putih (dalam bentuk cair).

Dr. Aaron E. Carroll dan Rachel C. Vreeman melaporkan dalam sebuah artikel tentang klaim ini. Tidak ada yang salah dengan menyukai air putih, namun tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa Anda perlu minum air putih delapan gelas setiap hari. Salah satu dokter yang telah memfokuskan dalam penelitian ini, Dr Heinz Valtin, mencari melaui banyak database elektronik dan juga berkonsultasi dengan para ahli gizi juga dengan rekan-rekan yang mengkhususkan diri dalam keseimbangan air dalam tubuh.

Dalam semua penelitian, dan juga dalam semua penelitian yang telah dilakukan untuk memeriksa kembali, tidak ada bukti ilmiah yang dapat ditemukan untuk menunjukkan bahwa Anda perlu minum delapan gelas air putih setiap hari.

Ahli medis lainnya juga telah menentang gagasan bahwa minum 8 gelas setiap hari untuk menghindari dehidrasi kronis. Jurgen Schnermann, seorang spesialis ahli ginjal di National Institutes of Health, mengatakan bahwa untuk mengganti kekurangan asupan air harian, orang dewasa dengan rata-rata ukuran ginjal sehat membutuhkan tidak lebih dari satu liter cairan.

Klaim yang menyatakan bahwa minum air putih 8 gelas setiap sehari berasal dari buku "Your Body's Many Cries For water", ditulis oleh Fereydoon Batmanghelidj. Dr Batmanghelidj adalah seorang dokter kelahiran Iran yang menetap di Amerika Serikat, ia menyatakan bahwa orang-orang perlu belajar untuk tidak sakit, hanya haus, dan bahwa banyak minum air putih dapat "menyembuhkan banyak penyakit seperti arthritis, angina, migrain, hipertensi dan asma."

Namun, klaim yang dipaparkan Batmanghelidj berdasarkan kesimpulan setelah membaca beberapa informasi, bukan berdasarkan hasil penelitian. Ia juga mengklaim bahwa ide-idenya merupakan "pergeseran paradigma" dari kepentingan publikasi bukunya supaya kesimpulan dari pemikirannya menjadi daya tarik pembaca.

Selain itu, alasan bahwa seseorang harus minum air putih dikarenakan efek diuretik dari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda yang dapat merugikan. Namun alasan itu salah! Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Oktober di Journal of American College of Nutrition, para peneliti di Center for Human Nutrition di Omaha telah mengukur kombinasi perbedaan air putih, kopi, dan soda berkafein.

"Kami tidak menemukan perbedaan yang signifikan sama sekali," kata ahli gizi Ann Grandjean, penulis utama studi tersebut. "Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kafein berpengaruh pada dehidrasi untuk orang sehat yang meminum dengan jumlah normal."

Sejatinya kebutuhan asupan air setiap harinya berbeda-beda bagi setiap orang, Anda harus minum ketika merasakan haus, rasa haus adalah sinyal yang diberikan tubuh ketika membutuhkan air. Jika Anda tidak merasa haus, Anda tidak perlu minum air kecuali jika Anda sedang menginginkannya.

Tubuh manusia sudah melakukan pekerjaannya dengan cara yang baik dalam mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, oleh karena itu Anda tidak perlu memaksakan untuk minum minimal 2,5 liter setiap hari dengan alasan takut dehidrasi.

Darimana mitos ini berasal?

Mitos minum 8 gelas setiap hari berasal dari tahun 1945,  ketika Food and Nutrition Board dari National Research Council merilis laporan menyatakan bahwa orang dewasa harus minum setidaknya sekitar 2,5 liter air perhari (setara dengan 8 gelas). Tetapi, dalam laporan juga mencatat bahwa sebagian besar tingkat asupan sudah terpenuhi melalui konsumsi makanan mengandung air tanpa perlu tambahan minum air putih.

Laporan hasil penelitian pada tahun 1945 telah disalah tafsirkan, jumlah 2,5 liter air tidak harus dengan hanya minum air putih saja.

Mitos ini kian nyaring ketika seorang ahli gizi bernama Frederick Stare menulis sebuah buku yang diterbitkan pada tahun 1974. Dalam bukunya ia merekomendasikan untuk minum enam hingga delapan gelas perhari. Namun lagi-lagi pernyataan Stare disalah tafsirkan, dalam bukunya ia mencatat bahwa buah-buahan dan sayuran, serta minuman lain menjadi asupan cairan bagi tubuh. Jadi, bukan hanya air putih saja yang direkomendasikan sebagai asupan untuk keseimbangan cairan tubuh manusia.

Berapa banyak air putih yang harus diminum setiap hari?

Tidak ada jawaban khusus untuk pertanyaan ini. Kebutuhan asupan air pastinya berbeda-beda pada setiap orang, aktivitas setiap orang tidak mungkin sama. Banyak faktor yang dapat memungkinkan tubuh Anda membutuhkan air, seperti hidup di lingkungan yang panas pasti akan lebih banyak membutuhkan air minum dibanding hidup di lingkungan yang lebih dingin.

Ukuran tubuh, komposisi dan tingkat aktivitas setiap orang sangat bervariasi. Jika Anda seorang atlet, tinggal di iklim panas, pastinya akan lebih banyak membutuhkan asupan air. Intinya adalah bahwa kebutuhan air tidak bisa ditentukan dengan jumlah secara umum, kebutuhan air sangat individual. Minum 8 gelas setiap hari mungkin terlalu banyak bagi sebagian orang, bahkan bisa jadi terlalu sedikit bagi yang lainnya.


Manfaat minum air secukupnya bagi kesehatan

Berat badan: Minum air yang cukup dapat membantu Anda lebih banyak membakar kalori, mengurangi nafsu makan jika dikonsumsi sebelum makan dan menurunkan resiko kelebihan berat badan secara jangka panjang. (Sumber 1, 2, 3)

Kinerja fisik lebih baik: Dehidrasi secara sederhana dapat menggangu kinerja fisik. Kehilangan hanya 2% saja dari kadar air dalam tubuh Anda saat beraktivitas dapat meningkatkan kelelahan dan mengurangi semangat. (Sumber 4, 5, 6)

Mengurangi keparahan sakit kepala: Bagi mereka yang rentan terhadap sakit kepala, minum air lebih akan mengurangi intensitas dan durasi nyeri. Pada individu yang mengalami dehidrasi, minum air dapat membantu meringankan gejala sakit kepala. (Sumber 7, 8)

Mencegah dan meringankan sembelit: Pada orang yang mengalami dehidrasi, minum air yang cukup dapat mencegah dan meringankan sembelit. (Sumber 9, 10)

Menurunkan resiko batu ginjal: Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan, ada beberapa bukti menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi air dapat membantu mencegah kekambuhan pada orang yang cenderung berpotensi terjadi batu ginjal. (Sumber 11, 12)

Kesimpulan

Tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa manusia harus minum 2,5 liter atau setara dengan 8 gelas air putih setiap hari. Selain air putih, makanan dan minuman lainnya yang kita konsumsi juga berkontribusi pada asupan cairan harian secara keseluruhan dan dapat membantu tetap terhidrasi. Air juga diproses dalam tubuh manusia melalui metabolisme.

Jika Anda ingin minum, dengarkan tubuh Anda dan biarkan rasa haus menjadi panduan saat yang tepat untuk minum. Minumlah air ketika Anda haus, berhenti ketika Anda tidak merasa haus lagi. Minum lebih banyak air ketika tubuh Anda banyak kehilangan cairan saat cuaca panas atau berolahraga. Minum air secara berlebihan tidak memiliki manfaat kesehatan, yang pasti itu akan membuat Anda berjalan lebih sering menuju kamar mandi.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

Referensi:

Science Alert (Glasses of Water a Day)
Health System University of Michigan. pdf (8 Glasses Water Myth)
Los Angeles Times (All That Water Advice Just Doesn't Wash)
The New York Times (No, You Do Not Have to Drink 8 Glasses of Water a Day)
Authority Nutrition (Drink 8 Glasses of Water a Day: Fact or Fiction?)
NCBI ("Drink at least eight glasses of water a day." Really? Is there scientific evidence for "8 x 8"?)
NCBI (Black tea is not significantly different from water in the maintenance of normal hydration in human subjects: results from a randomised controlled trial)
NCBI (No evidence of dehydration with moderate daily coffee intake: a counterbalanced cross-over study in a free-living population)
NCBI (The Hydration Equation: Update on Water Balance and Cognitive Performance)
NCBI (Water, hydration, and health)


Emoticon Emoticon