09 March 2017

[Klarifikasi] Foto Putri Raja Salman Berpakaian Adat Bali




Viral sebuah foto perempuan berpakaian adat Bali yang diklaim sebagai Putri Raja Salman.

Sumber diskusi Group Sekoci

Klaim:



Om swastyastu trimakasih banyak princesnya raja salman dan staff yang lainya sudah berkunjung ke ADI SPA dan melakukan aktivitas spa dan balinise costum.ternyata mereka sangat senang sekali😇 om shanti,shanti,shanti om

Thread ini kemudian menjadi viral dan dibagikan sebanyak 1K.



ANALISIS

Berdasarkan keterangan dari Kantha Adnyana, penanggung jawab ADI Spa dan Balinis Kostum di Nusa Dua Bali, perempuan tersebut adalah pramugari pesawat Arab Saudi, seperti yang Sekoci kutip dari Merdeka.com.

Kantha menceritakan, awalnya dia begitu antusias mendapat kabar bahwa ada putri dari Kerajaan Arab Saudi akan berkunjung ke rumah spanya, Rabu (8/3). Informasi tersebut dia peroleh dari sopir yang mengantarkan perempuan yang belum diketahui identitasnya tersebut.




Di rumah spa tersebut, perempuan asal Inggris berdandan dan memakai pakaian adat Bali. Karena yang datang bukan tamu sembarangan, Kantha kemudian mengajak foto bersama dan mengunggahnya ke akun Facebook miliknya. Dalam keterangan foto, Kantha menulis bahwa yang bersamanya adalah putri dari Kerajaan Arab Saudi.

Namun begitu terkejutnya dia ternyata informasi yang diterima berbeda. Saat bertanya langsung, diketahui ternyata perempuan tersebut adalah pramugari yang masuk dalam rombongan Kerajaan Arab.

"Ada kabar kalau mereka (rombongan pangeran dan putri kerajaan Arab) akan berkunjung kemari (ADI Spa). Kebetulan saat itu ada pramugari asal Ingris mirip orang Arab, kita ambil sesi foto," kata Kantha.

Dia meyakinkan kalau foto yang unggah ke Facebook emang asli bukan hoax. "Itu asli pak bukan bohongan. Hanya keterangannya karena terlalu gembiranya saya sebut seperti itu. Seorang princess hadir di Spa kami, dia juga pramugari dari pesawat dari Arab," bebernya.

Karena viral dan merasa ada kesalahan informasi, Kantha akhirnya menghapus postingannya tersebut.

"Saya mengakui bahwa caption itu agak lebai, karena saya pikir itu putri dari kerajaan," terangnya.

Kesimpulan, klaim perempuan berpakaian Adat Bali tersebut adalah Putri Raja Salman adalah misinformasi.


Salam Icokes, Sekoci Hoaxes!

Sekoci tidak hanya memberantas hoax tapi juga mengedukasi.

Baca juga:

Penjelasan Badan POM Terkait Peredaran Permen Dot yang Diduga Mengandung Narkoba



Emoticon Emoticon