13 March 2017

Bola Tenis Untuk Membuka Kunci Mobil: Hoax


Sebuah informasi beredar memberikan kita trik cara membuka pintu mobil yang terkunci hanya dengan menggunakan bola tenis.

Berikut artikel berita dari brilio.net, dream.co.id, tribunnews.com, otosia.com.

Pernah mengalami pintu mobil terkunci dari dalam sementara kamu berada di luar? Jelas, hal ini bisa bikin kesal apalagi kalau kamu sedang terburu-buru, terus panik deh jadinya. Tenang, brilio.net sudah melansir dari Elite Readers, Kamis (18/2), cara simpel membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam.

Emang bisa ya? Bisa, mudah dan murah lagi caranya. Cukup gunakan benda di sekitarmu untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Benda tak terduga itu ternyata bola tenis.

Dalam cuplikan video berikut dapat kamu lihat, hanya bermodal bola tenis bisa membuka pintu mobil dengan menggunakan tekanan udara yang dihasilkan bola tersebut. Lalu arahkan pada lubang kunci pintu mobil. Tapi sebelumnya kamu harus melubangi salah satu bagian bola tenis dengan obeng atau besi panas dan sejenisnya.

Penasaran seperti apa cara lengkapnya? Simak deh video ini dan semoga bermanfaat, ya!


HOAX

ANALISIS

Trik membuka pintu mobil dari luar menggunakan bola tenis pada intinya adalah memanfaatkan tekanan udara dari bola tenis ketika ditekan ke dalam lubang kunci, sehingga mendorong tuas kunci naik.

Trik itu mungkin terdengar sangat luar biasa bagi Anda yang dengan mudahnya percaya, dan outlet berita berhasil menipu pembacanya tanpa pernah mencoba mempraktekkan apakah trik itu dapat bekerja dengan benar.

Setiap informasi apapun harus diuji terlebih dahulu agar kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Jika trik itu benar, itu bukan trik bermanfaat karena mobil Anda akan dengan mudah berpindah tangan atau barang-barang yang ada di dalam mobil Anda akan habis digasak pencuri.

Trik dalam video yang telah beredar beberapa tahun lalu adalah tipuan, tidak mungkin dapat membuka kunci mobil hanya dengan tekanan udara. Tipuan ini telah dibongkar oleh MythBusters (Discovery Channel), mereka melakukan uji coba yang sama dengan menggunakan bola tenis, juga menggunakan tekanan udara yang lebih besar, hasilnya tidak berhasil membuka kunci mobil.

Explanation: Like many fan requests sent to the MythBusters, the question of whether you can unlock a car with a tennis ball came straight from a viral video on the Web. If seeing is believing, you could cut a small hole in a tennis ball and pick a car lock by pressing the ball over the lock and giving the ball a hearty squeeze. The theory is that the air pressure released from inside the tennis ball can supposedly force the mechanism to release.

MythBusters Kari Byron, Tory Belleci and Grant Imahara took a shot at the tennis-ball trick with different sized holes in tennis balls but failed to pick any locks. In case the air pressure inside the tennis balls simply wasn't sufficient, they even tried vacuum-sealing the car lock and applying 100 psi of air pressure (about nine times the normal atmospheric pressure) to it.

But even the pumped-up pressure couldn't score a point for this myth. And with the tennis ball lock-pick trick busted, the match went to the MythBusters.

Berikut video dari MythBusters:


Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon