08 February 2017

Motor Tiga Roda Beratap Akan Dijual di Indonesia: Hoax


Sebuah kabar menyatakan bahwa motor roda tiga beratap dengan teknologi terbaru akan dirilis di Indonesia. Gambar-gambar penampakan motor tiga roda beratap asal China menyebar di jejaring sosial dengan deskripsi segera dijual di Indonesia.

Sebuah sepeda motor roda tiga atau tricycle dengan penutup rangka kendaraan layaknya sebuah mobil menjadi pembicaraan ramai di Indonesia.

Motor tiga roda ala bemo ini jadi buah bibir di media sosial karena tampilan lucu, unik dan futuristis. Fotonya pun menjadi viral di grup-grup facebook.

Terlebih banyak akun menambahkan keterangan jika motor berkapasitas satu sopir dan dua penumpang ini segera hadir di Indonesia.

Selain harga yang murah,-banyak akun yang menulis harganya dikisaran Rp 18-24 juta-, motor ini disebut nyaman layaknya mobil karena tidak membuat pengemudinya kepanasan dan basah akibat hujan.

motor-roda-tigaHPcfq.jpg

Belum diketahui pasti mengenai merk serta produsen apa yang sudah mengeluarkan kendaraan unik ini. Begitu juga dengan mesinnya, apakah motor bertenaga bensin atau sebuah motor listrik. Pencarian di google melalui google image juga tak banyak membantu.

Kendati belum jelas, banyak netizen yang merespon baik foto motor tiga roda yang diyakini buatan pabrik asal Tiongkok ini. Mereka berharap agar motor ini bisa hadir di Indonesia secepatnya.

seperti yang ditulis Wildan Hakim di akun facebooknya, "Perlu beli satu nih buat wira-wiri dari Tanjung Barat Jaksel ke UMN Serpong. Pas hujan nggak kepanasan. Pas panas nggak bakalan kehujanan. Hemat, cermat, dan konsumsi BBM merakyat."

"Klo telah ada di indonesia ingin laah beli ini vario nya mo tidak jual ubah yg ini.... Asyik sepertinya buat antr jmpt anak... Terlebih klo yg kecil tidur jadi g bingung yaaa... Hahaha.. " tulis Indah Cahya Bhestary.

Penasaran? Mari bersama-sama menunggu rilis resmi produsennya.

http://lmgtfy.com/?q=Kendaraan+%22Mocin%22+Roda+Tiga+Buatan+China+Ini+Viral+di+Medsos

HOAX

ANALISIS

Rumor tentang motor tiga roda beratap yang akan dijual di Indonesia telah beredar sejak akhir 2016, sebelumnya rumor itu menjadi viral di Malaysia. Beberapa situs Malaysia mencoba membantah rumor tersebut, dalam bantahannya mereka melemparkan klaim bahwa motor tiga roda yang sedang viral di Malaysia telah lama beredar di pasaran Indonesia.

The Reporter: Jual Motor Ke Jual Temberang Sampai 44,000 Share?
Berdasarkan pencarian di internet, motosikal roda tiga ini dijual di China dengan harga 12,800 yuan bersamaan RM8,200 dengan lapan variasi warna pilihan yang menarik.

Menurut laman Taobao, kenderaan itu sesuai untuk digunakan oleh golongan bujang, warga tua dan golongan yang berpendapatan rendah bagi mengelakkan kesesakkan dalam pengangkutan awam.

Menurut sumber, kenderaan roda tiga ini telah lama berada di pasaran China dengan pelbagai jenama, malah di pasaran Indonesia juga.

Setelah ramai di Malaysia, netizen Indonesia mulai menyebarkan gambar motor itu dengan deskripsi motor tersebut segera hadir di Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau.

Outlet berita Indonesia mencoba mencari tahu tentang motor tersebut, tribunnews dalam laporannya menyatakan bahwa motor yang sedang viral di jejaring sosial ternyata benar beredar di Indonesia dengan merek Tiger.

Siapa tak ingin punya mobil?

Ya, satu fungsi utama mobil yang tak dimiliki motor adalah melindungi penggunanya dari cuaca, terutama hujan. Tapi, harga mobil yang sangat berbeda jauh dengan motor, membuat banyak orang bisa memilikinya. Nah, anda mungkin akan tertarik dengan kendaraan unik satu ini.

tiger

Kendaraan unik ini mirip bajay atau helicak di zaman dahulu, tapi desainnya sangat futuristis dan menawan. Terdapat satu bangku untuk pengemudi di bagian depan

tiger

Dan bangku penumpang di bagian belakang berkapasitas dua orang. Kendaraan ini ternyata motor listrik bermerk Tiger.

Di situs resmi Tiger Motor Listrik Indonesia, dengan power motor/dinamo 1.000 watt, kendaraan unik ini dibanderol Rp 32,5 juta. Jarak tempuhnya mencapai lebih kurang 50 kilometer.

tiger motor listrik 2

Sementara itu, kecepatan maksimal yang bisa ditempuh rata-rata 40 km/jam. Kendaraan ini kabarnya sudah dijual di Surabaya. Bagaimana, tertarik untuk membeli kendaraan ini?

Laporan dari tribunnews bahwa motor yang sedang viral di jejaring sosial ternyata bermerek Tiger hanya berdasarkan kemiripan bentuk, namun tidak akurat.


Jika hanya berdasarkan kemiripan, ada puluhan produk motor tiga roda asal China di situs made-in-china.com yang mirip dengan motor dalam gambar.


Fakta sebenarnya

Motor roda tiga dalam gambar yang menjadi viral di dunia maya bukanlah merek Tiger yang telah lama beredar di Indonesia. Motor yang menjadi perbincangan netizen faktanya bermerek 能众 yang dipasarkan oleh "Taobao" buatan China.

Produk motor electric yang dijual Taobao hingga saat ini belum beredar di Indonesia, tidak ada produsen asal Indonesia yang memasarkan 能众 di Indonesia. Rumor bahwa motor tiga roda beratap hadir di Indonesia hanyalah desas desus pengguna jejaring sosial Facebook, tidak ditemukan bukti bahwa kendaraan tersebut telah hadir ataupun akan hadir di Indonesia. Karena produk tersebut dijual secara online, masyarakat Indonesia bisa saja memiliki kendaraan ini. Namun tidak mudah mendapatkan kendaraan ini karena proses impor kendaraan harus melalui beberapa tahapan dan syarat dengan biaya yang tidak sedikit.



Kesimpulan: Kendaraan tiga roda beratap yang menjadi viral di dunia maya akan hadir di Indonesia tidak terbukti. Klaim lainnya yang mengatakan bahwa kendaraan itu bermerek Tiger tidak tepat, hanya berdasarkan kemiripan saja. Faktanya kendaraan dalam gambar adalah merek 能众 yang dipasarkan oleh Taobao.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon