18 February 2017

[Mitos Vs Fakta] Sisi Gelap Deep Web


Ketika Anda mendengar istilah "Deep Web" (web lebih dalam, web tersembunyi, web tak terlihat), apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Sebuah ruang bawah tanah yang gelap di mana hacker marayap di dalam komputer, mengumpulkan informasi pada korban mereka berikutnya? Mungkin ruang digital rahasia bagi penjahat terburuk di dunia berkumpul untuk menjual barang dagangan dan jasa mereka? Jika Anda membayangkan Deep Web terlihat seperti sebuah adegan film horor dan para zombie berkeliaran, Anda telah terhasut oleh salah satu legenda urban yang paling memikat dari internet.

Istilah "Deep Web" diciptakan sekitar 15 tahun yang lalu. Sejak pertama kali diciptakan, definisi Deep Web sudah diubah oleh blogger, jurnalis, dan para penghibur dunia maya yang menggambarkan hal itu sebagai surga online untuk para kriminal, pedofilia, psikopat, hacker, gangster, teroris dan pembunuh sadis.

Sejatinya Deep Web tidak seperti yang banyak dipikirkan, menakutkan, sadis, sulit terdeteksi, neraka dan dunia hitam. Seorang aktivis digital hak asasi dan peneliti teknologi peneliti dari Inggris, Chris Monteiro, dalam wawancara eksklusif yang dilakukan oleh TruthFinder, ia ingin menghilangkan prasangka dan kesalahpahaman tentang istilah Deep Web.

Monteiro menjelaskan bahwa takeaway dari mitos yang paling menarik dari pengetahuan internet: Pencarian lebih dalam pada web dalam (Deep Web) bukanlah hal yang sama seperti web gelap (Dark Web). Dan Dark Web tidak hanya untuk sarana mendistribusikan obat-obatan terlarang dan pornografi anak ataupun kejahatan internasional. Istilah-istilah ini telah menjadi campur aduk dalam dekade terakhir, istilah itu akan terus disalahgunakan dan disalahpahami.

Deep Web dan Dark Web

Penggabungan web dalam (Deep Web) dan web gelap (Dark Web) pertama kali muncul pada tahun 2009, ketika terminologi pencarian web yang mendalam dibahas bersama kegiatan ilegal yang terjadi di Draknet Freenet. Michael K Bergman, seorang akademisi dan pengusaha Amerika juga merupakan salah satu otoritas terkemuka di internet lainnya ini, pada akhir tahun 1990-an dia melakukan penelitian untuk mencoba mengukur skala dari web dalam.

"Saya ingat pernah mengatakan kepada staf saya," Ini mungkin dua atau tiga kali lebih besar dari web biasa," ingat Bergman. "Tapi luasnya web dalam... Benar-benar harus mengambil napas. Kami terus berputar di atas batu dan menemukan banyak hal."

Bergman juga menjelaskan bahwa tidak mungkin untuk mengukur skala pasti dari web dalam, bahkan untuk sekedar memperikarakan secara kasar ukuran web dalam karena sebagian besar informasi tersembunyi dan terkunci di dalam database.

Perkiraan berdasarkan ekstrapolasi dari sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, Berkeley pada tahun 2001, berspekulasi bahwa web yang lebih mendalam terdiri dari sekitar 7,5 petabyte . Perkiraan yang lebih akurat yang tersedia untuk jumlah sumber daya di web dalam: penelitian He et al, terdeteksi ada sekitar 300.000 web dalam situs Deep Web pada tahun 2004. Menurut Shestakov, sekitar 14.000 situs web yang mendalam ada di bagian Web Rusia pada tahun 2006.

Sekarang ini istilah "web dalam" dan "web gelap" menjadi tergabung, namun istilah keduanya digunakan dalam mode yang berbeda. Web dalam adalah referensi ke situs yang tidak bisa diakses melalui mesin pencari biasa, sementara web gelap adalah sebagian kecil dari web dalam yang telah sengaja disembunyikan dan dirahasiakan dari publik.


Pengguna Dark Web

Apakah Dark Web hanya digunakan oleh penjahat bawah tanah? Tidak, Anda dapat menemukan situs yang menjual obat-obatan terlarang dan uang palsu di web gelap, tapi Dark Web juga digunakan oleh aktivis untuk menjaga privasi dari orang-orang biasa yang tidak ingin aktivitas online mereka dilacak oleh instansi pemerintah atau agregator data komersial. Bahkan menurut Project Tor, sebuah cabang dari Angkatan Laut AS menggunakan Tor dan web gelap untuk open source pengumpulan intelijen; penegakan hukum dan menggunakannya untuk keamanan selama operasi.

Tidak ada cara untuk masuk ke Deep Web melalui Google karena tidak ada akses, kecuali Anda menginstal Tor (semacam browser anonymous). Sekarang, mesin pencari yang jauh lebih baik dapat merangkak masuk di situs yang pernah dianggap "Web Far". Bahkan beberapa konten Deep Web absen dari hasil pencarian karena Google menghindari untuk masuk ke dalam akses. Alasan utamanya Google tidak mau bertanggung jawab atas situs yang mengindeks menjual obat-obatan terlarang atau kejahatan lainnya.

Mitos Deep Web

Mitos seputar Deep Web berlari kencang hingga kesalahpahaman menjadi sebuah kepercayaan yang umum terjadi. Deep Web adalah bagian dari World Wide Web (WWW) yang isinya tidak diindeks oleh mesin pencari standar untuk alasan tertentu. Istilah berlawanan dari web dalam adalah web permukaan.

Mitos gelap tentang Deep Web membuat banyak orang berpikir bahwa web dalam tidak boleh diakses sesering mungkin. Sebaliknya, Anda bisa mengakses web dalam setiap hari berdasarkan kebutuhan, misalnya membayar tagihan kartu kredit untuk login ke akun bank online Anda. Login akun bank online menggunakan Deep Web berfungsi sebagai keamanan karena Google tidak akan dapat mengindeksnya, yang pasti Anda tidak ingin informasi perbankan Anda muncul di halaman hasil pencarian Google.

Deep Web mencakup banyak kegunaan yang sangat umum seperti web mail dan perbankan online, selain itu dapat juga digunakan untuk membayar layanan dengan paywall seperti video on demand (VOD), dan banyak lagi kegunaan lainnya yang dapat Anda manfaatkan. Pendekatan yang mungkin terdengar sederhana dalam teori, tetapi dalam prakteknya sangat beragam dan memiliki struktur database yang luas dan istilah pencarian web dalam yang mungkin menimbulkan tantangan komputasi (algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input) berduri.

Gunung Es Deep Web

Gambaran tentang isi Deep Web disampaikan secara samar, blog dan forum menggunakan citra gunung es untuk menggambarkan web dalam. Citra gunung es dimaksudkan untuk menunjukan kepada pembaca bahwa betapa banyak web yang berjalan belum terdeteksi oleh pengguna internet pada umumnya.

Namun ilustrasi gunung es sebenarnya tidak dapat menjelaskan isi dari web dalam secara terperinci. Pertanyaan besar dari pembaca bagaimana gunung es berhubungan dengan Internet - dan mengapa desainer tekhnologi dan ahli komputer tidak dapat menjelaskan secara rincin ilustrasi gambar gunung es menggunakan Photoshop.


Marianas Web

Metafora dari gunung es Deep Web yang paling menakutkan disampaikan di blog dan forum mengatakan bahwa web dalam memiliki sembilan tingkat neraka. Namun Deep Web memiliki lima tingkat. Tingkat terdalam "Marianas web" (palung Mariana), dinamai Marianas Trench karena merupakan bagian terdalam dari laut dan merupakan akses terdalam dalam informasi rahasia.

Cerita tentang Marianas Web banyak beredar dan dipercaya sebagai ruang paling gelap dari internet. Namun cerita tentang Marianas Web hanya legenda urban, mitos itu sengaja dibudidayakan untuk menggambarkan sisi gelap web dalam dan web gelap.

"Saya mendengar orang-orang di forum pernah pergi ke Marianas Web. Di mana saya dapat menemukan Marianas Web? Aku mendengar itu adalah bagian paling gelap dari Internet. Itu tidak benar-benar dibuat! Tetapi orang-orang mempercayainya," kata Monteiro.

Jika melihat anekdot dari mitos Mariana yang menjadi viral dan dipercaya, mitos itu dihembuskan untuk menjaga keselamatan setiap orang untuk masuk lebih dalam dari Deep Web. Marianas Web adalah infografic palsu, sebuah troll epik yang ditafsirkan sebagai fakta.

Hingga sekarang tidak ada yang telah membuktikan bahwa Marianas Web benar-benar ada, namun juga belum ada yang membuktikan bahwa hal itu juga tidak ada. Jika seseorang menyukai teori konspirasi, mereka akan percaya tentang Marianas Web tanpa berpikir dua kali. Teori konspirasi percaya bahwa pemerintah ataupun pihak intelijen internasional menyembunyikan informasi penting kehidupan manusia yang mereka sembunyikan di Marianas Web.

Kesimpulan

Meskipun penjelasan di atas bahwa Deep Web tidak menyeramkan seperti yang dipikirkan dan dihembuskan oleh blog dan forum-forum, bukan berarti web dalam sangat aman untuk Anda jelajahi. Ketika Anda masuk ke web dalam pada tingkatan awal, maka Anda tidak akan menemukan perbedaan mencolok dengan web permukaan. Namun Anda akan ditarik lebih dalam oleh rasa keingintahuan hingga tergoda untuk masuk ke arah yang tidak diketahui dan terlarang.

Alasan utama kenapa Anda harus berhati-hati ketika mengakses web dalam, Anda bisa saja tanpa sadar telah masuk dalam lingkaran kejahatan, dan pihak berwajib akan mengetuk pintu rumah Anda untuk membawa Anda menginap di hotel prodeo.

Jangan mudah percaya tentang informasi di internet, termasuk internet itu sendiri!

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon