21 February 2017

Menghisap Payudara Dapat Mencegah Kanker: Hoax



Ilustrasi. Sumber foto: Pixabay


Pernahkah Anda mendengar atau membaca bahwa  menghisap payudara dapat mencegah munculnya kanker payudara? Sebuah rumor menuliskan, perempuan bisa mengurangi risiko kanker payudara apabila payudara mereka dihisap secara menyeluruh. Hisapan diklaim dapat menurunkan risiko munculnya benjolan yang mengarah pada kanker. Rumor itu menuliskan bahwa keterangan tersebut disampaikan oleh dr. Boyke Dian Nugraha, seorang seksolog terkenal dari Indonesia.

Setelah kami menghubungi Halaman Boykepedia di Facebook, diperoleh informasi bahwa dr. Boyke tidak pernah memberikan pernyataan itu (7/2/2017).

Klarifikasi dari Boykepedia


Seorang Konsultan Bedah Payudara dan Chief Executive Officer dari Peace and Love Hospital, Dr. Beatrice Wiafe Addai, menepis rumor bahwa menghisap payudara dapat mengurangi risiko kanker.

"Bagaimana kita bisa menjelaskan secara ilmiah bahwa menghisap payudara dapat mencegah kanker payudara? Hal ini tidak benar. Tidak ada pencegahan primer untuk kanker payudara," katanya seperti dilansir myjoyonline, Kamis (29/5/2014).

Menurut Dr. Wiafe, pria tidak pernah berhenti 'menyusu' dan itu merupakan permainan yang sangat dinikmati. Ketika pria melakukan hal tersebut dan perempuan diam, mereka berpikir perempuan menikmatinya sehingga melakukannya lagi. Padahal, kita semua harus berhati-hati dalam memperlakukan payudara karena payudara adalah organ lunak. Menghisap payudara, apalagi jika dilakukan dengan tidak hati-hati dapat menimbulkan luka lecet pada payudara, terutama pada puting dan areola.


Mengingat berbagai faktor risiko kanker payudara, Dr. Wiafe menyarankan supaya perempuan menghindari produk-produk perawatan payudara yang tidak diketahui apa saja zat-zat yang terkandung di dalamnya. Penggunaan push-up bra dan underwire bra juga sebaiknya dihindari. Keduanya dapat dipakai sesekali, tetapi tidak untuk setiap hari. Beliau juga menjelaskan bahwa penggunaan beberapa bahan kimia dalam pertanian, seperti DDT, yang sudah dilarang di seluruh dunia dan mencemari lingkungan adalah salah satu faktor risiko kanker payudara. Penyebab-penyebab kanker payudara belum diketahui secara persis.

Rumor tentang menghisap payudara dapat mencegah kanker dimanfaatkan oleh Reginald Gill, 77, menipu beberapa wanita agar percaya bahwa mereka yang menderita kanker dapat disembuhkan jika seorang pria menghisap payudaranya selama 30 menit sehari. Reginald Gill adalah seorang dokter palsu yang telah melakukan pelecehan kepada pasien wanita dengan dalih dapat menyembuhkan penyakit kanker payudara.

Gill dan istrinya Leila, 35, mengelola sebuah pusat medis alternatif di bungalo mereka, beberapa wanita didiagnosis mengidap kanker payudara lalu menyarankan untuk melakukan pengobatan dengan caranya. Pasien wanita disuruh membuka pakaiannya dengan dalih sebagai bagian dari pengobatan, mereka akhirnya mengalami pelecehan seksual.

Jadi, dalam hal apapun klaim yang mengatakan bahwa menghisap payudara dapat mencegah kanker payudara tidak berdasarkan uji ilmiah dan tidak ada jurnal dari hasil penelitian sebagai pendukungnya.

Salam Icokes, Sekoci Hoaxes!

Baca juga:
[Mitos VS Fakta] Bra dan Payudara 
Hoax dan Fakta Seputar Haid
Tes Merkuri pada Kosmetik dengan Emas: Hoax


Emoticon Emoticon