10 February 2017

Gullibilty Mempengaruhi Hoax



Gullibility adalah sifat mudah tertipu, terkait buruknya kecerdasan sosial di mana seseorang mudah ditipu atau dibohongi oleh sesuatu yang keliru. Hal ini berkaitan erat dengan sifat mudah percaya, merupakan kecenderungan untuk percaya berdasarkan keyakinan/pemikiran yang tidak didukung oleh bukti.

Seorang gullibility sangat rentan dieksploitasi dan dimanfaatkan oleh orang lain. Sejatinya setiap manusia memiliki sifat gullibility, namun dalam tingkatan berbeda-beda. Setiap orang akan menjadi gullibility dalam kondisi berhadapan dengan sesuatu yang sangat disukai atau dibenci, misalnya informasi positif tentang orang yang disukai/idola, atau informasi negatif tentang seseorang yang dibenci.

Contoh gullibility ada dalam literatur dan sejarah dongeng Pinokio, karakter Pinokio yang mudah tertipu, bahkan berkali-kali ditipu dengan sangat mudah. Hari April Mop adalah momen di mana banyak orang memanen tipuan secara legal, dalam hal ini gullibility test sedang memainkan perannya.

Sokal Hoax

Dalam dunia ilmu pengetahuan dan akademisi, gullibility pernah terjadi dalam "Sokal Hoax" (1996). Sokal Hoax adalah tipuan artikel jurnal matematika dan fisika dengan studi budaya yang dilakukan oleh Alan Sokal, seorang profesor fisika di New York University dan University College London. Sokal menulis artikel tentang Transformatif Hermeneutika dan Gravitasi Quantum. Pada saat itu jurnal Sokal tidak pernah diperiksa oleh ahli fisika lainnya, menyebabkan banyak orang dengan mudahnya percaya dan tertipu dengan alasan sederhana bahwa Sokal adalah ahli fisika.

Pada awalnya artikel Sokal sangat meyakinkan dan tidak mungkin menjadi kontoversi, jurnal ditulis secara khas dalam artikel jurnal akademis. Namun akhirnya Alan Sokal menerbitkan surat pernyataan bahwa artikelnya hanyalah parodi satir, bahkan dewan direksi tidak mengetahuinya.

Jurnal Alan Sokal, No 46/47, Musim Semi 1996

Salah satu target spesifik Sokal bahwa ia merancang tipuan untuk ejekan adalah konsep kajian budaya dari "konstruksi sosial." Ia mengklaim bahwa kemajuan ide destabilisasi relativitas budaya yang dianut semua harus dalam bentuk pengetahuan (voodoo, astrologi, kimia, dll) menjadi bernilai sama secara sosial. Komunitas kajian budaya secara keras merasa keberatan dengan karakteristik ide Sokal, tetapi umumnya keberatan mereka diabaikan. Sokal hoax mengingatkan jenis satir yang telah digunakan untuk mendiskreditkan modernisasi dari pengaruh dalam seni dan puisi selama dekade awal abad kedua puluh, seperti tipuan puisi Spectric Perang Dunia Satu dan gerakan seni Disumbrationist dari tahun 1920-an.

Tipuan dihidrogen monoksida

Kasus gullibility yang sempat menghebohkan pernah terjadi di masa lalu, tipuan dihidrogen monoksida yang melibatkan air. Air memiliki molekul yang terdiri dari dua hidrogen atom dan satu oksigen atom, menciptakan nama kimia "dihidrogen monoksida" ( DHMO ). DMHO masuk dalam daftar beberapa efek air dengan cara yang mengkhawatirkan, seperti fakta bahwa itu mempercepat korosi dan dapat menyebabkan sesak napas.

Tipuan DMHO berawal pada 1983, Hari April Mop dalam edisi Durand Ekspres, sebuah surat kabar mingguan di Durand, Michigan, melaporkan bahwa "dihidrogen monoksida" telah ditemukan di pipa air kota dan memperingatkan bahwa itu fatal jika dihirup, dan bisa menghasilkan uap panas. Tipuan dihidrogen monoksida mendapatkan popularitasnya di akhir 1990-an ketika seorang mahasiswa 14 tahun Nathan Zohner mengumpulkan petisi anti-DHMO untuk proyek ilmiah tentang gullibility. Cerita tipuan DMHO sejak saat itu telah digunakan dalam pendidikan sains untuk mendorong pemikiran kritis dan menghindari kekeliruan.

Berita palsu ini dibuat untuk mengilustrasikan bagaimana kurangnya pengetahuan ilmiah dan analisis dapat menyebabkan ketakutan. Dihidrogen monoksida, disingkat DHMO, adalah nama kimia dari air, tetapi hampir tidak pernah digunakan.

Hoax dihidrogen monoksida melibatkan banyak orang, dimulai pada 1989-1990, beberapa siswa menyebarkan peringatan kontaminasi dihidrogen monoksida di kampus University of California, Santa Cruz melalui selebaran fotokopian. Pada tahun 1994, Craig Jackson membuat sebuah halaman web Koalisi anti-DHMO. Pada tanggal 1 April 1998 ( April Mop ), anggota dari Parlemen Australia mengumumkan kampanye untuk melarang dihidrogen monoksida secara internasional. Pada bulan Februari 2011, selama kampanye dari pemilihan parlemen Finlandia , sebuah aplikasi voting meminta para kandidat memilih apakah ketersediaan "asam hydric juga dikenal sebagai dihidrogen monoksida" harus dibatasi. 49% dari calon menjawab mendukung pembatasan.


Sejatinya gullibility dieksploitasi oleh hoaxers dalam menjalankan aksinya. Seseorang yang mudah tertipu dan mudah percaya adalah konsumen utama hoaxers. Orang yang selalu menanam skeptisme dan tabayyun tidak akan tertarik untuk masuk perangkap hoaxers. Gullibility dapat diatasi dengan cara terapi skeptisme dan tabayyun. Gullibility terkait dengan manipulasi psikologis, jenis pengaruh sosial yang bertujuan untuk mengubah perilaku atau persepsi orang lain secara kasar, trik menipu, atau kelicikan.

Dengan tujuan tercapainya kepentingan dari tipuan, sering memanfaatkan orang lain yang mudah percaya, metode tersebut dapat dianggap eksploitasi, jahat, licik, dan penipu. Proses tipuan melibatkan korban dengan ketidaktahuannya yang dikontrol dalam dominasi pelaku tipuan, menggunakan korban untuk melayani tujuan mereka sendiri.

Seorang gullibiltiy bertanggungjawab atas keputusannya, mengatakan "ya" yang seharusnya ia mengatakan "tidak". Selain itu gullibility dipengaruhi oleh gangguan penilaian dan kepercayaan berlebihan. Sejatinya gullibility adalah korban atas perilaku negatifnya yang mudah ditipu dan mudah percaya, jika tidak segera diatasi maka sepanjang hidupnya akan selalu menjadi target eksploitasi penipuan.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon