01 January 2017

Penemuan Sendok di Mars?


Bukti kecerdasan peradaban di Mars banyak dipercaya oleh pemburu alien, baru-baru ini klaim penampakan sendok di Mars dianggap sebuah bukti adanya kehidupan di Mars.

Berikut artikel berita dari tribunnews.com, dream.co.id, liputan6.com.

Pihak NASA dipercaya telah menemukan petunjuk ada mahkluk asing dan kehidupan di planet Mars. Siapa yang mengira petunjuk itu adalah sebuah sendok.

Sebuah cuplikan video ditampilkan oleh kendaraan NASA yang tampaknya menunjukkan alat besar di permukaan pasir yang tampaknya beradai planet merah tersebut.
Sendok yang ditemukan di Mars tidak hanya satu, namun dua.

Keduanya dapat ditemukan di Mars dalam beberapa tahun terakhir.
Hal itu bisa menjadi bukit membuat pihak NASA dipercaya telah mengklaim ada kehidupan yang lebih maju di planet ini.

Sendok

Di samping sendok, benda-benda lain juga ditemukan seperti cincin dan sarung tangan.

Video penemuan sendok ini pertama kali diunggah ke YouTube oleh akun UFO Hunter, dengan deskripsi:

"Ada sendok raksasa di Mars! Hal ini luar biasa! Mungkin saja ini sisa dari peradaban yang hilang "

Sementara itu beberapa pengguna lain kagum pada penemuan benda tersebut dengan mengatakan: "Wow, itu tidak mungkin terjadi begitu saja. Benarkan. "


Sedangkan yang lain menambahkan: "Mengingat ini adalah sendok kedua mereka temukan, ini bisa saja tanda ada kehidupan cerdas di sana."

Namun, netizen yang lain meragukan objek tersebut. Mereka tidak langsung percaya dan menyebut itu mungkin saja merupakan ilusi optik.
Salah satu pengguna Youtube berkomentar: "Kami melihat apa yang ingin kita lihat. Beberapa orang melihat wajah seseorang dalam teh-daun, orang lain melihat pria itu di bulan. "


Tidak Terbukti



ANALISIS

Penampakan benda aneh dan anomali di Mars bukan hal baru, namun para pemburu UFO dan alien mulai memproklamirkan bukti penemuan sendok di Mars berhubungan dengan kehidupan di Mars. Klaim bahwa telah ditemukannya sendok di Mars adalah bagian penting dari informasi yang selama ini telah ditutup-tutupi oleh NASA, banyak orang akhirnya mempercayai hal itu yang pada dasarnya tidak memiliki dasar ilmiah apapun.


Laporan bahwa ditemukannya sendok di Mars muncul dalam bentuk video yang dipercaya oleh para pecinta teori konspirasi bahwa pemerintah AS dan NASA telah menyembunyikan informasi penting tentang kehidupan di Mars.

Video itu dirilis oleh pengguna Youtube dengan chanel "UFO Hunter" yang banyak mengupload video teori keberadaan alien dan kehidupan luar bumi. Dalam klaimnya mereka melihat sesuatu yang luar biasa di salah satu foto yang diambil oleh Mars Curiosity Rover - sebuah sendok raksasa yang kemungkinan peninggalan peradaban kehidupan di Mars yang sekarang telah musnah. Scott Waring, pecinta alien dan UFO menambahkan bahwa itu adalah sendok kedua yang pernah ditemukan di Mars dengan penemuan sendok terbaru sebagai salinan yang lebih sempurna dari yang pertama.

Penampakan sendok pertama, Waring mengacu pada gambar yang beredar pada bulan September 2015 dan laporan tentang penampakan benda aneh lainnya. Berdasarkan laporan yang semakin liar, NASA menjelaskan bahwa tidak ada hal seperti itu ada di Mars. Dalam tweet di kaun resmi Curiosity Rover, NASA mengatakan bahwa sendok itu kemungkinan batu yang terbentuk oleh angin.



Sebuah objek yang nampak terlihat seperti sendok ataupun benda lainnya tidak lain adalah ilusi optik dari pikiran yang lebih dikenal sebagai pareidolia. Pareidolia adalah fenomena dimana manusia menemukan pola yang terlihat dikenali oleh pikiran mirip dengan sesuatu yang dikenal, pada dasarnya pikiran hanya mengenali sebatas kemiripan dan bukan yang sebenarnya.

Berikut contoh gambar pareidolia:


KESIMPULAN

Klaim bahwa foto penampakan sendok di Mars adalah bukti adanya peradaban manusia Mars hanyalah pemikiran para pecinta teori konspirasi dan pecinta UFO. Pihak NASA telah menjelaskan bahwa penampakan bebatuan Mars mungkin terlihat mirip dengan benda-benda adalah batu yang terkikis dan terbentuk oleh angin. 

Nasa dan ilmuwan lainnya belum menemukan bukti dari kehidupan di Mars, sendok dan temuan lainnya tidak lebih hanyalah fenomena pareidolia.

Berikut Penjelasan selengkapnya dari NASA: http://www.jpl.nasa.gov/images/msl/20130211/ventifacts.pdf

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Referensi
NASA (Mars Rock Takes Unusual Form)
IFL Science (Somebody Has Found Another "Giant Spoon" On Mars)


Emoticon Emoticon