09 January 2017

Mike, Si Ayam Tanpa Kepala


Sebuah kabar yang sangat unik dan sangat menakjubkan tentang seekor ayam mampu hidup selama 18 bulan setelah kepalanya dipenggal oleh pemiliknya.

Tujuh puluh tahun yang lalu, seorang petani memenggal kepala seekor ayam di Colorado AS, dan hewan itu menolak untuk mati. Mike, sebutan unggas itu, bertahan hingga 18 bulan dan menjadi terkenal. Tetapi bagaimana dia hidup tanpa kepala dalam waktu yang cukup lama?

Pada 10 September 1945 Lloyd Olsen dan istrinya Clara memotong ayam-ayam, di lahan pertanian mereka di Fruita, Colorado. Olsen yang memenggal kepala unggas-unggasnya, istrinya kemudian membersihkannya.

Tetapi salah satu dari 40 atau 50 ekor ayam yang dikapak oleh Olsen pada hari itu tidak berperilaku seperti yang lain.

http://id.lmgtfy.com/?q=ayam+hidup+tanpa+kepala

FAKTA

ANALISIS

Mike, atau yang dikenal juga sebagai Miracle Mike dan Mike the Headless Chicken, adalah seekor ayam yang mampu hiduo selama 18 bulan tanpa kepala! Ini adalah kejadian nyata yang terjadi di Colorado pada tahun 1945.

Pada 10 September 1945, seorang petani bernama Lloyd Olsen of Fruita hendak menyembelih Mike, ayamnya yang berumur 5 tahun untuk makan malam bersama istri dan ibu mertuanya yang akan datang berkunjung. Keika Lloyd menyembelih Mike, dia mencoba untuk menyisakan sedikit leher ayam itu, tetapi kemudian dia tidak sengaja melewatkan vena jugularis (pembuluh darah leher), satu telinga, dan batang otak Mike. Mike tidak mati.

Setelah terpisah dari kepalanya, Mike sempat berjalan dan bergerak tidak beraturan, tetapi tak lama kemudian tingkahnya menjadi normal kembali. Mike bahkan mencoba untuk mematuk makanan di atas tanah dengan lehernya yang masih tersisa dan bahkan membuat gerakan yang tampak seperti usaha untuk membersihkan diri menggunakan paruhnya yang sudah tidak ada. Suara kokoknya pun berubah menjadi seperti suara kumur-kumur. Olsen yang terkagum sekaligus bingung, akhirnya membiarkan Mike dalam kondisinya saat itu.Keesokan harinya, Olsen mendapati Mike yang sedang tertidur di kandang mencoba untuk menyelipkan lehernya ke bawah sayap, sesuatu yang Mike senang lakukan sebelumnya. Olsen kemudian memutuskan untuk merawat Mike. Olsen memberi makan Mike dengan cara memasukkan makanan dan air ke kerongkongan Mike yang terbuka menggunakan pipet. Dia juga kadang-kadang diberi biji jagung sebagai snack.

Wayne J. Kuenzel, neurobiolog dan fisiolog unggas dari University of Arkansas menyampaikan pada Rebecca Katzman di Modern Farmer bahwa kondisi Mike yang tidak lazim ini berhubungan dengan struktur kerangka tubuh ayam itu sendiri. Tengkorak ayam memiliki dua lubang besar sebagai rongga mata. Otak ayam mengisi sisa rongga tengkorak di sudut 45 derajat. Jadi, Anda bisa memotong sedikit bagian atas otak sehingga menyisakan otak kecil dan batang otak. "Karena sudut letak otaknya seperti itu, bagian-bagian penting yang menunjang untuk hidup masih bisa tetap utuh," Kata Kuenzel pads Katzman.


Anatomi Ayam (gambar: Poultry Hub)

Pada kasus Mike, otak kecilnya terletak di bawah rongga matanya yang besar dan tidak ikut terpotong oleh Olsen sehingga Mike masih tetap bisa bernapas dan melakukan fungsi gerak dasar.

 Mike pada hari ke-3

Olsen kemudian membawa Mike untuk melakukan tur nasional. Mike masuk majalah Time Magazine dan Life. Namanya juga tercatat dalam Guinness Book of Records. Pertunjukkan-pertunjukkan juga diadakan untuk memperkenalkan Mike pada khayalak umum. Mike bahkan punya manajernya sendiri. Ketenaran Mike menghasilkan banyak uang untuk Olsen, seperti yang ditulis John Llyod dan John Mitchinson dalam buku The Book of General Ignorance:

"Pada masa-masa kejayannya, Mike menghasilkan $4,500 per bulan. Dia juga dihargai $10,000. Kepopulerannya menyebabkan penyembelihan ayam-ayam untuk meniru Mike menjadi marak, meskipun tak ada satu pun dari ayam-ayam itu yang bisa bertahan lebih dari sehari atau dua hari."
Lalu, ke manakah kepala Mike? Ada foto-foto yang menunjukkan Mike dan kepalanya yang sudah putus, tetapi kepala tersebut adalah palsu. Menurut Lloyd dan Mitchinson, kucing milik Olsen kabur membawa kepala asli Mike.

 Mike dan 'kepalanya' di dalam botol

Mike dan 'kepalanya'

Tur nasional Mike berakhir ketika dia dan Olsen berada di Phoenix. Ketika mereka berada di dalam motel, Mike yang sedang makan biji jagung tiba-tiba tersedak. "Lloyd Olsen merasa ngeri ketika dia menyadari bahwa dia meninggalkan pipetnya pada tur sebelumnya," ˆtulis Lloyd dan Mitchinson. "Dia tak bisa membersihkan saluran udara leher Mike, sehingga Mike tercekik sampai mati."

Hidup Mike tanpa kepalanya tidak selalu tampak buruk. Menurut website resmi Mike the Headless Chicken, berat Mike bertambah dari sekitar 1kg menjadi hampir 3kg selama 18 bulan dia hidup tanpa kebala.  Olsen menyatakan dalam wawancara setelah kematian Mike bahwa Mike adalah ayam yang sehat, hanya saja tanpa kepala.

Sampai saat ini di Colorado, setiap minngu ke-3 bulan Mei, penduduk menyelenggarakan acara tahunan Mike The Headless Chicken Festival berupa acara-acara kontes, musik, dan makanan. 

Salam Icokes, Indonesian Hoax Buster!

Referensi

Scientific American (Meet Miracle Mike, the Chicken Who Lived for 18 Months WIthout His head)
Modern Farmer (Here's Why A Chicken Can Live Without Its Head)



Emoticon Emoticon