20 January 2017

Mae West Mengalami Cacat Tubuh Akibat Sampah Plastik: Fakta

Mae West ketika pertama kali ditemukan.  Photo Credit:  5 Gyres Institute


Pernahkah Anda melihat foto kura-kura ini beredar di internet? Kura-kura ini diberi nama Mae West, seperti nama seorang aktris dan penulis skenario berkebangsaan Amerika Serikat. 

Mae West adalah seekor kura-kura dengan spesies Chelydra Serpentina atau lebih dikenal sebagai Common Snapping Turtle, merupakan kura-kura air tawar yang hidup di Amerika. Tubuh Mae West mengalami perubahan bentuk akibat polusi plastik.

Mae West ditemukan pada tahun 1995 yang lalu di saluran air di New Orleans. Saat Mae West kecil, secara tidak sengaja ia masuk ke sebuah cincin tutup kemasan plastik susu dan terjebak. Mae West  tumbuh besar tapi cincin plastik yang melingkar di tubuhnya tetap tidak hancur atau terurai.  Tubuhnya menjadi cacat, membentuk jam pasir, itulah mengapa ia diberi nama Mae West.  Tubuhnya mirip seperti artis Mae West yang seksi.

Meskipun Mae West mampu bertahan hidup, tapi organ tubuhnya tidak bisa bekerja secara maksimal. Tubuhnya cacat akibat ulah manusia. Pertumbuhan dan mobilitas Mae West terhambat. Kura-kura ini dianggap tidak mampu bertahan hidup di alam liar, sehingga Marcus Eriksen dan Anna Cummins, salah satu pendiri dan direktur eksekutif dari 5 Gyres Institute, sebuah organisasi non-profit yang bertujuan untuk mengurangi polusi plastik, merawat dan kemudian membawa Mae West pindah ke STAR Eco Station di Los Angeles. 

Video ini menunjukkan Marcus Eriksen, Anna Cummins dan Mae West, setahun setelah cincin plastik dilepas dari tubuh Mae West.  Dalam sebuah postingan Facebook pada bulan Juli 2015, STAR Eco Station mengunggah beberapa foto Mae West untuk menunjukkan bahwa kura-kura ini tumbuh lebih baik dari waktu ke waktu.

Keadaan Mae West yang lebih baik dari sebelumnya. Photo credit: 5 Gyres Institute


Mae West memang dipajang untuk membantu mendidik orang tentang bahaya plastik.
Kalau sudah melihat hal ini, apa yang harus kita lakukan? Sudah jelas bahwa dampak dari sampah plastik sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan kita. Ekosistem menjadi terganggu karena hal ini. Mari mulai dari diri kita sendiri untuk dapat mengatur bagaimana menggunakan plastik. Reduce, reuse and recycle.

Salam Icokes, Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon