30 January 2017

Apakah Taj Mahal Sebuah Masjid, Makam, Atau Kuil Hindu?


Taj Mahal  adalah salah satu keajaiban dunia yang berada di Agra, India. Banyak informasi yang beredar di internet seputar Taj Mahal, bahkan kontroversi yang beredar menyatakan bahwa Taj Mahal bukan masjid. Informasi yang tidak kalah kontroversi menyatakan bahwa Taj Mahal sebenarnya kuil Hindu (kuil Shiv) yang dibangun oleh raja Parmer Dev, dalam klaimnya menyatakan kaisar Shah Jahan telah menyita kuil tersebut dari Parmer untuk makam istrinya.

Berikut kontroversi Taj Mahal yang dianggap bukan Masjid, bahkan diklaim sebagai kuil Hindu yang disita oleh Shah Jahan untuk dijadikan makam istrinya.

Kompleks Taj Mahal (Gambar: Wikipedia)

Apakah Taj Mahal masjid?

Selama ini masyarakat mengenal Taj Mahal adalah sebuah bangunan masjid kuno yang sangat fantastis, namun beredar klaim bahwa Taj Mahal sebenarnya bukanlah masjid. Seorang blogger yang menulis di situs traveling happilionaire, penulis yang mengunjungi Taj Mahal menceritakan bahwa Taj Mahal bukanlah masjid karena tidak ada yang sholat di sana.

Nah ini dia yang menjawab pertanyaan gw slama ini. Walaupun sudah sering melihat informasi dari internet, nonton tv, baca buku tentang taj mahal, gw itu masih berpikir taj mahal itu adalah mesjid. Karena memang bentuknya itu kan kayak mesjid. Gw tahu taj mahal itu kuburan, tapi gw tetep mikir itu adalah mesjid yang ada kuburannya. Udah gitu seperti yang kita ketahui setiap hari jumat itu kan taj mahal ditutup untuk umum, karena digunakan untuk solat jumat. Lah gw jadi makin yakin kan kalo Taj Mahal itu kuburan dalam mesjid.. maksa deh kaka!

Guide gw nunjukin mesjid di sebelah barat taj mahal, doi nerangin, dulu ini mesjid keluarga kerajaan, tapi sekarang digunakan masyarakat umum untuk solat jumat. Kadang ya saking ramenya, orang yang solat jumat sampe ke halaman di luar mesjid. Tapi ga sampe ke taj mahal, itu kan kuburan kata si guide gw.. gw tetep menegaskan: ooh jadi org gada yang solat di taj mahal?? Guide gw jawab: iya gada, itu kan kuburan.. Akhirnya satu misteri dalam hidup gw terjawab sudah.

Taj Mahal dianggap bukan masjid karena di sana tidak terlihat umat muslim yang melakukan sholat, terutama sholat Jumat. Klaim itu tidak benar! Berdasarkan laporan Times of India pada tahun 2015, masjid Taj Mahal rutin digunakan untuk sholat Jumat oleh penduduk setempat. Namun tidak semua umat muslim diperbolehkan sholat di masjid Taj Mahal.

Komite Masjid Taj Mahal dan Archaeological Survey of India (ASI), penanggung jawab pemeliharaan Taj Mahal, saling berselisih paham tentang pencabutan larangan umat Muslim luar India melaksanakan sholat Jumat di masjid Taj Mahal, hanya penduduk setempat yang diperbolehkan.

Masjid Taj Mahal, Agra, India (Gambar: Wikipedia)

Bagian dalam masjid Taj Mahal (Foto: Creative Commons)

Komite masjid Taj Mahal berencana menghapus larangan orang asing sholat di Taj Mahal, namun pihak ASI menolaknya dengan alasan keamanan. Ketua komite Syeh Munawwar Ali beranggapan bahwa ASI telah membeda-bedakan Muslim India dengan Muslim luar.

Pihak ASI menyatakan bahwa aturan itu tidak boleh diubah, hanya muslim lokal yang dibolehkan sholat di Taj Mahal. Jika ada muslim luar yang ingin sholat, mereka bisa sholat di dua masjid di luar kompleks Taj Mahal yang lokasinya berada di timur dan barat dari gerbang.

Apakah Taj Mahal kuil Hindu?

Sebuah klaim yang beredar menyatakan bahwa Taj Mahal sebenarnya sebuah kuil Hindu pemujaan dewa Siwa. Dalam klaimnya menyatakan bahwa penulis dari India bernama Pn Oak mengungkapkan Taj mahal adalah kuil Shiv (kuil Hindu).

Taj Mahal dibangun dengan perpaduan arsitektur India, ersia, dan Islam dan dianggap sebagai maha karya era Mughal. Namun seorang penulis dari India bernama PN Oak, mengklaim jika Taj Mahal sebenarnya adalah Kuil Shiv (kuil hindu) dan istana Rajput yang dibangun oleh raja Hindu, Parmar Dev. Ia menulis jika kaisar Shah Jahan telah menyita bangunan itu dari Parmar.

Pemerintah India dituntut untuk menyelesaikan permasalahan tentang Taj Mahal yang diklaim sebagai kuil Hindu. Permasalahan dimulai ketika enam orang pengacara di Agra mengklaim bahwa bangunan yang sangat terkenal yang dibangun pada abad ke-17 oleh kaisar Shah Jahan untuk makam istri tercintanya, pada awalnya merupakan kuil kuno untuk pemujaan dewa Siwa.

Petisi akhirnya dilayangkan dengan nama dewa Hindu sebagai penggugat utamanya. Dr Mahesh Sharma, menteri kebudayaan India, mengatakan bahwa ia telah menerima gugatan itu, tapi "pemerintah belum menemukan bukti yang dapat menunjukkan bahwa Taj Mahal adalah sebuah kuil Hindu dewa Siwa".

Sebelumnya dalam buku Taj Mahal yang diterbitkan pada tahun 1965, sejarawan revisionis PN Oak mengklaim bahwa bangunan Taj Mahal sebenarnya dibangun pada tahun 1155, beberapa dekade sebelum invasi Muslim ke India. Ia menyatakan bahwa nama Taj Mahal diambil dari bahasa sansekerta "Tejo Mahalay", menandakan candi dewa Siwa.

Namun, Oak adalah seorang penulis yang banyak mengeluarkan klaim aneh, salah satunya kerajaan Hindu pernah menaklukkan Italia. Bahkan yang paling aneh ia mengklaim bahwa gereja Westminster Abbey di London, sebelumnya merupakan kuil dewa Siwa.

Dari semua klaim tentang Taj Mahal sebelumnya adalah kuil Hindu tidak pernah terbukti. Kontroversi Taj Mahal yang dianggap sebagai kuil Hindu telah dibantah oleh pihak pemerintah India. Pada tahun 2000, Mahkamah Agung India telah menolak gugatan PN Oak yang mengklaim Taj Mahal adalah kuil Hindu. Pada tahun 2005 gugatan serupa dilayangkan oleh Amar Nath Mishra, seorang pekerja sosial dan pengkhotbah. Lagi- gugatan itu ditolak, Pengadilan Tinggi menolak gugatan Mishra yang mengklaim Taj Mahal sebelumnya kuil Hindu yang dibangun oleh raja Parmar dev pada 1196.

Apakah Taj Mahal sebuah makam?

Taj Mahal dibangun oleh kaisar Shah Jahan untuk tempat peristirahatan terakhir istri tercintanya, Mumtaz Mahal. Kompleks Taj Mahal mencakup masjid, rumah tamu dan makam, dari total komplek dengan luas 17 hektar, kompleks makam adalah pusatnya.

Makam adalah bangunan utama dari seluruh kompleks Taj Mahal. Kompleks makam sangat besar terletak di tengah kompleks, berwarna putih dengan struktur batu marmer yang dengan bentuk simetris dengan iwan (pintu yang berbentuk lengkung) diatapi oleh kubah besar dengan finial.

Makam Shah Jahan dan Mumtaz Mahal (Gambar: Wikipedia)

Seperti kebanyakan makam Mughal, unsur-unsur dasar berasal dari Persia. Yang paling menarik dari makam Taj Mahal, desain bangunan sangat simetris di semua sisi bangunan, empat menara menghiasi makam, setiap menara berada di empat sudut bangunan.

Empat menara melingkari makam (Gambar: Wikipedia)

Fitur makam yang paling spektakuler adalah kubah yang dibangun dari marmer terbaik yang berukuran hampir 35 meter. Selain itu finial awalnya terbuat dari emas, namun pada awal abad 19 diganti dengan bahan campuran emas-perunggu.

Kubah makam terbuat dari marmer (Gambar: Wikipedia)



Kesimpulan tentang Taj Mahal: Taj Mahal adalah sebuah kompleks bangunan dengan luas 17 hektar yang terdiri dari beberapa bangunan, masjid, makam, dan rumah tamu. Bangunan utama yang berada di tengah kompleks berwarna putih yang diapit empat menara, yang gambarnya sering kita lihat adalah bangunan makam. Di sisi bangunan makam terdapat masjid dan rumah tamu, masjid Taj Mahal dikhususkan untuk warga lokal.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon