13 December 2016

Waspada Penipuan Facebook Aplikasi 'Year in Review'


Dalam beberapa hari terakhir selama bulan Desember, Facebook memberikan layanan video 'Year in Review' yang dapat memungkin Anda melihat kembali aktivitas selama menggunakan Facebook. Layanan ini berupa video yang menampilkan koleksi tulisan dan foto paling populer selama Anda menggunakan Facebook dari awal tahun 2016.

Layanan 'Year in Review' sangat diterima dengan baik oleh pengguna Facebook, tampilan video yang cukup sederhana namun sangat mengesankan hingga setiap penggunanya dapat kembali melihat aktivitasnya selama tahun 2016.

Namun, scammer (penipu) mencoba memanfaatkan animo pengguna Facebook atas layanan ini untuk menipu. Halaman dengan akun "Yearinreview2016 App" menyamar sebagai aplikasi resmi Facebook mencoba mengelabui pengguna agar menyukai halaman mereka dan berbagi posting.


Layanan 'Year in Review' dari Facebook adalah nyata/asli, namun Facebook tidak pernah membuat aplikasi ataupun akun halaman Year in Review. Halaman Facebook "Yearinreview2016 App" memanfaatkan momen dari layanan resmi Facebook untuk mendapatkan pengikut sebanyak-banyaknya dengan memberikan cara agar mendapatkan layanan Year in Review, padahal Facebook secara resmi memberikan layanan ini langsung ditampilkan di atas newsfeed Anda secara gratis.

Scammer juga mencoba menipu dengan cara meminta Anda untuk menginstal Facebook aplikasi ilegal sebagai syarat untuk mendapatkan layanan video 'Year in Review'. Kami ingatkan, jangan pernah menginstal aplikasi Facebook untuk mendapatkan layanan video ini, dan selalu gunakan aplikasi resmi dari Facebook. Hal yang sama berlaku untuk semua jenis dari perangkat lunak, plugin, codec atau extension yang memungkinkan scammer dapat mencoba dan memikat Anda untuk menginstal aplikasi mereka.

Video 'Year in Review' secara otomatis akan terlihat paling awal di newsfeed Anda dan memberitahukan secara otomatis ketika layanan ini sudah siap Anda terima. Untuk saat ini tidak semua pengguna Facebook mendapatkan/menggunakan layanan video 'Year in Review' dengan beberapa alasan seperti terlalu awal masuk bulan Desember. Jika Anda belum mendapatkan layanan video ini, Anda dapat mengklik alamat facebook.com/yearinreview.

Selalu waspada dalam menggunakan Facebook, jika Anda melihat posting yang meminta untuk share, like dan komentar, cepat Anda tinggalkan dan beritahu teman-teman Anda bahwa itu adalah scam (penipuan). Jangan pernah menginstal aplikasi apapun yang tidak jelas, jika aplikasi itu mengatasnamakan Facebook, cek di website resmi mereka http://newsroom.fb.com/.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon