01 December 2016

Video Pemain Chapecoense sebelum pesawat jatuh: Hoax!


Setelah tragedi kecelakaan pesawat biasanya akan muncul foto atau video yang menunjukan momen-momen terakhir sebelum pesawat jatuh. Hal ini juga terjadi pada bencana jatuhnya pesawat yang ditumpangi para pemain sepak bola asal Brazil, Klub Chapecoense. Pesawat yang membawa tim sepakbola Chapecoens mengalami kecelakaan di Kolombia mengakibatkan hampir seluruh pemainnya menjadi korban jiwa.

Berikut  artikel dari inilah.com.


Pesawat carteran yang membawa tim Chapecoense mengalami kecelakaan di wilayah pegunungan Medellin dalam perjalanan dari Bolivia menuju Kolombia, Senin (28/11/2016) malam waktu setempat.

Dari informasi terbaru yang diterima sebanyak 76 penumpang dari total 81 orang yang berada di pesawat tewas. Tim SAR menemukan enam orang dalam keadaan masih hidup termasuk tiga di antaranya pemain Chapecoense, Alan Ruschel (bek), Danilo (kiper) dan Jakson Follman (kiper cadangan).

Sayangnya, Danilo yang ditemukan dalam kondisi kritis tak bisa bertahan lama dan menghembuskan napas saat mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Dilansir dari Dailymail, Ruschel dan Danilo sempat mengunggah foto selfie sebelum pesawat yang mereka tumpangi lepas landas. Mereka menuliskan pesan kepada fans: Kolombia, kami datang. Selain itu, ada juga video yang memperlihatkan kedua pemain merekam situasi kabin penumpang pesawat. - See more at: http://bola.inilah.com/read/detail/2342488/video-pemain-chapecoense-sebelum-pesawat-jatuh#sthash.zVMSZqxW.dpuf

Sebuah video dengan klaim detik-detik terakhir para pemain Chapecoense sebelum pesawat yang mereka tumpangi jatuh di Kolombia, video itu beredar di Youtube.


Hoax atau Fakta: Hoax!

ANALISIS

Pesawat yang ditumpangi seluruh awak tim sepak bola Chapecoense mengalami kecelakaan di Kolombia pada senin malam waktu setempat (28/11/2016), akibatnya 71 orang meninggal dunia. Enam orang penumpang dikabarkan selamat, diantaranya tiga orang anggota tim Chapecoense yang rencananya akan melakukan pertandingan besar dalam sejarah klub, final Copa Sudamericana leg pertama.

Video dengan klaim para pemain Chapecoense berada di dalam pesawat sebelum kecelakaan juga diupload oleh dailymail.co.uk.
Pemain Chapecoense Alan Ruschel memposting video bersama rekan setimnya di Snapchat menjelang kecelakaan pesawat (Mail Online)

Video yang diklaim detik-detik terakhir para pemain Chapecoense sebelum pesawat jatuh adalah hoax. Pesawat yang jatuh di Kolombia adalah AVRO JR 85 (LMI 2933), dari bangku dan interior pesawat dapat kita lihat sangat berbeda dengan video di atas. Anda dapat membedakan interior pesawat AVRO JR 85 sangat berbeda dengan kondisi dalam video.



Interior pesawat AVRO JR 85 (Foto: AB Corporate Aviation)

Interior pesawat AVRO JR 85 (Foto: Airliners.net)

Seorang pengguna Twitter dengan akun Andrés Muñoz Araneda mengupload video tersebut.


Andreas menjelaskan bahwa video itu bukan diambil saat detik-detik terakhir sebelum pesawat jatuh, mereka sedang berada di pesawat yang berbeda (sebelumnya).


KESIMPULAN

Video yang beredar dengan klaim detik-detik terakhir penumpang di dalam pesawat sebelum jatuh adalah hoax. Video itu diambil dalam penerbangan berbeda (sebelumnya), pemain dan kru Chopecoense sebelum penerbangan maut itu melakukan perjalanan ke Bolivia dengan menggunakan pesawat lain. Pemerintah Brasil tidak mengizinkan penerbangan langsung dari Sao Paulo ke Bandara Medellin Kolombia.

Delegasi Klub Chapecoense yang hendak terbang dari Brasil menuju Kolombia dalam misi pertandingan Final Copa Sudamericana. Dikarenakan otoritas penerbangan Brazil melarang penerbangan langsung dari Sa Paulo menuju Medellin, mereka melakukan penerbangan pertama menggunakan pesawat komersial (dari Sao Paulo menuju Bolivia), lalu dari Bolivia mereka menggunakan pesawat AVRO JR 85 menuju  Medellin, Kolombia, yang akhirnya pesawat yang membawa 68 penumpang dan 9 awak pesawat mengalami kecelakaan maut.

Video yang diunggah Pemain Chapecoense Alan Ruschel di Snapchat adalah ketika mereka sedang berada di penerbangan pertama (Sao Paulo-Bolivia) menggunakan pesawat komersial, sedangkan pesawat yang jatuh adalah AVRO JR 85 dalam penerbangan dari Bolivia menuju Kolombia.



Pesawat yang jatuh di Kolombia, LaMia AVRO JR 85

Pesawat LaMia AVRO JR 85

Seluruh tim Chapeconse sebelum menaiki pesawat menuju Kolombia (Foto: Mauricio Serna)



Salam Icokes, Indonesian Hoax Buster!

Referensi

Wikipedia (LaMia Airlines Flight 2933)
El Tiempo (Al Chapecoense lo hicieron cambiar de avión)


Emoticon Emoticon