18 December 2016

Reality Show Rusia Mengijinkan Pesertanya Memperkosa dan Membunuh?


Sebuah berita dengan judul menarik "Gila!! Reality Show Rusia Ini Ijinkan Pesertanya Membunuh dan Memperkosa."  Acara televisi reality show Rusia ini sangat terkenal karena peserta pria dan wanita dari seluruh dunia akan berjuang dalam permainan realita bertahan hidup di padang gurun Siberia yang bersuhu minus 40 derajat celcius, dan hanya diperbolehkan mempersenjatai diri dengan sebilah pisau.

Berikut judul dan artikel dari Pos Kota News: Gila!! Reality Show Rusia Ini Ijinkan Pesertanya Membunuh dan Memperkosa


MASIH ingat dengan film ‘Hunger Games’ yang dibintangi Jennifer Lawrence? Di Rusia, sebuah reality show sepertinya mengadopsi film ini menjadi sebuah kenyataan Gilanya, peserta dalam acara bernama ‘Game2: Winter’ tersebut, diperbolehkan saling berkelahi, memperkosa dan membunuh satu sama lain.

Dilaporkan The Sun, sudah ada 30 peserta pria dan wanita dari seluruh dunia yang akan berjuang dalam permainan ini. Mereka akan mencoba bertahan hidup di padang gurun Siberia yang bersuhu minus 400 celcius, dan hanya boleh mempersenjatai diri dengan sebilah pisau.

Mereka akan tinggal di lokasi berbahaya selama sembilan bulan, dan menghadapi ketakutan nyata dari alam liar seperti beruang, srigala dan binatang mematikan lainnya demi hadiah uang 2,2 juta dolar AS atau sekitar Rp29,5 miliar.

Belum cukup sampai disitu, penyelenggara permainan mengatakan jika semua kontestan dibolehkan melakukan segala hal, termasuk berkelahi, menenggak alkohol, merokok, membunuh dan memperkosa satu sama lain.

”Kami akan menolak setiap klaim dari peserta bahkan jika mereka akan dibunuh atau diperkosa,” ucap jutawan Rusia Yevgeny Pyatkovsky (35), yang jadi otak di balik reality show ini. ”Kami tidak ada hubungannya dengan ini. Ini akan dijabarkan dalam dokumen yang akan ditandatangani oleh peserta sebelum pertunjukan dimulai,” lanjutnya.

Penyelenggara pun memperingatkan peserta, bahwa jika polisi menangkap peserta karena terbukti melakukan kejahatan (memperkosa, membunuh) maka penyelenggara tidak bertanggung jawab. ”Jika ada bukti kriminalitas, polisi akan datang dan membawa Anda,” bunyi peringatan yang diumumkan penyelenggara reality show.

Reality show ekstrim ini rencananya akan dimulai pada Juli 2017. Sebelum “bertempur”, para kontestan akan diberikan pelatihan bertahan hidup dari mantan pasukan elite Spetznaz Rusia.

Sindo News: Reality Show Rusia, Kontestan Dibolehkan Saling Memperkosa dan Membunuh


Hoax atau Fakta: FAKTA (Dengan Judul CLICKBAIT dan MENYESATKAN)


ANALISIS

Acara televisi reality show Rusia (Game2: Winter) yang rencananya akan dimulai pada Juli 2017 dan berakhir April 2018, menantang semua peserta untuk bertahan hidup selama 9 bulan di Siberia dengan suhu mencapai minus 40 derajat celcius dan binatang buas beruang juga serigala yang dapat mengancam kehidupan mereka. 30 orang peserta pria dan wanita yang telah disaring dari seluruh harus bertahan hidup dengan diberikan perbekalan seadanya dan hanya dipersenjatai sebilah pisau.

Para kontestan akan diberikan pelatihan survival oleh mantan pasukan elit GRU Spetznaz Rusia, setelahnya mereka akan berjuang hidup sendiri mengatasi alam Siberia dengan suhu berkisar 35-40 derajat. Acara "Game2: Winter" adalah gagasan seorang pengusaha sukses Yevgeny Pyatkovsky, ia mengatakan: Kami akan menolak setiap klaim dari peserta bahkan jika mereka akan dibunuh atau diperkosa"

Namun yang perlu dicatat, dalam judul berita menuliskan kata Ijinkan/Diperbolehkan sangat berlebihan dan clikcbait, pada kenyataannya pihak penyelenggara tidak pernah mengijinkan ataupun memperbolehkan semua peserta saling membunuh dan memperkosa.

Berikut kutipan dari The Siberian Times:

Organisers boast ‘everything is allowed’ including ‘rape’ and ‘murder’, but would-be participants are nevertheless warned: ‘You must understand that the police will come and take you away. We are on the territory of Russia, and obey the laws of the Russian Federation.

Penyelenggara sesumbar "segalanya diperbolehkan" termasuk 'pemerkosaan' dan 'pembunuhan', tetapi semua peserta  tetap diperingatkan: "kamu harus memahami bahwa polisi akan membawamu. Kita berada di wilayah Rusia, dan tunduk pada hukum federasi Rusia.

Kutipan di atas jelas bahwa penyelenggara mengatakan "segalanya diperbolehkan" adalah trik komunikasi yang menekankan sebuah peringatan akibat yang harus ditanggung jika membunuh dan memperkosa. Penyelenggara menggunakan trik komunikasi dalam memperingatkan semua peserta, pembunuhan dan pemerkosaan tidak pernah diijinkan, kecuali peserta ingin menghabiskan sisa hidupnya dalam penjara Rusia.

KESIMPULAN

Acara televisi Rusia reality show "Game2: Winter" yang menantang pesertanya bertahan hidup di alam Siberia yang sangat ganas selama 9 bulan dan dengan perlengkapan seadanya, adalah fakta. Namun, pihak penyelenggara tidak pernah memperbolehkan ataupun mengijinkan peserta saling membunuh dan memperkosa, kalimat  dari penyelengara hanyalah trik komunikasi dalam memberikan peringatan kepada para kontestan.

"Setiap peserta memberikan persetujuan bahwa kemungkinan mereka bisa cacat, bahkan dibunuh," tulisan dalam sebuah iklan. "2000 kamera, 900 hektar dan 30 nyawa. Semuanya diperbolehkan berkelahi, minum alkohol, membunuh, memperkosa, merokok, dan lainnya."

Kutipan di atas memang benar memperbolehkan membunuh dan memperkosa, dll, namun itu hanyalah trik komunikasi iklan. Dalam keterangan lainnya menjelaskan: "Setiap kontestan akan menandatangani surat pernyataan mengakui bahwa mereka kemungkinan akan diperkosa atau dibunuh, namun aturan juga menyebutkan bahwa polisi Rusia bebas untuk menangkap siapapun yang melakukan kejahatan dalam acara ini.

Dalam hal ini kami menekankan bahwa masih banyak netizen yang hanya membaca judul dan juga belum mampu memahami sebuah berita karena terjebak oleh judul berita ataupun kalimat dalam artikel. Outlet berita online mencoba mengeksploitasi rasa penasaran dan kurangnya pemahaman masyarakat dengan memberikan judul clickbait "Ijinkan/Diperbolehkan" untuk menggiring pembacanya mengklik link berita. Netizen yang hanya membaca judul dan tidak memahami isi berita akhirnya mempercayai bahwa reality show Rusia tersebut benar-benar memperbolehkan para peserta saling membunuh dan memperkosa, kenyataannya pihak penyelenggara jelas melarang karena itu adalah perbuatan melawan hukum.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Referensi

Ellinika Hoaxes (Reality Show di Rusia memungkinkan pemerkosaan dan pembunuhan? Tidak! Penjara menanti kontestan)
Snopes (Reality Show Rusia Game2: Winter Memungkinkan Pemerkosaan dan Pembunuhan)

1 komentar so far

Dear, I like your blog very much, I can get many useful information. Hope that we can communicate with each other. By the way, have you ever used healthy recovery partition ? Unfortunately I lost my partition. I do not know how to do.


Emoticon Emoticon