05 December 2016

PBB Tidak Meminta Maaf Bertanggung Jawab Penyebar Kolera di Haiti


Beberapa hari ini banyak outlet berita mengabarkan bahwa PBB mengakui bertanggung jawab atas penyebab penyebaran wabah kolera yang melanda Haiti sejak tahun 2010. Skretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon, memberikan pernyataan permintaan maaf kepada rakyat Haiti.

Berikut kutipan artikel berita dari okezone.com.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Ban Ki-moon secara resmi meminta maaf kepada warga Haiti atas peran organisasi yang dipimpinnya dalam penyebaran wabah kolera pada 2010 usai dilanda gempa dahsyat. Lebih dari 9.300 orang tewas akibat wabah tersebut.

Haiti sebenarnya bebas dari kolera hingga 2010 ketika pasukan perdamaian mengalirkan air selokan yang terinfeksi ke sungai. Akibatnya, wabah kolera merebak hingga menyebabkan diare tak terkontrol serta mengirim sekira 800 ribu orang ke rumah sakit. Pasukan perdamaian PBB asal Nepal dianggap bertanggung jawab atas wabah tersebut.

Kompas.com dalam laporannya memberikan judul "Pasukan PBB Penyebar kolera di Haiti, Ban Ki-Moon Minta Maaf."


Liputan6.com memberikan judul "Pasukan Perdamaian 'Sebar' Wabah Kolera, Sekjen PBB Minta Maaf."


Tribunnew.com dalam laporannya memberikan judul "PBB Akui Sebabkan Wabah Kolera Bagi Rakyat Haiti, Sekjen Ban Ki-Moon Minta Maaf."


Hoax atau Fakta: Disinformasi

ANALISIS

Pada tahun 2010, beberapa bulan setelah gempa dahsyat yang menyerang Haiti, wabah kolera mulai menyebar secara luas. Penyelidikan telah dilakukan, penjelasan penyebabnya yang paling memungkinkan adalah wabah itu disebarkan oleh pasukan penjaga perdamaian asal Nepal. Mereka menkontaminasi air limbah ke air sungai yang ada di kamp di mana mereka tinggal, menurut salah satu versi menyatakan bahwa mereka disingkirkan dari wilayah Departemen Artibonite oleh pihak perusahaan manajemen di mana mereka bernaung.

Sumber-sumber lain mengatakan bahwa air sungai dekat kamp telah terkontaminasi air limbah secara acak. Setelah air limbah masuk ke dalam air sungai, virus itu sulit dikontrol, terutama di negara seperti Haiti yang memiliki saluran pembuangan yang nyaris tidak sempurna dan desinfeksi air minum hanya meliputi 12% dari total populasi.

Ban Ki-Moon dalam pernyataannya di markas PBB, ia meminta maaf atas bantuan yang kurang memadai untuk Haiti dan tidak secara maksimal melawan wabah kolera seperti biasa yang dilakukan oleh PBB.

Hanya beberapa bulan tersisa dari masa jabatannya sebagai sekjen PBB, Ban Ki-Moon secara hati-hati meminta maaf sebagai bagian dari pengumuman atas rencana baru dalam memberantas penyakit ini.

"Atas nama PBB, saya ingin menjelaskan sebagai berikut: meminta maaf kepada rakyat Haiti. Kami tidak melakukan tindakan cukup akan wabah kolera dan penyebarannya di Haiti."

"On behalf of the United Nations, I want to say very clearly: We apologize to the Haitian people," Ban told the UN General Assembly. "We simply did not do enough with regard to the cholera outbreak and its spread in Haiti.

Pernyataan di atas sangat jelas sekjen PBB bukan mengakui bertanggung jawab atas penyebaran wabah kolera di Haiti, penyataan itu meminta maaf atas kegagalan untuk upaya yang cukup dalam mengambil tindakan dan bantuan. PBB hingga saat ini belum secara resmi mengeluarkan pernyataan penyebab dari wabah kolera yang melanda Haiti sejak tahun 2010. Yang paling memungkinkan wabah kolera telah disebarkan oleh pasukan kemanusiaan Nepal, kondisi sanitasi yang buruk dan kondisi kemiskinan yang melanda Haiti, dalam hal ini PBB meminta maaf karena tidak memberikan bantuan secara efektif.

PBB telah lama membantah tuduhan bahwa pasukan perdamaian Nepal telah membawa wabah kolera ke Haiti setelah sembilan bulan pasca gempa dahsyat, wabah itu pertama kali muncul dan diketahui sudah sejak 150 tahun yang lalu. Para ilmuwan, keluarga korban dan kelompok advokasi telah menuduh pasukan perdamaian Nepal telah menyebarkan kolera melalui pembuangan sanitasi di wilayah pangkalan mereka di dekat sungai.

Video pernyataan Ban Ki-Moon diupload di Twitter @UN, Anda dapat menyaksikan videonya di sini: https://twitter.com/UN/status/804423495371390976?ref_src=twsrc%5Etfw


KESIMPULAN

Ban Ki-Moon dalam pernyataann resminya telah meminta maaf kepada rakyat Haiti atas apa yang dilakukan PBB tidak efektif dalam memberikan bantuan menanggulangi dan mencegah penyebaran wabah kolera di Haiti. Media online telah mempelintir pernyataan Ban Ki-Moon hingga PBB mengakui dan meminta maaf telah menjadi penyebab penyebaran wabah kolera di Haiti.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Referensi

CNN (UN apologizes for Haiti cholera spread in plan to eradicate disease)
BBC (Haiti cholera: UN chief apologises for first time over outbreak)
Fox News (UN apologizes for Haiti’s cholera epidemic without noting it brought the disease)


Emoticon Emoticon