28 December 2016

[Mitos VS Fakta] Bra dan Payudara

Beberapa Mitos Seputar Bra dan Payudara

Kemajuan informasi yang berkembang di internet seakan menjadi belati bermata dua yang disatu sisi bermanfaat sednagkan di sisi lain sangat menyesatkan. Wanita selalu identik dengan bra dan payudara, banyak mitos yang berkembang hingga dipercaya menjadi sebuah kebenaran.

Berikut 9 mitos dan fakta seputar bra dan payudara:

1. Tidur dan Bra


Ilustrasi

Klaim: Tidur menggunakan bra dapat membuat lebih nyaman dan mengencangkan payudara

Fakta: Beberapa tahun yang lalu, aktris cantik Halle Berry dalam sebuah wawancara mengungkapkan bahwa ia sejak usia 16 tahun selalu tidur menggunakan bra. Berry memiliki bentuk payudara yang dapat membuat iri semua wanita, namun itu tidak ada hubungannya dengan kebiasaannya yang selalu tidur dengan menggunakan bra.

"Tidak ada bukti ilmiah menggunakan bra atau tanpa bra saat tidur akan membuat perbedaan pada payudara Anda dari waktu ke waktu," kata Amber Guth, MD, ahli bedah payudara dan juga seorang profesor bedah di NYU Langone Medical Center.

"Payudara kendur dan jatuh terjadi terutama karena faktor kehamilan, melahirkan, dan menyusui," tambahnya. Dr Guth menjelaskan bahwa dari waktu ke waktu, kegairahan akan memudar seperti gravitasi yang menarik ligamen pada payudara Anda ke bawah. "Itu adalah proses alami," katanya.

2. Payudara dan Menyusui


Ilustrasi

Klaim: Menyusui dapat membuat kendur payudara

Fakta: Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2008 dalam Aesthetic Surgery Journal, menyimpulkan bahwa menyusui bukan faktor penyebab payudara menjadi kendur. Kehamilan adalah faktor yang dapat menyebabkan ligamen meregang akibat berat badan yang bertambah selama kehamilan hingga menyebabkan payudara menjadi kendur. Anda dapat mencegah payudara mengendur akibat kehamilan, walaupun tidak akan dapat menghindari sepenuhnya.

Anda dapat mencegahnya dengan cara mengatur berat badan yang sehat dan tepat selama proses kehamilan. Jadi, jika Anda berpikir tidak ingin memberikan ASI kepada bayi Anda dengan alasan tidak ingin payudara Anda mengendur, sebaiknya Anda jangan hamil dan melahirkan.

3. Bra dan Payudara


Ilustrasi

Klaim: Menggunakan bra dapat membuat payudara kendur

Fakta: Anda mungkin pernah mendengar bahwa memakai bra dapat membuat payudara Anda melemahkan fungsi ototnya. Bahkan, para peneliti Perancis menerbitkan sebuah hasil studi pada tahun 2013 yang telah menghapus bra untuk tidak digunakan karena dapat menyebabkan payudara wanita menjadi kendur dari waktu ke waktu, bra dianggap menghambat jaringan otot dalam pembentukan payudara. Namun, Dr Guth menjelaskan bahwa payudara Anda tidak benar-benar berisi otot, hanya kulit, lemak, dan ligamen.

"Itu tidak seperti abs Anda atau lengan atas yang dapat Anda tingkatkan dengan cara bekerja," katanya. "Memakai atau tidak menggunakan bra tidak akan mengubah fakta semua perubahan fisiologis yang terjadi pada payudara Anda dari waktu ke waktu," jelasnya. Ia juga mengatakan bahwa Anda mungkin tidak akan dapat mendongkrak otot payudara Anda.

4. Bra dan Kanker Payudara


Ilustrasi

Klaim: Bra dapat menyebabkan kanker payudara

Fakta: Menurut Scientific American, mitos ini datang pada sekitar tahun 1990-an, ketika sepasang suami istri antropolog medis mengklaim menggunakan bra ketat dapat membatasi kelenjar getah bening di sekitar area payudara, sehingga menjebak racun dan mengakibatkan kanker pada payudara.

American Cancer Society, menjelaskan bahwa studi telah gagal dalam mempraktekan standar penelitian epidemiologi, juga tidak memperhitungkan faktor dari pertimbangan risiko pada kanker payudara dan juga variabel lainnya. Mitos itu terus berlanjut hingga semakin liar di internet, bahkan buletin Gwyneth Paltrow telah membangkitkan kembali mitos yang telah didebunk  pada Oktober 2015.


Dr Guth menjelaskan mengapa teori palsu itu sering diulang-ulang dan terus berputar: "Cara kerja limfatik mereka mulai dari tepi payudara lalu ke wilayah puting, lalu keluar dari ketiak. Jadi itu tidak dikompres atau dihentikan oleh bra yang Anda gunakan karena itu terjadi tidak ada hubungannya dengan bra yang digunakan." Banyak studi lainnya yang telah menemukan fakta bahwa tidak ada bukti yang signifikan bahwa memakai bra dapat mengakibatkan risiko kanker payudara.

5. Mencuci Bra


Ilustrasi

Klaim: Bra tidak boleh dicuci terlalu sering.

Fakta: Apa yang Anda pikirkan tentang mitos itu? Apakah Anda tidak akan mencuci pakaian yang Anda gunakan setelah banyak beraktifitas hingga banyak mengeluarkan keringat? Ya, tentunya Anda tidak akan melakukan itu. Analogi yang sama berlaku pada bra yang sering Anda gunakan.

Menurut Jene Luciani, penulis The Bra Book mengatakan : "Kain akan cepat rusak ketika bra terus bergesekan dengan kotoran dari minyak di kulit Anda."

"Jadi untuk memperpanjang usia bra Anda, Anda harus benar-benar memastikan untuk selalu mencucinya setelah Anda memakainya," katanya. Mungkin Anda berpikir bahwa tidak mungkin mempunyai waktu untuk sering mencuci bra. Untuk menghemat waktu dan lebih efisien, Luciani merekomendasikan beberapa cara.

"Bahkan Anda dapat membeli tiga bra yang sama yang semuanya Anda sukai," katanya. "Anda akan memiliki waktu yang lebih lama untuk mencuci bra dan Anda tidak akan menggunakan satu bra yang sama setiap hari."

6. Bra dan Mesin Cuci


Ilustrasi

Klaim: Jangan mencuci bra menggunakan mesin cuci.

Fakta: Mitos ini sedikitnya mengandung kebenaran, Luciani menjelaskan bahwa bra akan aus lebih cepat ketika mencucinya ke dalam mesin cuci - tali dan kait bra dapat terjebak pada barang-barang lainnya yang ada di dalam tabung mesin cuci.

"Dianjurkan untuk mencucinya menggunakan tangan dengan air dingin juga menggunakan deterjen lembut ataupun dapat menggunakan sampo bayi," katanya. Jika Anda sanggup menerima bahwa Anda harus membeli lingerie lebih sering karena selalu rusak akibat kaitan bra, kemungkinan tidak ada yang salah dengan mencuci bra menggunakan mesin cuci.

"Saya seorang yang realistis, dan seorang ibu yang sibuk, jadi siapa yang memiliki waktu untuk semua itu?" kata Luciani. Sebaliknya, ia menyarankan agar menggunakan siklus air dingin, deterjen lembut, dan menempatkan bra Anda dalam kantong jaring.

7. Bra Warna Terang

Ilustrasi

Klaim: Menggunakan bra warna terang tidak akan tembus pandang.

Fakta: "Kebanyakan wanita berpikir menggunakan kemeja warna putih dengan bra warna putih tidak akan membuat bra terlihat," kata Idiva. Mitos itu salah besar, jika Anda benar-benar tidak ingin bra yang Anda gunakan terlihat, maka gunakan warna yang sesuai dengan warna kulit Anda.

8. Payudara dan Olahraga

Ilustrasi

Klaim: Olahraga rutin dapat membuat payudara kencang.

Fakta: Bahkan jika Anda melakukan satu triliun push-up dan pull-up juga mengangkat beban, payudara Anda tidak akan berubah. Karena payudara terdiri dari lemak, dan Anda tidak akan mungkin bisa membentuk lemak. Yang Anda dapat lakukan adalah membentuk bagian luar payudara Anda.

"Beberapa latihan dapat membantu meningkatkan penampilan wilayah sekitar dada Anda dengan memperkuat ligamen disekitarnya," jelas Anne Taylor, MD, asisten profesor klinis operasi plastik di Ohio State University.

9. Payudara Mengendur

Ilustrasi

Klaim: Tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegah payudara mengendur.

Fakta: Mitos ini tidak benar. Jika Anda hidup sehat, pola makan dengan baik, berolahraga dan menghindari paparan sinar UV secara berlebihan juga tidak merokok, ini akan memainkan peran penting dalam menjaga kualitas kulit Anda.

Dr Hamza mengatakan: "Diet yoyo juga dapat memiliki efek yang merugikan pada daerah payudara karena akan menyebabkan kulit menjadi longgar dan akan membuat stertch mark yang sulit untuk dihapus."

"Menggunakan lotion dan krim, dapat memperbaiki kulit dan mencegah penuaan, juga dapat membantu," tambahnya. Bagi Anda yang menginginkan solusi yang efektif dalam mencegah payudara menjadi kendur, Dr Hamza mengatakan ada prosuder tertentu yang spesifik pada kosmetik yang akan memungkinkan Anda lebih merasa percaya diri pada tubuh Anda.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon