29 December 2016

[Klarifikasi] Stand Indonesia di Pameran Dubai


Beberapa hari ini telah beredar postingan di timeline Facebook mengenai ‘stand Indonesia di pameran Dubai’ yang diklaim lebih merepresentasikan budaya Cina dibandingkan budaya Indonesia.



Berdasarkan penelusuran Tim Sekoci, adanya stand dengan papan nama Indonesia tersebut adalah benar. Kami mengontak KJRI Dubai untuk meminta klarifikasi mengenai foto tersebut. Berikut balasan dari Bapak Arzaf Firman, Konsul Jenderal KJRI Dubai:


Gambar itu adalah bagian dalam dari paviliun Asia Timur Jauh, dimana negara-negara dapat menampilkan beberapa produk nasionalnya.

Perlu juga kiranya ditampilkan gambar/foto-foto 1) bagian depan dari paviliun Asia Timur Jauh itu dimana ada rumah Minang / rumah Gadang di atas pagoda Jepang di gerbang utama paviliun, sehingga bisa memberikan gambaran yang lebih jelas bahwa tidak hanya yang beredar selama ini tapi juga 2) ada booth Indonesia bercorak rumah Toraja dengan tulisan "Wonderfull Indonesia"

Sesuai keterangan dari Pak Arzaf Firman, stand itu berada di dalam Paviliun Asia Timur Jauh (Far East Pavilion) di pameran Global Village, Dubai. Global Village adalah sebuah taman yang menampilkan berbagai macam kebudayaan dari banyak negara. Berikut websitenya:

Menurut keterangan dari Pak Arzaf Firman dan website itu, Far East Pavilion menampilkan kebudayaan  dan produk-produk nasional dari Jepang, Korea Selatan, Indonesia, dan Filipina dalam satu tempat. Berdasarkan penelusuran kami, stand berwarna merah dalam foto yang dipermasalahkan tidak hanya memasang papan nama Indonesia, tetapi juga papan nama Jepang, Korea, dan Filipina. Produk-produk kebudayaan masing-masing dari empat negara itu dipamerkan bersama-sama di stand tersebut.

Stand yang sama dengan papan nama Korea dan Japan


Sumber: IG @marqpmusiq

Sumber: IG @iamkikomonkey

Stand yang sama dengan papan nama Philippines

Sumber: IG @gie_benetton

Stand yang sama dengan papan nama Indonesia

Sumber: IG @makonkaa

Sumber: IG @fe_knowles

Dalam foto-foto di bawah ini, jika diperhatikan dengan teliti, Anda dapat melihat bahwa stand Indonesia berada di belakang stand Japan.



Pihak KJRI Dubai juga memposting foto bagian depan dari Far East Pavilion di Global Village di laman Facebook mereka pada link berikut:


Sumber: IG @iamoscarbrioso

Sesuai keterangan dari Pak Arzaf Firman dan Facebook KJRI Dubai, terdapat rumah adat Minangkabau di atas Pagoda Jepang pada gerbang utama Far East Pavilion. Ada juga stand Indonesia bercorak rumah Toraja dengan tulisan “Wonderful Indonesia”.

Kesimpulan:



Keberadaan stand merah berpapan nama Indonesia itu benar adanya. Tapi klaim bahwa stand tersebut adalah stand Indonesia yang merepresentasikan Cina adalah DISINFORMASI.


Stand tersebut berada di bagian dalam Far East Pavillion (Paviliun Asia Timur Jauh) di taman Global Village, Dubai. Hanya saja, stand itu bukan stand tunggal milik Indonesia. Selain Indonesia, stand tersebut juga dipasangi papan nama Korea, Japan, Philippines. Dalam stand itu dipamerkan produk-produk nasional dari keempat negara itu bersama-sama. Jika Anda amati dengan teliti, Anda akan bisa melihat bahwa stand Indonesia berada di belakang stand Japan.

Indonesia juga memiliki stand nya sendiri yang bercorak Toraja dan bertuliskan Wonderful Indonesia. Pada bagian depan gerbang utama Far East Pavillionerdapat rumah Minangkabau di atas Pagoda Jepang.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon