11 December 2016

Foto-foto Kerangka Manusia Raksasa


Internet menyajikan beragam informasi yang sangat luas, namun tidak semua informasi yang beredar di internet benar adanya. Penemuan kerangka manusia raksasa banyak bertebaran, semua gambar yang ditampilkan hampir semuanya palsu alias hasil olah digital Photoshop, namun ada juga gambar asli malah banyak diklaim sebagai gambar palsu.

Kami di sini mencoba memberikan beberapa gambar kerangka manusia raksasa hasil olah digital Photoshop. Situs Worth1000 adalah salah satus situs yang memfokuskan diri untuk kontes Photoshop profesional, salah satu kontes gambar Photoshop arkeologi yang mengundang para anggotanya untuk mengolah gambar (memanipulasi) hingga semirip mungkin seperti asli.

"Dalam kontes ini akan membuat penemuan arkeologi palsu (misalnya: Atlantis, Kaleng Coca-cola berusia 2.000 tahun atau tengkorang raksasa). Aturan permainan adalah sebagai berikut. Anda harus membuat penipuan arkeologi. Tugas Anda adalah untuk membuat gambar penemuan arkeologi yang menunjukan seperti asli, jika gambar itu muncul di luar Worth1000 orang tidak akan mengetahuinya."


Banyaknya kontes yang diadakan dan kontestan yang cukup banyak hingga menyebabkan banyak gambar yang hilang, putaran update dan perubahan server yang telah berjalan bertahun-tahun membuat banyak gambar dari kontestan menghilang. Sejak pertama berdiri pada tahun 2002, banyak gambar dari Worth1000 telah dibawa keluar hingga menyebar di internet, sayangnya gambar-gambar banyak disalahgunakan dengan klaim palsu, sedangkan bukti gambar kompetisi banyak yang hilang.

Setiap gambar yang masuk kompetisi wajib ditempel watermark Worth1000, namun ketika gambar dibawa keluar maka watermark akan dihapus untuk menjalankan tipuannya dengan klaim yang bombastis. Dalam keterangan yang terdapat pada gambar di atas, situs Worth1000 pernah mengadakan kompetisi manipulasi gambar arkelogi.

Dalam kontes ini akan membuat penemuan arkeologi palsu (misalnya. Atlantis, kaleng Coca-cola berusia 2000 tahun atau tengkorak raksasa

Anda dapat menyaksikan proyek manipulasi gambar mereka terbilang sukses, walaupun watermark worth1000 terlampir pada gambar, namun masih banyak yang tertipu karena tidak mengetahui rekam jejak Worth1000. Berikut beberapa gambar manipulasi "kerangka manusia raksasa" hasil kontes yang sangat mengesankan dari para kontestan hingga banyak diklaim sebagai foto asli.





Kumpulan gambar-gambar manipulasi tengkorak manusia raksasa hasil olah digital Photoshop dari Worth1000 dapat Anda lihat di sini.

Foto Jakub Sliwa


Foto ini sempat menjadi perdebatan apakah asli atau sama seperti gambar lainnya hasil olah digital Photoshop. Foto ini mungkin satu-satunya yang bukan berasal dari pengguna terampil Photoshop, foto adalah hasil fotograpi asli yang diabadikan oleh fotografer Polandia Jakub Sliwa. Sliwa adalah anggota dari misi Polandia-Mesir di Sahara, foto-foto hasil jepretannya telah diunggah ke situs egiptologia.pl. Situs ini telah memperbaharui server pada tahun 2010 yang menyebabkan banyak arsip lama menjadi hilang, tapi kami dapat menemukan arsip lama di Web Archive yang menampilkan galeri yang ditampilkan sejak tanggal 15 April 2001, sehingga foto-foto aslinya sudah ada lebih lama.


Dalam galeri foto nampak terlihat banyak foto lainnya dalam resolusi yang lebih tinggi di sini, kami menemukan foto yang sama saling berhubungan yang lebih mengesankan.



Anda dapat melihat foto-foto di atas, sekarang sudah jelas bahwa foto dua kerangka manusia yang terlihat lebih besar adalah permainan lensa kamera (manipulasi perspektif), kerangka terlihat lebih besar kamera posisi kamera sangat dekat dengan lensa kamera. 

Manipulasi perspektif adalah teknik yang memainkan ilusi optik untuk membuat objek terlihat lebih jauh, dekat, dan lebih besar atau kecil daripada yang sebenarnya. Manipulasi perspektif biasanya menggunakan teknik memanipulasi ukuran sudut objek dan jarak lensa kamera, biasanya diaplikasikan dalam dunia fotografi, pembuatan film dan arsitektur.

Berikut contoh foto-foto hasil manipulasi perspektif:


Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon