27 November 2016

Video Wanita Mempunyai Kekuatan Telekinesis di Thailand: Hoax!


Telah lama beredar sebuah video yang menunjukan wanita Thailand dengan kekuatan supranatural mampu mengalahkan dua orang pria dan menggerakan benda di sekitarnya tanpa disentuh.

Berikut artikel berita dari tribunnews.com


Guys, kalian tahu Magneto di film sekuel X-Men?

Tokoh yang punya kekuatan super bisa menggerakan segala benda yang mengandung unsur besi.

Video seorang perempuan yang mempunyai kemampuan aneh menjadi viral di Facebook.

Video tersebut diunggah oleh halaman Facebook Rilek Brader.

Diberi keterangan, "Wow so amazing. Perempuan Thailand ini mempunyai kuasa luar biasa."

Video yang berdurasi satu menit 56 detik ini telah dibagikan lebih dari 39 ribu kali.

Pada video tersebut terlihat beberapa orang yang turun dari sebuah kendaraan.

Setelah beberapa saat, terdengar cekcok antara seorang wanita memakai kemeja kotak-kotak dan pria yang memakai baju biru tua. Ada seorang wanita lain berbaju putih yang memegangi tangan wanita berkemeja tadi.


Hoax atau Fakta: HOAX 

ANALISIS

Video yang beredar menjadi virus secara online beberapa tahun terakhir ini mengklaim menunjukan sebuah adegan nyata kekuatan supranatural dari Thailand, di mana seorang wanita dengan kekuatan Telekinesis dipaksa turun dari bus yang akhirnya mereka bersitegang hingga seorang wanita tanpa disadari mampu menghentak kedua pria dan benda-benda di sekitarnya dengan kekuatan irasional.


Dialog dalam video menggunakan bahasa Thai. Insiden itu berawal ketika beberapa penumpang bus turun dan orang-orang yang ada di sekitarnya berkumpul di dekat trotoar jalan. Dua orang wanita terlihat cekcok adu mulut dengan dua orang pria yang nampaknya pengemudi dan kernetnya, ketika seorang pria mulai emosi dan hendak memukul wanita, seorang wanita dengan sigap mengangkat tangannya dan sebuah kejadian yang sangat spektakuler terjadi pria pertama terpental seperti dihentak sebuah kekuatan besar yang dikeluarkan dari tangan wanita tersebut. Kejadian berikutnya, pria satunya melihat kawannya terkapar akhirnya mencoba melawan dan mendekati wanita tersebut. Namun yang terjadi pria kedua langsung terpental dan terangkat ke atas sekitar 1 meter setelah menghantam badan bus.

Wanita itu tanpa disadari mempunyai kekuatan super, bukan hanya kedua pria yang tidak berdaya, benda-benda disekitarnya juga mampu digerakan dari jarak jauh tanpa disentuh.. Wanita dalam video seakan mempunyai kekuatan tenaga dalam yang sangat dahsyat, namun video itu tidak nyata alias rekayasa.

Kejanggalan video

Berdasarkan pengamatan kami pada video yang beredar dengan cerita yang fantastis, setidaknya telah beredar sejak November 2013. Video itu pertama beredar di saluran berbagi video Youtube yang terdaftar dalam kategori 'Film & Animation'. Video itu memiliki banyak kelemahan, kamera mengambil gambar pada posisi yang tidak bergerak dan mengambil angle dari samping bus. Dengan posisi kamera berada di samping bus, kita tidak akan melihat bahwasannya ada sesuatu yang menarik pria kedua hingga terpental dan terseret ke atas pada badan bus. Bahkan kamera sempat dizoom sebelum adegan wanita mengeluarkan kekuatannya, seolah kamera mengetahui apa yang akan terjadi.

Dalam dialog juga sangat tidak realistis bahkan seperti adegan sinetron, setiap dialog selalu menunggu lawan bicaranya menyelesaikan dialog dan lalu mulai dengan dialog baru, tidak seperti perdebatan (cekcok) nyata yang pastinya banyak memotong pembicaraan lawan dan saling menekan lawan agar tidak banyak berbicara. Bahkan pria pertama menunggu wanita menyelesaikan dialognya sebelum bereaksi mendekati dan hendak memukul. Yang paling janggal terlihat adalah orang-orang di sekitarnya tidak ada satupun yang mencoba melerai ataupun mendekati, dan orang-orang yang turun dari bus mengambil posisi sangat teratur seperti penonton yang memberi ruang bagi keempat aktor utama (2 wanita dan 2 pria) untuk melakukan semua adegannya.

Video mirip


Video yang hampir sama pernah beredar sebelumnya "Telekinetic Cofee Shop Surprise" yang muncul secara online pada bulan Oktober 2013. Video ini menunjukan sebuah insiden supranatural yang sangat mirip dengan video Thailand, di mana seorang gadis yang berada di dalam kedai kopi bersitegang dengan seorang pria. Dengan hanya mengangkat tangannya, wanita tersebut mampu membuat pria tersebut terpental ke dinding dan terangkat sekitar 1 meter ke atas dinding. Bahkan meja dan bangku bergerak sendiri dengan kekuatan telekinesis, buku-buku yang berada pada rak berhamburan ketika wanita itu berteriak histeris.

Video itu merupakan prank dengan kamera tersembunyi dengan bermaksud menjahili pengunjung kedai kopi di New York City. Video itu juga menunjukan bagaimana proses telekinesis yang digerakan oleh alat dan juga remote. Video itu dibuat untuk mempromosikan film horor Carrie (2013).

Kesimpulan

Berdasarkan fakta-fakta dan analisis di atas, video dari Thailand adalah tidak nyata (rekayasa). Proses adegan telekinesis yang ditunjukan sangat mirip dengan video Telekinetic Coffe Shop Surprise yang beredar sebelumnya. Dengan melihat proses video pembuatan telekinetik di kedai kopi di New York City, semua orang bisa meniru dan membuatnya. Bahkan video Thailand yang diklaim wanita dengan kekuatan supranatural, jika dilihat inti proses telekinesisnya sangat mirip dengan adegan di kedai kopi. Video wanita super di Thailand hanyalah tipuan, video itu hanya untuk hiburan yang semua orang bisa melakukannya.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon