30 November 2016

Video Ledakan Gudang Senjata Israel: Hoax!


Beredar video yang bersumber dari Youtube yang diklaim sebagai rekaman video "ledakan gudang senjata di Israel". Dalam klaimnya menyatakan bahwa ledakan terjadi pada Jumat malam (25/11/2016) waktu setempat. Bahkan video ini juga banyak beredar di beberapa situs online, seperti forumriau.com.


http://id.lmgtfy.com/?q=gudang+senjata+israel+meledak


                                                   


Ledakan gudang senjata Israel itu dilaporkan terjadi pada Jumat 25/11/2016 malam waktu setempat. Video amatir berhasil merekam detik-detik ledakan gudang senjata Israel.

Pemerintah Israel secara resmi mengumuman minta bantuan kepada negara tetangga. Mereka menghimbau negara Turki, Yunani dan Italia memadamkan api yang kian meluas.


Hoax atau Fakta: Hoax!

ANALISIS

Video yang beredar secara online yang diklaim ledakan besar di gudang senjata Israel adalah tipuan, faktanya video tersebut merupakan ledakan besar di sebuah gudang tempat penyimpanan bahan kimia beracun dan gas di kawasan industri pelabuhan Tianjin, salah satu dari 10 pelabuhan terbesar di dunia.

Menurut laporan resmi pemerintah setempat, ledakan di kota Tianjin terjadi pada Rabu malam (12/08.2015). Insiden ledakan tersebut menewaskan sedikitnya 50 orang, termasuk puluhan petugas pemadam kebakaran. Sekitar 700 orang terluka, 71 orang diantaranya mengalami luka yang cukup serius.

Ledakan yang terjadi di Tianjin sangat dahsyat hingga terlihat oleh satelit luar angkasa dan terbaca pada sensor gempa.Ledakan hebat ini terjadi di gudang penyimpanan bahan kimia berbahaya dan beracun.

Menurut keterangan pihak kepolisian, saat terjadinya ledakan sebagian besar wilayah di gudang ini menyimpan amonium nitrat, potasium nitrat dan kalsium karbida, itulah mengapa ledakan yang terjadi tampak begitu dahsyat.

Berikut video "China Explosion - Chinese Explosion - Chinese Factory Explosion - Tianjin, China Insane Explosion" yang diupload di Youtube pada 13 Agustus 2015 dengan saluran Waxtractor Essential Oil Exstractor


Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Referensi

Wikipedia (2015 Tianjin Explosions)
Mirror (China explosion: Live updates as massive blast rocks Tianjin)
Reuters (Huge explosions in China's Tianjin port area kill 17, hurt 400: media)


Emoticon Emoticon