10 November 2016

The Simpsons Meramalkan Pemilihan Hingga Terpilihnya Trump menjadi Presiden AS: Hoax!


Pemilihan Presiden Amerika Seikat akhirnya telah selesai dengan Donald John Trump keluar sebagai pemenang yang berhak menjadi Presiden AS yang ke-45. Dalam perhitungan suara, Trump mengungguli pesaingnya, Hillary Diane Rodham Clinton, Kandidat dari Partai Demokrat.

Atas terpilihnya Trump kemarin, ada yang unik terkait The Simpsons  dalam salah satu episode tahun 2000 yang telah meramalkan pemilihan Trump dan akhirnya terpilih menjadi Presiden AS.

Berikut artikel berita dari tribunnews.com, liputan6.com, cnnindonesia.com.

Dunia mengenal nama Nostradamus sebagai tukang ramal paling yahud. Ya walaupun gak semua ramalan dia menjadi nyata sih.

Nah kalau biasanya ramalan itu yang bikin sesosok orang atau hewan (Paul si Gurita yang ngeramal hasil pertandingan sepak bola) ternyata sebuah acara tv seri animasi juga bisa melakukan hal tersebut, dan seri animasi tersebut bernama The Simpsons.

Yang terbaru adalah terpilihnya Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat.

Tahukah anda pada seri animasi The Simpson kemenangan Donald Trump sudah diramalkan.

Tidak percaya? Percayalah pada 2000, tepatnya episode 17, Bart to The Future. Di mana serial kartun ini dibawa ke masa 2030.

Hoax atau Fakta: HOAX

ANALISIS

Rumor The Simpsons pada tahun 2000 telah meramalkan Trump dalam pemilihan hingga akhirnya menjadi Presiden mulai merebak saat kampanye pemilihan Presiden AS. Kini setelah Trump terpilih, rumor itu kembali mengemuka dan beredar semakin deras di situs-situs media berita. Dalam episode ke-17 tahun 2000 "Bart to the Future", ditujukan untuk lelucon Trump. Episode itu memang benar ada, namun itu bukanlah ramalan tepat apalagi dikatakan bahwa episode itu membuktikan bahwa Trump terpilih menjadi Presiden sudah diketahui sejak tahun 2000.



Episode tahun 2000 adalah sebuah lelucon ditujukan kepada Trump yang sebelumnya pernah juga mencalonkan diri menjadi Presiden AS, seperti yang sudah diketahui  kartun animasi The Simpsons banyak menampilkan cerita komedi satir kehidupan sosial dan politik Amerika Setidaknya Trump pernah berniat menjadi kandidat Presiden pada tahun 1999 untuk Partai Reformasi, setelah ia keluar dari Partai Republik. Bahkan Trump pernah mencalonkan diri menjadi Presiden AS pada tahun 1992 dengan jalur independen, dan kembali mencalonkan diri sebagai kandidat dari partai Reformasi pada tahun 1996. Setelah gagal menjadi presiden tahun 1996, Trump menuju Partai Republik dan kembali ke Partai Reformasi tahun 1999.



Setelah Trump terpilih menjadi Presiden AS 2016, teori konspirasi kembali menggeliat dengan ramalan Simpsons yang benar-benar telah meramalkan dengan sangat tepat. Sementara video di atas dikaitkan dengan ramalan The Simpsons yang telah meramalkan pencalonan diri Trump sebagai Presiden AS.

Beredar pula gambar Trump pada tahun 2000 sedang berada di eskalator sambil melambaikan tangannya kepada para pendukungnya. Gambar itu sangat mirip dengan foto Trump pada September 2015. Foto Trump pada 2015 dikaitkan dengan acara kartun The Simpsons 15 tahun yang lalu, kedua gambar itu sangat identik (Trump naik eskalator sambil melambaikan tangan kepada para pendukungnya).


Gambar dari The Simpsons yang ditampilkan di sisi kiri di atas tidak berasal dari tahun 2000. Mereka mengambilnya dari video pendek berjudul "Trumpastic Voyage" yang telah diupload di salurun Youtube "Animatioan Domination" pada 7 Juli 2015. Video itu diunggah setelah Trump mengumumkan bahwa ia ikut ambil bagian dalam perebutan Presiden AS 2016 dari Partai Republik.



Keikutsertaan Donald Trump hingga terpilihnya menjadi Presiden AS 2016 tidak pernah diramalkan oleh The Simpsons seperti selama ini diberitakan. Teori konspirasi telah memainkan rumor itu untuk mengelabui dan juga telah dimanfaatkan oleh portal berita online dengan menipu pembacanya.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

1 komentar so far


Emoticon Emoticon