08 November 2016

Seorang Pemuda Pingsan Setelah Melihat Foto Penampakan Kuntilanak di Belakangnya: Hoax!


Sebuah foto menunjukan seorang pria berkacamata dengan kaos putih dan celana jeans nampak asik asik berdiri menghadap kamera, namun tanpa disadari sesosok penampakan kuntilanak menyeramkan terlihat di belakang pria tersebut. Foto itu telah bertahun-tahun menyebar dengan ratusan klaim, yang menyebabkan banyak ketakutan di mana-mana.

Klaim yang cukup terkenal datang dari Georgia. Pemuda dalam foto dikatakan sedang mengunjungi sebuah situs bersejarah Fort Mountain di Georgia bersama teman-temannya, si pemuda bersama teman-temannya dalam hiking meminta salah seorang temannya untuk memotret dirinya. Ketika temannya mulai memotret, ia menjerit hingga pingsan melihat sosok wanita dengan gaun putih tiba-tiba muncul di belakang pemuda tersebut. Dua hari kemudian ia meninggal di Rumah Sakit karena serangan jantung.

Setelah teman-temannya yang lain melihat beberapa hasil foto, nampak seorang wanita misterius berada di belakang si pemuda. Teman-temannya tidak ada satupun yang melihat sosok wanita itu saat di lokasi di mana foto itu diambil. Lalu berkembang spekulasi tentang penampakan hantu wanita itu, dengan klaim dan cerita yang berkembang dengan lokasi yang berbeda-beda.

Klaim lain yang membuat foto itu menjadi viral adalah pesan yang mengatakan seorang petugas keamanan telah mengirimkan foto itu kepada 13 orang, tidak lama ia dipromosikan naik jabatan. Seorang pebisnis menerima kiriman foto itu dan menghapusnya, sialnya dalam waktu 13 hari ia mengalami kebangkrutan.

Seorang buruh juga dikabarkan menerima kiriman foto itu dan mencoba mengirimkan kembali kepada 13 orang, dalam beberapa hari ia dipromosikan naik jabatan dan semua masalah hidupnya dapat dengan mudah terselesaikan. Jadi jika Anda mengirimkan foto itu kepada 13 orang maka Anda akan mendapatkan keberuntungan, namun sebaliknya jika Anda menghapusnya maka nasib sial akan menghampiri Anda.

Hoax atau Fakta: HOAX

ANALISIS

Gambar penampakan hantu kuntilanak di belakang seorang pemuda telah beredar secara luas sejak beberapa tahun ke belakang, dengan banyak klaim dan lokasi. Klaim aneh yang sangat menghebohkan bahwa foto itu harus dikirimkan kepada 13 orang jika Anda tidak ingin bernasib sial. Klaim yang beredar tidak memiliki bukti valid dan hanya omong kosong.

Foto itu membuat ketakutan di beberapa wilayah terutama dengan klaim yang cukup bombastis, tidak ada satupun laporan yang dapt dipercaya untuk memvalidasi klaim yang pada umunya berhubungan dengan paranormal dengan pesan berantai.

Foto penampakan kuntilanak itu merupakan hasil olah digital editing gambar, foto itu berawal dari berita lama yang populer di India. Pada tahun 2003, situs ananova.com melaporkan bahwa sebuah koran lokal Thanthi di Selatan Tiruchi, telah melakukan tipuan dengan menerbitkan penampakan foto hantu itu.

Polisi India menyatakan bahwa anak-anak banyak yang tidak berani berangkat ke sekolah setelah sebuah koran lokal menerbitkan foto hantu yang mengakibatkan ketakutan. Petugas mengatakan bahwa foto yang diterbitkan surat kabar Thanthi adalah Palsu hasil olah digital komputer.

Foto yang menunjukan seorang pemuda dengan penampakan hantu perempuan tanpa kaki dengan rambut panjang dan tatapan mata yang kosong berada di belakang si pemuda. Cerita yang terbitkan koran tersebut mengklaim bahwa pemuda itu bersama teman-teman kampusnya dari Bangalore yang sedang mengunjungi tempat wisata di sebuah bukit, si pemuda di kabarkan mengalami koma setelah melihat hasil fotonya. Cerita itu disebarkan oleh surat kabar lainnya hingga menyebabkan kepanikan besar yang menghantui penduduk setempat.

Penduduk setempat tidak ada yang berani mengunjungi bukit Pulianjolai, bahkan banyak orang tua yang memutuskan tidak lagi bekerja dan memilih menjaga anak-anaknya di rumah setelah kabar yang beredar mengatakan hantu itu mengincar anak laki-laki.

Polisi setempat mulai bertindak dengan melakukan pemberitahuan dan kampanye akan kesadaran masyarakat untuk selalu mengekspos penipuan yang telah dilakukan media dengan menerbitkan foto palsu hingga meresahkan masyarakat.

Menurut pihak kepolisian K N Sathiyamurty, ia mengatakan bahwa beberapa orang iseng telah mengambil gambar dari internet dan menciptakan teror dengan menggunakan foto lama.


GAMBAR HANTU WANITA

Gambar hantu wanita berasal dari foto lama Graveyard Ghost yang sangat terkenal. Kisah itu berawal ketika seorang wartawan Inggris mengambil gambar pasca Perang Dunia II di pemakaman tua di Malaysia, Tanpa disengaja sosok hantu wanita muncul dalam hasil jepretannya. Menurut cerita, wanita itu adalah seorang gadis Melayu yang diperkosa dan dibunuh secara brutal oleh tentara Jepang pada masa Perang Dunia II.


The photo is old and it was taken after the world war 2, it was supposedly taken by a British photographer in an old Malayan cemetery.

When the photographer took the picture he didn't see anything unusual, but when he developed it, there was a Malayan girl in it. Soon as he saw the picture, he began to have nightmares. She supposedly appeared in his dreams trying to say something (I'm figuring its "you have eaten a bad curry"). She was not at peace or she was pissed...I'm not sure which one........ And then for some strange reason the British photographer then turned into a witch doctor .......bad curries will do that..... and found out that this ghost belonged to a restless soul (maybe it was something she ate too?). The sponsor of this photo is Mylanta, available in both liquid and tablet form.

The story continues.........The girl was supposedly raped and brutally murdered by a Japanese soldier in WWII, so she is searching for who did it to avenge her death. She will visit every house to find her murderer (boy she'll be busy!!). There is apparently only one way to stop her (from what?.....visiting every house or turning people into witch doctors?). Of course you are supposed to send this e-mail on to 50 other people or else - GASP!!!!!!!!!!!! you might become a witch doctor, or be haunted by a bad curry.....that's a threat NOT TO BE TAKEN LIGHTLY!

KESIMPULAN

Foto penampakan hantu kuntilanak di belakang seorang pemuda adalah hasil manipulasi olah digital. Cerita dan pesan terkait foto itu adalah palsu dan tidak ada bukti valid yang dapat dipercaya. Sedangkan foto hantu wanita di makam tua di Malaysia keasliannya masih kontroversi, namun klaim cerita yang mengatakan wanita itu hendak balas dendam dan menghantui setiap rumah untuk mencari pelaku yang telah memperkosa dan membunuhnya secara brutal dan harus mengirimkan foto itu kepada 50 orang untuk menghindarai nasib sial adalah hoax.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon