05 November 2016

Seekor Beruang Besar Menjadi Saksi Pernikahan di Rusia?


Baru-baru ini media sosial dihebohkan tentang berita seekor beruang coklat menjadi saksi pernikahan di Rusia. Media online Indonesia ramai memberitakan momen unik penikahan Denis dan Neyla yang diadakan di kota Moskow, Rusia.

Dua versi lainnya mengatakan Beruang itu memimpin pernikahan dan abad-21 beruang hadir diacara pernikahan aneh.

Berikut artikel berita dari tempo.co, tribunnews.com, brilio.net.

Sebuah upacara pernikahan unik terjadi di Rusia ketika seekor beruang menjadi fokus utama dari acara sakral tersebut.

Biasanya, pengantin pria dan wanita yang akan menjadi fokus utama ketika melangsungkan pernikahan. Namun berbeda dengan yang terjadi di Rusia ketika sepasang pengantin “mengundang” seekor beruang besar pada hari istimewa mereka itu baru-baru ini.

Menurut laporan portal Daily Mail, Denis dan Neyla—yang masing-masing berusia 30 tahun dari Moskow—menggunakan beruang yang bernama Stepan ini sebagai pembawa cincin pada upacara pernikahan mereka.

Bahkan hewan seberat 133 kilogram itu turut memakai dasi kupu-kupu warna hitam pada acara pernikahan tersebut, sehingga menarik perhatian undangan yang hadir. Selain membawa cincin, Stepan membawakan buket bunga pengantin wanita bagi Neyla.

Lebih mengagumkan lagi, beruang setinggi 2,1 meter itu terlibat penuh selama pernikahan berlangsung, termasuk sesi foto bersama pengantin. Beruang jantan tersebut beraksi seolah-olah menjadi pendeta yang sedang memberkati pernikahan Denis dan Neyla.

Dalam foto-foto yang diunggah pasangan tersebut, terlihat aksi hewan itu sangat menggemaskan. Dalam satu pose tampak Stepan tengah mencium mempelai wanita.

Denis mengatakan Stepan merupakan beruang yang jinak, tapi mereka tetap berhati-hati untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. "Ini merupakan pengalaman yang hebat ketika berfoto dengan Stepan. Kami akan mengingat kenangan manis ini selama-lamanya," katanya.

Stepan disewa oleh pasangan tersebut dari pasangan Rusia lainnya, Svetlana dan Yuriy Panteleenko. Svetlana dan Yuriy mengadopsi Stepan sejak berusia 3 tahun setelah hewan itu kehilangan induknya.

Stefan sekarang berusia 23 tahun dan kejinakannya terhadap manusia menjadikannya populer. Pada Mei tahun ini, Stepan menjadi beruang terpopuler di dunia, ketika ia tampil dalam beberapa majalah dan situs media sosial.

Hoax atau Fakta: Kemungkinan Besar Hoax



ANALISIS

Menurut cerita yang beredar, seekor beruang menjadi saksi penikahan pasangan asal Rusia, Deny Kalashnikov dan Nelli Ilyasova (Neyla). Cerita itu banyak diterbitkan media besar Internasional, namun kebenaran cerita itu terindikasi hoax.

Situs berita BuzzFeed.com pada 2 November 2016 menerbitkan artikel hasil penyelidikan mereka terkait kebenaran dari klaim cerita. Mereka menyelidiki nama kedua pengantin melalui Facebook hingga mencari identitas beruang tersebut.

Dalam penelusurannnya di Facebook, akun dengan nama Nelli Ilyasova dan Denis Kalashnikov tidak saling mengenal, kedua akun masing-masing tidak ada dalam "daftar teman". Bagaimana mungkin mereka menikah sedangkan akun mereka tidak saling berteman? Bahkan kedua akun tidak ada hal yang menunjukan adanya pernikahan, dan akun mereka nampak biasa tidak ada tanda-tanda mereka pernah menikah. Selain itu akun Facebook milik Nelli Ilyasova berstatus 'single' dan tinggal di kota Kazan, yang letaknya 800 kilometer dari kota moskow dimana mereka melangsungkan pernikahan.

BuzzFeed telah mencoba menghubungi Denis dan Nelli untuk bertanya perihal pernikahan mereka yang menjadi viral di internet, namun mereka tidak menanggapinya. Bahkan sang fotografer Olga Barantseva juga dihubungi, BuzzFeed mengatakan bahwa dia akan berbicara memberikan keterangannya hanya pada "acara komersial" dan itu harus melalui agen dan juga mereka harus membeli semua foto-fotonya sebelum melakukan wawancara. Setelah BuzzFeed membeli foto-fotonya melalui Caters News Agency dan mencoba menghubungi kembali Barantseva untuk meminta keterangannya, namun ia menolak.

Berikut beberapa bukti hasil investigasi BuzzFeed yang mengindikasikan cerita itu sangat diragukan dan foto itu hanya sesi pemotretan biasa (bukan pernikan resmi):


  • Fotografer, Olga Barantseva, sebelumnya telah banyak melakukan sesi pemotretan foto beruang yang sama yang banyak ditampilkan.

  • Fotografer bersikeras menyuruh BuzzFeed membeli foto-foto sebelum dia diwawancarai dengan BuzzFeed, namun kemudian ia tetap masih menolak berkomentar.

  • Pasangan pengantin, Denis dan Nelli, mereka tidak saling terhubung pada media sosial. Jika benar pernikahan itu pernah terjadi, setidaknya mereka tidak akan merasa berat memberikan keterangannya kepada BuzzFeed. Mereka juga tidak mencantumkan ataupun menyebutkan pernikahannya pada akun mereka.

  • Beruang jinak dikenal bernama Stepan, kemungkinan dia tidak akan bisa dimintai keterangan oleh BuzzFeed

  • Pengantin wanita, Nelli Ilyasova mencantumkan status 'single' pada akun Facebook miliknya dan juga tidak tinggal di Moskow, kota di mana pernikahan tersebut konon diselengarakan.


Beruang coklat bernama Stepan adalah beruang jinak yang selalu dipesan secara rutin untuk sesi pemotretan dan sering tampil di televisi. Barantseva banyak mengabadikan momen pada banyak kesempatan bersama Stepan dalam jepretan foto.




Catatan lainnya menunjukan Pengantin pria, Denis Kalashnikov dan fotografer Barantseva sebelumnya pernah bekerjasama yang dimana Denis menjadi modelnya. Gambar di bawah menunjukan foto Denis yang diposting di akun instagram Barantseva. Rianna Dzabrailova, desainer gaun pengantin, mengatakan kepada BuzzFeed bahwa sang fotografer dan pengantin wanita telah bekerjasama menciptakan skenario menjelang pemotretan dengan Stepan si beruang.

Foto Denis di akun Instagram Baranthseva

Foto Denis di akun pribadi Facebook miliknya

KESIMPULAN

Berdasarkan bukti-bukti di atas, cerita tentang pernikahan Denis dan Nelli yang dipimpin oleh beruang bernama Stepan sangat meragukan. Kemungkinan besar foto-foto itu adalah sesi pemotretan biasa dan tidak ada hubungannya dengan pernikahan resmi. Semua pihak yang terlibat (fotografer dan kedua pengantin) tidak bersedia memberikan keterangannya sehingga dugaan pernikahan itu palsu semakin kuat.

Kami manyatakan bahwa cerita itu palsu 90%  (belum 100% ) hoax, karena belum ada keterangan resmi dari fotografer ataupun pasangan pengantin (mereka masih bungkam), hanya keterangan dari desainer gaun pengantin yang mengatakan bahwa foto itu adalah skenario pemotretan biasa.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon