25 November 2016

[Mitos VS Fakta] Manfaat Sperma Untuk Awet Muda


Banyak mitos yang beredar di masyarakat seputar kesehatan, salah satunya mitos yang menyatakan tentang manfaat sperma untuk awet muda atau mengencangkan kulit wajah. Sperma pada umumnya terkait dengan hubungan seks dan faktor terciptanya janin (bayi).

Kontroversi penggunaan sperma yang dianggap bermanfaat untuk wanita yang ingin awet muda dan kulit wajah agar selalu terlihat kencang. Banyak wanita yang mempercayainya dan tidak sedikit yang telah mempraktekannya.

Air mani (semen) mengandung sel sperma yang dipercaya mengandung protein, seng, magnesium, kalsium, dan kalium. Sperma berbentuk seperti kecebong, dan terbagi menjadi 3 bagian yaitu: kepala, leher, dan ekor. Kepala berbentuk lonjong agak gepeng berisi inti (nucleus). Bagian leher menghubungkan kepala dengan bagian tengah. Sedangkan ekor berfungsi untuk bergerak maju, panjang ekor sekitar 10 kali bagian kepala.

Beberapa fakta menarik tentang air mani (semen)

  • Air mani terkonsentrasi dari darah
  • Air mani adalah sekresi kompleks
  • Satu sendok makan air mani meliputi 5 hingga 25 kalori
  • Kandungan protein dalam air mani sangat mirip dengan protein yang ada pada putih telur

Tentang air mani

  • Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan air mani adalah nitrogen, kalsium, air, klorin, vitamin B12, seng, kalsium dll
  • Sekitar 5% wanita alergi terhadap air mani
  • Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh CNN pada 2003, menelan sperma tidak membantu mengurangi risiko kanker payudara
  • Paparan sperma secara teratur pada wanita sebelum kehamilan membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh untuk wanita hamil.

Sperma & Air mani

Banyak orang yang salah berpikir tentang air mani dan sperma yang menganggap keduanya adalah sama. Air mani dan sperma memiliki perbedaan cukup signifikan walaupun keduanya saling berhubungan, walaupun keduanya sama-sama keluar saat ejakulasi namun keduanya mempunyai pengaruh dan efek yang berbeda pada tubuh manusia. Sejatinya air mani adalah media atau tempat dimana sperma bertahan hidup dan berenang menuju sel telur wanita, kehidupan dan kualitas sperma sangat tergantung pada air mani.

Air mani atau semen adalah cairan kental keputihan yang keluar pada saluran reproduksi pria saat ejakulasi yang berisi sel-sel sperma. Fungsi utama air mani (semen) adalah untuk mengantarkan sel-sel sperma untuk membuahi sel telur yang dihasilkan oleh individu betina. Meskipun air mani keluar saat berhubungan seks, namun ia tidak bertanggung jawab pada kemahilan wanita. Namun, sel sperma yang mikroskopis adalah yang paling bertanggung jawab secara langsung bagi seorang wanita mendapatkan kehamilan.

Mitos air mani untuk kulit wajah

Beberapa wanita meyakini bahwa air mani dapat membuat kulit wajah mereka terlihat cantik dan menarik, karena mengandung protein yang dapat membuat kulit wajah menjadi sehat. Mitos itu dianggap tidak benar, namun masih banyak wanita meyakininya dan sering mempraktekan dengan mengoleskan air mani pada wajah mereka.

Air mani dianggap sebagai antioksidan kuat yang disebut spermine, yang banyak digunakan di tempat spa kecantikan di Amerika dan Eropa yang dikemas menjadi krim wajah untuk mengencangkan kulit. Dalam salah satu subplot yang cukup mengesankan dari Nip / Tuck, karakter wanita dalam acara tersebut memasarkan krim wajah yang terbuat dari air mani pria. Sensasi tersebuat akhirnya menjadi virus dan berkembang hingga mengabadikan praktek membalur wajah dengan menggunakan air mani: Editor Cosmopolitan Helen Gurney Brown, Melrose Place bintang Heather Locklear, seorang nenek berusia 67 tahun, dan masih banyak orang yang mempraktekannya.

Pro dan kontra dari air mani yang bermanfaat untuk kulit wajah adalah mitos yang tampaknya tidak berujung. Dr. Will Kirby, seorang dokter kulit di Beverly Hills mengatakan bahwa tidak hanya tidak ada bukti ilmiah bahwa air mani memiliki manfaat dermatologis, menggunakan air mani pada wajah Anda dapat berbahaya.

Dr Kirby memiliki banyak pengalaman secara pribadi dalam membantah mitos itu. Dalam wawancara bersama The Daily Beast, ia mengatakan bahwa ternyata bukan hanya remaja yang banyak membeli produk krim air mani dengan meminta dewan dermatologis - krim air mani yang bersertifikat. Apa yang mereka lakukan tidak dapat disalahkan, air mani dipercaya mengandung protein, seng, magnesium, kalsium, kalium, dan fruktosa. Salah satu amina dasar dalam air mani (spermine) juga telah disebut-sebut bermanfaat untuk kulit karena bertindak sebagai antioksidan. Dengan alasan itulah dimana spa di New York menawarkan perawatan wajah spermine dengan harga yang cukup mahal.

Protein, mineral, dan antioksidan? kandungan itu yang ada pada air mani terlalu dibesar-besarkan hingga seakan menjadi propaganda hingga menjadikan doktrin bahwa air mani adalah obat ajaib yang sangat mujarab. Ada yang lebih penting dan bermanfaat, banyak makanan dan buah-buahan yang dapat dimakan dengan harga yang lebih murah tanpa harus memboroskan uang hanya untuk perawatan kulit wajah Anda.

"Sementara orang yang sehat dengan selalu hidup sehat dan diet seimbang menghasilkan banyak vitamin dan mineral serta protein, manfaat itu lebih besar dan juga dapat menyehatkan kulit mereka namun mengapa sulit dipahami," kata Kirby.

Air mani memang cukup bermanfaat, namun sebelum mencobanya Anda harus mengetahui dan menghitung keuntungan potensial dari air mani, Anda harus tahu berapa banyak air mani yang harus Anda telan untuk benar-benar bermanfaat. Menurut Columbia University, dalam situs Go Ask Alice, Anda harus menelan satu galon air mani setiap hari untuk mendapatkan salah satu efek positif dari air mani. Kandungan gizi dari air mani masih sangat subjektif dan bervariasi tergantung pada usia dan diet manusia. Dan kemudian hasilnya akan berbeda-beda tergantung banyak faktor pada perbedaan setiap struktur tubuh dan usia manusia.

Ada banyak misinformasi tentang komposisi dari air mani, khususnya mengenai berapa banyak kalori dalam satu porsi khas air mani manusia. Jika melihat pada pencarian Google tentang kalori air mani, kita akan mendapatkan lebih dari 1,2 juta hasil pencarian, jawabannya sangat bervariasi, namun sebagian besar sumber mematok jumlah kalori air mani pada nilai antara 5-25 per porsi.

Namun, air mani dengan volume khas rata-rata 3,4 ml-mengandung kurang dari 1 kalori. Sama seperti minuman Diet Coke! cara menghitung kalori dari air mani menggunakan rumus macronutrients "4-4-9" (Dimana ada 4 kalori per gram protein, 4 kalori per gram karbohidrat, dan 9 kalori per gram lemak). Nilai protein dan kalori pada air mani tidak sebesar yang selama ini dipikirkan. Klaim yang menyatakan bahwa protein air mani hampir sama dengan protein pada putih telur, untuk mencocokan proteinnya  Anda harus meminumnya hampir 4 oz (setengah cangkir). Apakah Anda bersedia meminum air mani setengah cangkir untuk mendapatkan protein yang sama dari putih telur?

Rumor lainnya adalah bahwa ada banyak vitamin C dalam kandungan air mani pria seperti dalam kandungan jeruk. Itu adalah omong kosong sama seperti seseorang berkata bahwa ia sakit gigi namun tidak mempunyai gigi, jelas itu benar-benar omong kosong. Air mani memang mengandung banyak sekali seng (3% dari US RDA), yang diyakini sebagai antioksidan dan dapat memperlambat penuaan kulit dan otot. Jadi apakah kandungan seng benar-benar sangat bermanfaat untuk wajah Anda? Ya, tapi itu tidak akan maksimal seperti multivitamin yang lebih mudah didapatkan dan lebih aman.

"Banyak orang (wanita) terdiagnosis infeksi menular seksual (IMS) yang dapat menyebar ke selaput lendir (bibir, hidung dan mata) dengan mengaplikasikan air mani pada wajah atau menelannya ketika setelah pria ejakulasi pada hubungan seks," catatan Kirby.

Selain kemungkinan IMS, beberapa wanita juga alergi terhadap air mani, Kirby mengatakan: "Yang lebih mengkhawatirkan adalah kenyataan telah ada sejumlah kasus di mana seorang wanita menjadi alergi terhadap satu atau lebih dari protein pada air mani yang mengakibatkan alergi kontak dermatitis yang membuat kulit menjadi memerah dan meradang hingga edema ringan (pembengkakan)," kata Kirby.

Kondisi langka untuk protein tertentu pada air mani manusia atau yang dikenal sebagai "manusia mani hipersensitivitas plasma protein" - relatif jarang tapi bahayanya cukup nyata hingga  Anda lebih baik menghindari menggunakan air mani untuk perawatan wajah ataupun menelannya agar awet muda. Menurut catatan Dr Kirby, kasus alergi protein air mani yang sangat parah pada wanita jarang terjadi, tersentuh air mani bahkan dapat menyebabkan anafilaksis (dapat mengancam nyawa). Jika Anda tetap ingin mencoba air mani pada wajah, Anda harus siap mengambil risiko terbesar  dilarikan ke ruang gawat darurat.

KESIMPULAN

Dengan kandungan sperma yang bergizi dan mengandung protein, banyak wanita mempercayai menelan sperma bisa bikin awet muda. Namun hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah secara mendalam yang dapat membuktikan menelan sperma ataupun mengoleskan pada wajah dapat menghambat proses penuaan. Kemungkinan efek yang dapat terjadi hanyalah dampak psikis saja dari bagian kebutuhan seks pada pasangannya.

Sebelum Anda mencoba menggunakan air mani untuk perawatan kulit, Anda harus berpikir ulang efek negatif dari air mani bagi kesehatan. Air mani yang mengandung IMS bisa membawa penyakit bila Anda telan, apalagi jika ada lecet pada bagian mulut atau tenggorokan yang akan meningkatkan proses transmisi lebih tinggi. Alergi protein pada air mani juga cukup berbahaya bagi kulit wajah Anda dan yang terburuk Anda harus siap mendapatkan perawatan di ruang gawat darurat.

Masih banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan mempesona. Dengan gaya hidup sehat dan diet alami serta rutin menkonsumsi makanan sehat dapat memberikan manfaat kesehatan lebih dan juga meminimalisir risiko. Keputusan ada ditangan Anda! apakah akan mempercayai sesuatu yang diyakini walaupun tanpa bukti ilmiah atau melakukan hal yang jelas dan pasti yang telah banyak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon