19 November 2016

Kumpulan Hoax Teknologi


Peradaban manusia tidak lepas dari teknologi yang semakin berkembang menjadi sebuah kebutuhan utama dalam menunjang kehidupan. Banyak teknologi yang kita kenal saat ini tidak lepas dari sejarah karya para penemu masa lalu, namun ternyata banyak penemu palsu yang telah mengklaim menciptakan sebuah teknologi besar yang sempat menghebohkan di masanya.

Berikut 7 hoax teknologi yang tercatat dalam sejarah:

1. PESAWAT PALING CANGGIH


Pada awal Desember 1909, koran Amerika melaporkan bahwa seorang penemu dari Worcester, Massachusetts bernama Wallace Tillinghast, telah berhasil menciptakan pesawat paling canggih di dunia pada masanya. Karyanya diklaim mampu membawa tiga orang penumpang, menempuh jarak lebih dari 300 mil, dan dapat mempertahankan kecepatannya 120 mil per-jam.

Pesawat itu melampaui kemampuan dari semua peasawat yang ada saat itu, sebelumnya Wright bersaudara berhasil menerbangkan pesawatnya pertama kali pada tahun 1903. Pada Juli 1909, Louis Bleriot mulai terkenal di mata internasional dengan terbang melintasi Selat Inggris dengan jarak hanya 22 mil.

Pesawat karya Tillinghast membuat dunia penasaran, dia menggambarkan: "Pesawat udara yang memiliki sepasang sayap, dengan berat 1.550 pon, dengan lebar 72 kaki, dan dilengkapi dengan mesin listrik bahan bakar bensin dan kekuatan yang mencapai 120 tenaga kuda yang menggunakan kontruksi khusus. Kerangka dasar menggunakan bahan baja dengan panjang 35 kaki, dan bentuknya menyerupai layang-layang. Tidak peduli angin bertiup kencang, layang-layang (pesawat) ini dapat terbang sendiri dengan menggunakan mesin yang terpasang."

Banyak surat kabar Amerika yang melaporkan bahwa Tillihast telah menguji pesawatnya dengan terbang sejauh 300 mil dan kembali pada bulan September, pesawat berhasil mengitari Patung Liberty. Selama uji penerbangan, salah satu silinder dalam mesin rupanya tidak berfungsi, namun Tillinghast mengatakan ia berhasil memperbaikinya saat berada di ketinggian 4000 kaki selama 40 menit. Yang paling luar biasa dari semua klaimnya, Tillinghast melakukan uji terbang pesawatnya pada malam hari.

Dari semua klaim yang telah ia paparkan kepada surat kabar Amerika, Tillinghast menolak untuk memperlihatkan pesawatnya. Dia beralasan bahwa ingin menjaga kerahasian dari pesawatnya agar orang lain tidak mencuri ide-idenya, sehingga dia dapat menjadi pemenang di acara kontes di Boston pada tahun depan. Dia tetap memberikan keyakinan kepada media bahwa ia akan mempertontonkan demontrasi pesawatnya di depan publik pada Februari 1910.

Dibalik klaimnya yang sangat luar biasa, tidak sedikit orang yang skeptis atas semua klaim Tillinghast. Wilbur Wrigth dengan sangat tegas tidak mempercayai klaim Tillinghast, ia mengatakan "terlalu jelas itu tidak masuk akal sejak pertama kali itu dianggap serius."  Walaupun banyak yang skeptis, banyak yang menganggap Tillinghast tidak mungkin seorang penipu karena dia orang yang cukup terhormat karena menjabat sebagai Wakil Presiden dari perusahaan manufaktur di Worcester.

Akhirnya orang-orang di seluruh New England banyak yang melihat dan melaporkan penampakan pesawat Tillingham. Pada malam 22 Desember 1909 ribuan orang melaporkan telah melihat pesawat terbang melintas di langit kota Worcester. Nampak jelas sebuah benda terbang seperti elang raksasa terlihat di langit kota, seorang pria mengklaim bahwa ia melihat dengan jelas kerangka pesawat itu dan pria lainnya melihat dua orang duduk di pesawat itu.

Banyak wartawan mencoba menyelidikinya dan mencari jejak pesawat yang selalu terlihat pada malam hari. Beberapa orang menganggap bahwa yang dilihat warga Worcester sebenarnya planet Venus yang terlihat cukup terang di malam hari. Pada akhir Desember 1909, CD Rawson dari Worcester tampil dan mengakui bahwa ia yang bertanggung jawab atas semua penampakan yang dilihat oleh warga, ia mengklaim telah menempelkan lentera kecil dengan lampu reflektor ke bagian kaki beberapa burung hantu dan apa yang dia lakukan hanyalah sebuah lelucon. Namun klaim dari Rawson apakah benar atau hanya mencari sensasi agar namanya menjadi terkenal, hingga saat itu tidak diketahui. Secara logika sulit untuk dipercayai burung hantu dengan lentera kecil di kaki akan terlihat seperti pesawat terbang.

Tillinghast tetap tidak dapat menunjukan buktinya dan juga secara terbuka tidak pernah mengakui bahwa pesawatnya yang luar biasa adalah tipuan. Namun pada Februari 1910 seperti yang telah dijanjikan, Tillinghast tidak mampu memberikan bukti pesawatnya akan tampil di depan publik. Media tetap menyimpulkan bahwa pesawat Tillinghast memang ada dengan melihat tanda-tanda pesawat terlihat di Worcester, walaupun hanya terlihat pada malam hari saja.

J. walter Flagg, direktur New England Aero Club, Mengeluarkan pernyatannya dari apa yang telah ia rangkum dari opini publik: "Saya percaya orang ini adalah faker (penipu), klaim yang telah dia ciptakan sangat tidak mendasar, dan saya tidak percaya dia telah melakukan penerbangan tunggal ... Saya telah melakukan penyelidikan dan tidak menemukan satu pun fakta untuk menjamin kebenaran dari semua klaimnya." Hingga akhir hayatnya Tillingham tidak mampu menunjukan pesawat ciptaannya, semua klaim yang telah ia ungkapkan tidak pernah terbukti.

Referensi

Wikipedia (Wallace Tillinghast)
Museum of Hoaxes (The Worcester Aeroplane Hoax)
Popular Mechanics (Mysterious Aeroplane a Hoax)

2. METODE MURAH MENDULANG EMAS DARI AIR LAUT


Pada kahir tahun 1896, Pdt Prescott Ford Jernegan, Seorang pendeta dari sebuah Gereja Baptis di Middletown, Connecticut, menawarkan sebuah metode murah dan efektif mendulang emas dari air laut kepada Arthur Ryan. Jernegan mengklaim telah menemukan cara murah mendulang emas dari air laut, dia mengatakan bahwa teknik yang telah dia ciptakan telah mengungkap sebuah visi surgawi.

Dia menawarkan kepada Ryan untuk menguji penemuannya dan jika hasil temuannya sangat mengesankan maka selanjutnya Ryan dapat bergabung dalam membangun sebuah perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil temuannya.

Jernegan menyebut perangkat hasil temuannya sebagai "Akumulator Emas". Alat itu terdiri dari sebuah kotak kayu dengan lubang yang menyilang untuk memungkinkan bagiannya bebas dari air. Di dalam kotak terdapat panci yang diisi merkuri yang dicampur dengan bahan rahasia, arus listrik masuk ke dalam merkuri melalui kawat yang melekat pada baterai kecil. Seluruh peralatan nantinya akan di turunkan ke dalam air laut dan dibiarkan semalaman, campuran merkuri yang teraliri listrik nantinya akan menyedot logam emas dari dalam air laut. Ketika pagi hari peralatan akan diangkat dan akan menjaring banyak emas.

Ryan akhirnya setuju untuk menguji penemuan Jernegan, untuk menjamin agar tidak ada tipuan, Jernegan mengatakan bahwa ia tidak akan hadir selama pengujian. Dia hanya memberikan perangkat dan cara penggunaannya kepada Ryan.

Kandungan emas pada air laut sebelumnya telah ditemukan oleh seorang kimiawan Inggris Edward Sonstadt pada tahun 1872. Ia memperkirakan ada sekitar satu butir emas dalam setiap satun ton air laut. Hal itu kemudian dikompirmasi oleh kimiawan Australia Archibald Liversidge yang lebih memperjelas ada $ 48.000.000.000.000 senilai emas di lautan. Fakta itu secara luas mulai dikenal pada tahun 1896, namun fakta itu tidak dapat dimanfaatkan secara komersial karena tidak menguntungkan dengan biaya yang harus dikeluarkan dalam proses penggalian emas dari air laut lebih besar dibanding hasil yang didapatkan. Namun, tampaknya fakta yang telah diungkapkan kedua kimiawan itu dimanfaatkan oleh Jernegan untuk membuat solusi yang lebih menguntungkan.

Pada awalnya semua berjalan dengan lancar, perusahaan telah dibangun dan berencana untuk lebih meningkatkan jumlah akumulator. Para investor mulai berdatangan dan mereka berlomba-lomba menghitung setiap keuntungan yang akan mereka dapatkan. Namun pada bulan Juli 1898 Jernegan menghilang, ia dikabarkan melarikan diri ke Eropa dengan menggunakan nama samaran, Selain itu asistennya yang misterius, Charles Fisher juga pergi tanpa jejak yang sebelumnya menjadi banyak perhatian karena menduduki peran penting dari perusahaan yang dibangun Jernegan.

Setelah Jernegan dan Fisher melarikan diri, perusahaan akumulator emas menjadi berhenti, tidak ada lagi emas yang datang dari kedalaman air laut. Para investor akhirnya menyadari bahwa mereka telah tertipu dan bahan rahasia yang diperlukan dalam akumulator emas ternyata adalah Fisher. Fisher adalah seorang penyelam profesional, selama proses pengujian awal akumulator emas ia menyelam untuk mengganti merkuri dengan menaruh emas pada akumulator. Fisher membeli emas batangan di Boston lalu dibawa ke Lubec, di mana emas itu disajikan dalam akumulator kepada para investor sebagai bukti yang akan mereka dapatkan. Namun ketika para investor telah banyak memberikan uangnya, Jernegan dan Fisher melarikan diri dengan membawa uang para investor sekitar $ 200.000.

Referensi

Lubec, Maine (Klondike: Lubec's Gold from Sea Water Hoax)
Museum of Hoaxes (The Gold Accumulator)

3. TELEVISI BERWARNA PERTAMA


April mop yang paling terkenal di Swedia adalah sebuah tipuan yang terjadi pada 1 April 1962, yang dilakukan oleh SVT (Syeriges Television). SVT adalah satu-satunya saluran televisi di Swedia saat itu dan masih menyiarkan setiap acaranya dengan warna hitam-putih.

Stasiun televisi tersebut mengumumkan bahwa "ahli teknisi" mereka Kjell Stensson, berencana akan menayangkan sebuah proses yang memungkinkan pemirsa untuk melihat tayangan acara dengan tampilan berwarna pada set hitam-putih yang ada. Siaran akan menayangkan Stensson yang duduk di depan televisi yang berada di dalam studio, dia mulai menjelaskan bagaimana proses tampilan televisi menjadi berwarna.

Dengan penjelasan yang sangat teknis, Stensson mulai meyakinkan pemirsa bahwa mereka bisa mendapatkan tampilan televisi berwarna dengan menggunakan beberapa bahan sederhana yang ada di rumah. Bahan yang digunakan adalah stoking nilon yang paling cocok untuk digunakan menutupi layar televisi yang nantinya layar akan berubah menjadi berwarna.

Stensson meminta pemirsa untuk memotong sepasang stoking lalu menepelkan pada layar televisi. Stensson juga memperingatkan agar pemirsa harus duduk pada jarak yang tepat dari layar televisi agar mendapatkan efek yang lebih maksimal. Ia juga meminta untuk menggerakan kepala bolak-balik dengan hati-hati agar selaras dengan warna spektrum.


Ribuan penonton akhirnya menyadari bahwa mereka telah tertipu, mereka sebelumnya berusaha mencari stoking nilon milik nenek atau ibunya untuk digunakan pada layar televisi. SVT akhirnya mulai menyiarkan acara mereka menjadi berwarna empat tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1966. Siaran berwarna secara reguler dimulai di Swedia pada tanggal 1 April 1970.

Selama tahun 1960-an, Norwegia TV melakukan tipuan serupa, pemirsa diberitahu bahwa jika mereka mematikan semua perangkat listrik kecuali televisi, mereka akan mendapatkan tayangan televisi berwarna. Banyak pemirsa yang patuh mematikan semua perangkat listrik di rumah untuk menyaksikan tayangan televisi berwarna.

Pada tanggal 1 April 2004, surat kabar terbesar Swedia, Dagens Nyheter, mencoba membuat tipuan sama dengan ponsel lama. Dalam laporannya Hubert Hochsztapler, seorang peneliti di Sekolah teknik tingkat atas Swedia telah menemukan terobosan yang mengejutkan: "Jika Anda mempunyai ponsel GSM generasi kedua (2G), Anda dapat mengakses menjadi teknologi tinggi generasi ketiga terbaru (3G), yang seharusnya dapat digunakan hanya untuk ponsel dengan teknologi 3G." Dengan kata lain pengguna dapat menikmati jaringan frekuensi 3G walaupun menggunakan ponsel lama dan dapat menonton film di ponsel dengan cepat.

Referensi

Museum of Hoaxes (Instant Color Tv)

4. KOMPUTER RUMAH SEJAK TAHUN 1954


Pada tahun 1954 para ilmuwan dari RAND Corporation telah menciptakan model komputer rumah yang terlihat seperti tahun 2004. Teknologi komputer yang mereka ciptakan tidak akan layak karena tidak ekonomis untuk digunakan di rumah karena ukuran dan daya yang sangat besar. Para ilmuwan juga mengakui bahwa teknologi yang mereka ciptakan belum benar-benar dapat berfungsi dengan baik untuk diterapkan di rumah, namun setelah 50 tahun perkembangan teknologi yang semakin pesat diharapkan dapat memecahkan masalah yang belum mereka temukan.

Cerita itu menyertakan sebuah gambar yang cukup menarik dengan secara luas beredar melalui pesan e-mail, internet, forum, dan kemudian menyebar melalui media sosial. Para ilmuwan RAND pada tahun 1954 telah meramalkan dan juga menciptakan komputer rumah yang akan  muncul pada tahun 2004,  gambar hitam-putih menunjukan sebuah mesin elektronik yang besar dan seorang pria berdiri disamping mesin komputer tahun 1954.

Beberapa versi menyatakan bahwa gambar yang dimaksud berasal dari majalah Popular Mechanics edisi tahun 1954. Namun, semua cerita itu hanyalah omong kosong karena gambar itu palsu hasil olah digital photoshop. Gambar sebenarnya menunjukan komponen ruang kontrol kapal selam, gambar itu diambil dari situs web Angkatan Laut Amerika Serikat chinfo.navy.mil.


Gambar yang diklaim komputer rumah karya ilmuan RAND tahun 1954, sebenarnya gambar kompetisi photoshop tahun 2004 yang diadakan oleh situs Fark.com yang meminta gambar mock-up dari ruang kontrol kapal selam untuk diphotoshop. Dalam catatan, gambar itu diposting oleh pengguna dengan nama lukket.

Referensi

Fark.com (Photoshop this mock-up a submarine's maneuvering Room)

5. ROBOT MINI COOPER

Pada 2004, website Colin Mayhew menawarkan sebuah teknologi eksentrik dari mobil Mini Cooper yang dapat berubah menjadi robot. Para insinyur telah menciptakan sebuah teknologi robot mencegah tabrakan menggunakan BMW Mini Cooper R50. Dalam sebuah video menunjukan robot humanoid tengah melakukan aksinya menghentikan mobil lain yang akan menabrak dinding.


Dalam halaman web melaporkan tentang robot humanoid berkeliaran di jalan-jalan kota London dan Oxford, mereka muncul entah dari mana. Website Casson Publishing dalam katalognya Men of Metal: "Eyewitness Accounts of Humanoid Robots, oleh Rowland Samuel."

Dalam kenyataannya Robot Mini Cooper adalah bagian dari kampanye marketing yang telah dirancang uktuk iklan dari Crispin Porter & Bogusky dalam mempromosikan produk terbaru Mini Cooper.


Referensi

Museum of Hoaxes (The Mini Cooper Autonomuos Robot)

6. iPhone iOS 7 Anti Air


Ketika Apple meluncurkan produk iOS 7, beredar sebuah iklan mengatasnamakan Apple mengklaim bahwa sistem operasi mereka dapat memungkinkan iPhone dan iPad menjadi anti-air. Dengan desain yang sederhana, iklan tersebut ternyata palsu meniru dengan sangat mirip dengan iklan Apple, salah satu paragraf bahkan menulis 'Update untuk iOS 7 dan menjadi tahan air'. Proses kerja yang mereka klaim dapat mematikan ponsel ketika perangkat mendeteksi air. Dengan deteksi ini dapat memungkinkan perangkat iOS 7 akan otomatis mematikan seluruh sistem ketika mendeteksi adanya air untuk mencegah kerusakan ponsel.

Iklan yang sebenarnya ditujukan hanya untuk lelucon, menyebabkan banyak pemilik iPhone tertipu dan mencoba memasukan ponsel mereka ke dalam air hingga akhirnya perangkat menjadi rusak. Iklan palsu itu banyak menyebar di media sosial, banyak pengguna yang menjadi korban memposting di Twitter ponsel mereka yang rusak akibat dimasukan ke dalam air akibat dari iklan palsu itu.


Tipuan yang mirip juga pernah beredar dengan menyatakan bahwa Anda bisa membuat lubang headphone sendiri untuk iPhone 7. Dalam video yang beredar di Youtube menawarkan sebuah solusi bagi pemilik iPhone 7 yang ingin ponsel mereka memiliki lubang jack headphone. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar, dengan hanya menyiapkan bor dengan ukuran 3,5mm lalu bor bagian belakang ponsel untuk lubang headphone. Banyak pemilik iPhone 7 telah tertipu oleh video tutorial palsu itu.


Referensi

Quertime (5 Technology Hoaxes & Fake Ads that Successfully Fooled the World)
Naked Security (Don't drill a headphone jack hole into your iPhone 7! It's a hoax)

7. KENTANG SPUD SERVER


Kentang telah lama dikenal mampu memberikan energi daya pada perangkat elektronik. Website Spud Server mengklaim mampu membuat konsep yang lebih maju dengan memanfaatkan kentang untuk daya server PC. Banyak pengunjung situs mengagumi prestasi teknologi dengan inovasi kreatif dari kentang dan mencobanya.

Prestasi teknologi yang sangat menakjubkan dengan memanfaatkan kentang untung server PC membuat beberapa media tertarik untuk membuat artikel beritanya, seperti USA Today dan BBC News. Dengan semakin banyaknya outlet berita dan situs mengangkat beritanya, situs Spud Server akhirnya kian populer dan puncaknya pada Mei 2000. Pemilik situs Steve Harris, berpikir tentang semakin luasnya penyebaran berita terebut dan mulai merasa bersalah telah menipu banyak orang. Akhirnya ia mengakui semua kesalahannya atas tipuan yang ia buat, dia mengatakan kepada USA Today, "setelah semua itu mulai diekspos media, kami menyatakan bahwa klaim itu tidak nyata (maaf). Setiap kali kami melakukan wawancara, kami teru berpikir, 'ini adalah yang terakhir.' ... Tapi itu menjadi seperti bola salju yang menggelinding tanpa bisa untuk dihentikan."


Referensi

Museum of Hoaxes (Spud Server)
Totl.net (Spud)

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon