18 November 2016

Hanya 48 Jam Jepang Berhasil Memperbaiki Jalan Rusak Dengan Lubang Besar?


Baru-baru ini banyak outlet berita online menerbitkan sebuah laporan yang menyatakan sebuah lubang besar di jalan raya di Jepang berhasil diperbaiki hanya dalam waktu 48 jam saja.

Berikut artikel berita dari brillio.net.

Foto fenomena sinkhole (lubang runtuhan) di sebuah jalan di kota Fukuoka, Jepang sempat menjadi viral sejak kemarin. Sinkhole terjadi karena hilangnya lapisan tanah atau bantalan batuan.

Sinkhole tersebut membuat jalan rusak parah dengan diameter lubang sekitar 20 meter. Tragedi ini juga mengakibatkan listrik padam serta kebocoran gas. Bahkan orang-orang yang tinggal di gedung dekat jalan itu diimbau untuk mengungsi. Untungnya, tidak ada korban dalam insiden ini.

Kerennya, pemerintah langsung tanggap untuk mengatasi bencana tersebut. Dalam hitungan 48 jam, jalan ambrol itu langsung balik seperti semula. Setelah dua hari pengerjaan, pemerintah langsung memberitahukan jika jalanan sudah aman untuk digunakan kembali sebagaimana dikutip brilio.net dari The Guardian, Selasa (15/11).

Walikota Fukuoka, Soichiro Takashima mengatakan bahwa lapisan yang digunakan untuk menyangga jalan tersebut kuatnya 30 kali lipat dibandingkan dengan konstruksi sebelumnya.

Tribunnews.com

Tak hanya menimbulkan lubang besar, bencana ini rupanya juga merusak badan jalan dan beberapa bagian gedung yang berada di sekitarnya.

Kendati demikian, pemerintah Jepang hanya membutuhkan waktu 48 jam untuk memperbaiki lubang besar tersebut hingga rampung terselesaikan.

Hoax atau Fakta: Disinformasi

ANALISIS

Kemampuan Jepang dalam memperbaiki jalan memang tidak diragukan, namun jika hanya dengan waktu 48 jam mampu memperbaiki lubang di jalan raya dengan luas 30 meter, itu suatu hal yang tidak masuk akal. Cerita itu terlalu dibesar-besarkan dan secara logika sangat sulit dilakukan.

Mari kita menggunakan akal sehat, sebuah karya besar memperbaiki jalan raya dengan lubang seluas 30 meter tidak akan mungkin dapat selesai hanya dalam waktu 48 jam walaupun dikerjakan nonstop siang malam. Klaim itu sangat konyol karena memperbaiki lubang 30 meter bukan hanya sekedar mengisinya dengan pasir dan semen, banyak yang harus diperbaiki seperti kabel, terowongan bawah tanah dan lainnya, yang akhirnya memasang aspal dan menyempurnakannya agar tidak kembali rusak.

Pekerjaan memperbaiki jalan dengan lubang 30 meter bukan hanya menambal seperti jalan berlubang yang biasa kita temuai di jalanan di Indonesia. Berita itu mengambil sumber dari media Inggris The Guardian, namun dalam artikelnya tidak menyebutkan bahwa perbaikan itu selesai dalam waktu 48 jam, tidak seperti media online Indonesia beritakan. Dalam artikelnya The Guardian menyatakan bahwa waktu 48 jam hanya untuk mengisi bagian dalam lubang, bukan selesai secara keseluruhan.

Insiden jalan runtuh hingga menyebabkan lubang besar dengan luas 30 meter dan kedalaman sekitar 15 meter terjadi pada 8 November 2016, jalan selesai diperbaiki dan kembali dibuka untuk umum pada 15 November 2016. Secara hitungan ilmu matematika ataupun ilmu apapun, jarak dari tanggal 8 ke 15 tidak mungkin 48 jam (2 hari). Perbaikan jalan dengan kondisi yang cukup parah di Jepang dapat diperbaiki hanya dalam waktu seminggu, itu waktu yang sangat singkat, tapi bukan 2 hari.


Berikut video proses perbaikan jalan yang diambil dari CCTV



Sebelumnya pada tahun 2011, Jepang pernah dihantam gempa bumi dan tsunami yang menghancurkan beberapa kota. Jepang berhasil memperbaiki jalan di kota Naka yang yang porak poranda dalam waktu 6 hari.


Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon