18 November 2016

Donald Trump Disebut-sebut Yatim Dari Pakistan Bernama Dawood Ibrahim Khan: Hoax!


Presiden Amerika terpilih, Donald Trump, kembali menjadi buah bibir di dunia maya setelah fotonya semasa kecilnya beredar. Trump dikabarkan lahir di Pakistan dengan nama asli Dawood Ibrahim.

Berikut artikel berita dari TribunNews:


Melalui sebuah tayangan televisi, Neo News menyebut Trump sebenarnya lahir di Waziristan pada 1946 dengan nama Dawood Ibrahim Khan.

Ia besar di sana hingga 1955 setelah diadopsi oleh keluarga Amerika tak lama setelah kematian orangtuanya.

Saluran ini tak lupa menampilkan wajah Trump kecil ketika masih di Pakistan.

“Calon Presiden Donald Trump lahir di Pakistan dan tidak di Amerika,” sebut sang reporter dalam laporan itu.

Meski demikian, Neo News juga meneggaskan bahwa pihaknya bukan sumber utama cerita ini. Semuanya berawal dari cuitan seseorang yang tak dikenal yang menyebut bahwa Donald Trump lahir dari keluarga muslim. Selengkapnya

Hoax atau Fakta: Hoax

ANALISIS

Cerita itu berawal pada Oktober 2016 di Pakistani's Hindi saluran Neo News yang menyatakan bahwa Donald Trump lahir di sebuah keluarga Muslim di daerah Waziristan Utara Pakistan pada 14 Juni 1946 dengan nama asli Dawood Ibrahim Khan. Kisah selanjutnya dikatakan bahwa setelah orang tuanya meninggal dunia dalam kecelakaan mobil, Trump kecil dibawa ke London oleh seorang tentara Inggris-India berpangkat kapten sebelum diadopsi oleh keluarganya sekarang. Trump kecil dibawa ke Amerika pada tahun 1955, sebuah foto anak pirang dengan latar belakang padang pasir diklaim sebagai Trump kecil. Neo News menyebutkan bahwa cerita mereka tentang perjalanan hidup Trump semasa kecil di Pakistan menjadi viral dan banyak diterbitkan di outlet berita online dunia.


Setelah pemilihan Presiden AS terplih dan Trump dinyatakan sebagai pemenang, teori konspirasi mulai menyebar mengataka Trump tidak lahir di Amerika melainkan di Pakistan. Cerita itu juga menyertakan foto anak kecil yang diklaim sebagai Trump kecil sebelum diadopsi oleh keluarga Trump di Amerika. Foto anak kecil itu sudah lama beredar setidaknya sejak tahun 2012 sebagai Anak Afganistan, foto itu hasil jepretan Massoud Hossaini.


Afghan Boy - Massoud Hossaini
 Sedangkan Trump melalui akun instagramnya pernah meng-upload fotonya waktu kecil.

http://cdn.newsday.com/polopoly_fs/1.11627739.1459994803!/httpImage/image.JPG_gen/derivatives/display_960/image.JPG
http://cdn.newsday.com/polopoly_fs/1.11627730.1459199546!/httpImage/image.JPG_gen/derivatives/display_960/image.JPG

Selain itu akta kelahiran dan catatan kelahiran Trump menunjukkan bahwa Trump lahir di New York, bukan Di pakistan.

https://s.yimg.com/ny/api/res/1.2/SuebmZAdsqnP4tUg5ffWwg--/YXBwaWQ9aGlnaGxhbmRlcjtzbT0xO3c9NjMxO2g9NTQ1O2lsPXBsYW5l/http://media.zenfs.com/en/blogs/thelookout/trump-nyc-birth-certificate.jpg

Jadi dapat disimpulkan bahwa berita yang mengatakan Trump tidak lahir di Amerika melainkan di Pakistan adalah hoax.


Salam Icokes, Indonesian Hoax Buster


Emoticon Emoticon