24 November 2016

Danau Neraka Banyak Ditemukan Burung Mati Menjadi Batu: Hoax!


Danau Natron di Tanzania dianggap sebagai neraka karena hewan yang tinggal di sana bisa jadi batu, dengan pH air mencapai 10,5 yang bisa membakar kulit dan mata bila langsung menyentuhnya.

Berikut artikel berita dari tribunnews.com, detik.com, Google.

Pernahkah kamu mendengar yang namanya danau Natron? Danau Natron adalah danau yang terletak di bagian utara Tanzania yang dianggap sebagai perairan neraka.

Natron adalah danau alkali dangkal dengan kedalaman kurang dari 3 meter dan menjadi kuburan bagi ribuan hewan di sana. Natron merupakan danau garam dengan pH air mencapai 10,5 yang bahkan bisa membakar kulit dan mata yang langsung bersentuhan.

Selain itu suhu airnya mencapai 60 derajat celcius. Garam yang terkandung di Natron merupakan kapur magmatik yang keluar dari lava dan membuat setiap bangkai hewan di sana sulit terurai cepat. Dan fotografer Nick Brandt berhasil mengabadikan seramnya Natron, seperti dilansir boredpanda.com

1. Suhu yang mencapai 60 derajat celcius tentunya membuat makhluk mana saja menjadi tak bisa menahan panasnya air yang masuk ke dalam tenggorokan mereka.

Namun karena Natron adalah danau yang juga habitat jutaan hewan, terkadang hewan-hewan ini meminum airnya yang justru mendatangkan kematian seperti angsa ini. Bangkai tubuhnya masih mengapung di atas Natron dengan kulit yang sudah gosong dan bulu ringkih.

2. Memiliki hawa panas bisa dibilang Natron adalah danau dengan tingkat keasaman paling tinggi di dunia. Bahkan pH danau Natron mencapai 10,5 yang hawanya saja bisa membakar bulu hewan. Tak heran jika seekor burung yang hanya mencoba singgah di sebuah batang pohon menjadi tewas dan mati dengan kondisinya semula

3. Elang tak lagi gagah. Elang adalah hewan yang gagah. Bahkan setelah dia mati, elang masih memiliki sisa-sisa kegagahan yang terlihat. Seperti foto yang diambil oleh Brandt ini. Danau Natron kembali memakan korban karena tingkat alkali yang sangat tinggi, bahkan seekor elang gagah tak berkutik dan hanya bisa diam membatu sampai mati.

4. Tak Ada Kicauan. Menjadi habitat bagi jutaan Lesser Flamingoes, banyak sekali hewan berjenis unggas yang singgah di danau Natron hanya sekedar untuk melepas lelah. Malangnya mereka tak tahu jika Natron memiliki potensi mematikan. Niat untuk singgah dengan kicauan riang harus berubah menjadi suasana mencekam

5. Mati Membisu. Mungkin sejatinya burung ini berniat singgah di salah satu bebatuan danau Natron dan mencoba meminum air danau. Namun nasibnya sangat buruk sehingga membuat burung ini membatu dan mati begitu saja. Jelas saja mati, karena dia meminum air dengan tingkat pH asam mencapai 10,5 yang membuat siapa saja merasa terbakar.

6. Mati terbalik. Apa yang membuat kandungan alkali di danau Natron sangat tinggi adalah gunung berapi berusia satu juta tahun yang Ol Doinyo Lengai yang terletak di bagian selatan Natron. Semenjak tahun 1883, Lengai sudah meletus sebanyak lebih dari 8 kali yang terakhir kalinya pada tahun 2007 silam dan membuat Natron semakin mematikan.

Hoax atau Fakta: HOAX (beberapa informasi benar)

ANALISIS

Kabar bahwa danau Natron seperti neraka hingga dapat membuat hewan mati menjadi batu adalah tidak benar (hoax). Danau ini mengandung garam dan soda yang sangat tinggi, kedalamannya cukup dangkal tidak lebih dari 3 meter (98 kaki) dan lebarnya bervariasi tergantung pada kadar airnya. Tingginya kadar penguapan hingga meninggalkan natron (natrium karbonat decahydrate) dan trona (natrium sesquicarbonate dihidrat).

Memang benar air Danau Natron bisa mencapai ph 10,5, itu tergantung pada curah hujan dan jumlah korosif yang subtansinya dapat membakar kulit atau mata hewan. Alkalinitas air pada danau Natron berasal dari natrium karbonat dan juga jenis mineral lainnya yang mengalir dari bukit-bukit di sekitarnya menuju ke danau. Natrium bikarbonat

Danau Natron tidak semenakutkan apa yang selama ini diberitakan, danau Natron adalah sebuah danau mati. Meskipun alkalinitas air di danau Natron direproduksi sekitar 2,5 juta burung flamingo kecil (Phoeniconaias minor) Yang memakan ganggang. Di danau ini juga hidup dua spesies ikan endemik, Alcolapia latilabris dan ndalalani juga non-pribumi Alcolapia alcalica. Dalam wilayah danau juga hidup populasi besar burung flamingo dan burung lainnya.

Spesies burung Flamingo banyak hidup di danau Natron

Sebagian besar hewan yang hidup di sekitar danau ini mampu bertahan dengan suhu tinggi hingga 60 derajat celcius, dengan kandungan garam yang sangat tinggi dan variabel yang tidak ramah. Meskipun danau Natron kurang cocok bagi kehidupan, namun danau ini adalah rumah bagi beberapa endemik ganggang, invertebrata dan burung. Dalam air danau yang kandungan garamnya lebih sedikit, banyak jenis ikan yang dapat bertahan hidup.

Seorang fotografer Nick Brandt, pernah membuat sebuah karya foto yang menakjubkan dengan mengambil bangkai beberapa burung yang telah diawetkan natrium karbonat. Semua burung yang telah mati itu lalu ditempatkan pada beberapa pohon agar nampak terlihat hidup untuk diambil gambar menggunakan jepretan kamera. Dalam bukunya dia menulis tentang foto-foto hasil karyanya.

Tidak ada yang tahu persis bagaimana mereka mati, tapi air memiliki kandungan natrium karbonat dan garam yang sangat tinggi,  dengan kandungan yang sangat tinggi sehingga bisa melarutkan tinta pada kamera Kodak saya beberapa detik.

Aku menemukan makhluk ini  di garis pantai (danau) dan  lalu ditempatkan dalam posisi yang  terlihat seolah-olah seperti hidup, membawa mereka kembali ke kehidupan.


KESIMPULAN

Klaim yang mengatakan bahwa danau Natron layaknya neraka karena banyak hewan mati dan menjadi batu adalah hoax. Kandungan ph pada air danau memang benar bisa menacapai 10,5, bahkan bisa mencapai maksimal 12. Danau Natron tidak seburuk yang diberitakan hingga dianggap seperti neraka, banyak hewan dan ganggang menjadikan danau Natron sebagai rumah untuk kehidupan mereka.


Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Referensi

Wikipedia (Lake Natron)
Encyclopedia Britannica (Lake Natron)
World Wild Life WWF (Eastern Africa: Northern Tanzania, on the border with Kenya)
World Lakes (Lake Profil)
Bird Life International (Data Zone)


Emoticon Emoticon