20 November 2016

Anda Sekarang Dapat Memberantas Hoax di Facebook!


Semakin menjamurnya berita palsu (hoax) yang menyebar di Facebook, menyebabkan banyak pengguna yang memberikan kritik dan saran kepada Facebook. Para pengguna (khususnya pengguna Facebook Amerika) merasa prihatin atas semakin banyaknya berita palsu yang merajalela selama pemilu AS, Mark Zuckerberg akhirnya mengumumkan bahwa perusahaan telah melakukan langkah-langkah baru untuk memerangi berita palsu.

Facebook sekarang sudah memberikan solusi bagaimana Anda dapat berperan dalam menghentikan penyebaran berita palsu di Facebook. Dalam memberantas hoax dimulai dari diri sendiri, Anda dapat melaporkan setiap berita palsu yang Anda lihat di timeline Facebook Anda.

Masih banyak pengguna yang tidak mengetahui bahwa Anda bisa melaporkan setiap berita palsu yang Anda lihat di Facebook. Setiap laporan yang Anda lakukan, ini berarti Anda berperan serta dalam menghentikan penyebaran berita palsu yang beredar di Facebook. Pilihan untuk melaporkan jarang diketahui karena agak tersembunyi, di bawah ini 5 langkah cara bagaimana Anda dapat melaporkan setiap berita palsu yang Anda temui di Facebook.

1. Jika Anda melihat postingan informasi palsu ataupun tipuan, klik menu "v" di sudut kanan atas post.


2. Setelah Anda mengklik tanda "v", maka akan muncul menu pilihan berikutnya. Anda dapat mengklik "Laporkan Kiriman".


3. Kemudian pada menu pilihan berikutnya Anda dapat mengklik "Menurut saya ini tidak seharusnya ada di Facebook".


4. Selanjutnya Anda dapat mengklik pilihan "Ini adalah kabar berita salah".


5. Langkah terakhir, Anda tinggal memilih apa yang ingin Anda lakukan agar Facebook membantu menghentikan informasi yang menyebar. Anda dapat memilih tindakan apakah akan memblokirnya atau menyembunyikan semua kiriman. Jika sebelumnya Anda 'menyukai' halaman, Anda bisa membatalkan menyukai halaman.


Sekarang Anda dapat melakukan sesuatu untuk memberantas berita palsu yang beredar di Facebook. Langkah-langkah di atas sangat penting agar Anda selalu mempelajari setiap informasi sebelum berbagi kepada teman-teman Anda. 

Setiap laporan yang Anda lakukan dapat membantu Facebook dalam memberantas berita palsu yang dapat menyebarkan virus pembodohan kepada banyak penggunanya. Mari kita bersama-sama bergerak secara aktif memberantas hoax, semua dimulai dari diri sendiri.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon