04 October 2016

Udang Raksasa 145 Kilogram Ditangkap di Kanada: Hoax


Sebuah artikel muncul berbicara tentang penemuan udang dengan ukuran sangat besar. Artikel berita itu telah lama beredar di beberapa situs online lokal (Indonesia).


Mari kita lihat berita udang raksasa yang diterbitkan citizen6.liputan6.com, news.babe.co.id.


Unik, seekor udang raksasa dengan berat 145 kilogram (kg) dan panjang nyaris 3 meter tertangkap pencari ikan di sebuah muara sungai. Dua pemancing yang berhasil menangkap udang raksasa itu adalah Rene Kirouac dan adik iparnya, Raymond Bergeron.

Dua pria asal Kanada itu memancing di pertemuan sungai Matane dan Sungai St Lawrence. Tanpa diduga, mereka berdua hari itu memperoleh tangkapan yang luar biasa.

Rene dan Raymond waktu itu sedang menyusuri tepi laut. Keduanya mengendarai kapal berukuran kecil. Saat berlayar mereka melihat jaring mereka bergerak-gerak di antara batu-batu di pantai. Setelah mereka mendekat dan mengangkat jaringnya, ternyata di balik gerakan itu tersangkut udang raksasa seukuran tubuh manusia dewasa. 

Melihat hal itu, keduanya lalu mengambil senapan untuk melumpuhkan udang nahas itu.

"Ini adalah tangkapan paling sulit dalam hidup saya," kata Kirouac, seorang nelayan yang telah berpengalaman.

Rupanya tidak mudah melumpuhkan udang raksasa seberat 145 kg ini. Perlu 16 amunisi dan memukul kepalanya dengan sekop baru udang raksasa itu tak bergerak. Keduanya senang setelah hasil tangkapannya mati. Keduanya lalu berpose dengan mengangkat udang tersebut untuk didokumentasikan. 

Profesor Denis Langevin, Ahli biologi dari University of Quebec di Rimouski (UQAR) bersama tim langsung menuju ke lokasi penemuan udang raksasa untuk melakukan identifikasi dan menganalisnya. Profesor Denis Langevin percaya bahwa dengan ukuran sebesar itu udang tersebut memangsa mamalia laut untuk mempertahankan hidupnya.

Berita penemuan udang raksasa oleh dua orang pria Kanada dengan berat 145 kg bersumber dari situs satir WorldNewsDailyReport (WNDR).


Walaupun berita itu satir dan hanya sekedar untuk hiburan, namun banyak outlet berita online menganggap berita itu sah hingga banyak menipu pembacanya. Cerita satir itu cukup lama diterbitkan oleh WNDR dan banyak orang yang tidak mengetahui rekam jejak situs itu.

CANADIAN FISHERMEN CATCH RECORD-BREAKING 320-LBS SHRIMP: http://worldnewsdailyreport.com/canadian-fishermen-catch-record-breaking-320-lbs-shrimp/


Gambar yang digunakan sebenarnya hasil manipulasi photoshop, gambar asli diterbitkan pada tahun 2013 dalam artikel "Team Black Cat guides Stefan Seuß and Benjamin Gründer, from the noted 'Wels Camp' on Italy's River Po," dan beberapa cerita serupa. Gambar itu banyak digunakan oleh banyak situs online dengan cerita yang sama.




Referensi: Canadian Fishermen DID NOT Catch Record-Breaking 320-Lbs Shrimp


Emoticon Emoticon