31 October 2016

Live Streaming Facebook Astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional: Hoax!


Beberapa hari yang lalu (27/10/2016) netizen terpaku menyaksikan video live streaming Facebook yang menunjukan dua orang astronot yang berada di stasiun luar angkasa. Tayangan yang disiarkan UNILAD dan Viral USA, telah disaksikan jutaan pemirsa dari seluruh dunia. Berikut artikel berita dari tribunnews.com:


Video live yang disediakan facebook tidak hanya dimanfaatkan oleh netizen yang ada di dunia, tetapi juga di luar angkasa.

Live video tiba-tiba menggemparkan dengan tayangan live dari stasiun luar angkasa yang ditayangkan di akun viral USA.

"Tayangan langsung dari luar angkasa! Stasiun luar angkasa ISS NASA."

Tayangan langsung yang memperlihatkan gambar bulatan bumi ini langsung menyedot perhatian netizen.

Terlihat sebagian dari stasiun luar angkasa NASA, hingga lambaian tangan sang astronot yang terlihat di tayangan live ini.

Jari-jari yang ditutupi sarung tangan bahkan mengetuk kamera beberapa kali, hingga menutupi pemandangan bumi.

Hingga berita ini diturunkan, tayangan langsung dari stasiun luar angkasa NASA masih berlangsung. 

Tayangan ini dibagikan 361 ribu netizen dan dikomentari 625.627 komentar dengan berbagai bahasa di dunia.

Akun Jake Lloyd berkomentar agar memperlihatkan lambaian tangan. "Wave your hand." (lambaikan tanganmu).

Sementara Marcin Plonka berkomentar, "Hi from Poland !!!! Be safe." (Halo dari Polandia, hati-hati). Dilansir news18.com, tayangan langsung dari stasiun luar angkasa ISS NASA ini memperlihatkan pemandangan bumi.

Menunjukkan langkah facebook bukan hanya di sekeliling dunia, tetapi memperlihatkan bumi yang dihuni manusia.

Sebelumnya, penemu facebook, Mark Zuckerberg berbicara dengan tiga astronot NASA yang berada di stasiun luar angkasa ISS NASA pada 1 Juni lalu.

Mark berbicara dalam tayangan langsung dari facebook selama 20 menit dengan berbagai pertanyaan menarik kepada para astronot. Tayangan langsung ini sekaligus membuat fasilitas tayangan live berupa video dari facebook makin di depan, di antara media sosial lainnya.

TIPUAN !

ANALISIS

Video Facebook Live Streaming yang menunjukan angkasa luar dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menjadi perhatian dunia karena disiarkan secara live di halaman Facebook UNILAD dan Viral USA.

Bagi Anda yang sempat menonton videonya, mungkin Anda merasa kagum, namun kami memberikan berita buruk bahwa tayangan itu adalah tipuan. NASA menjelaskan bahwa sejak dari 1 Sepetember 2016 tidak ada astronot yang dikirim ke stasiun luar angkasa, seorang juru bicara NASA telah membantah mereka tidak melakukan spacewalks secara live beberapa hari yang lalu.

Viral USA adalah salah satu halaman Facebook yang berbagi video live tersebut, telah mendapatkan respon dari 307 ribu orang, 4.406.712 views, 817.000 komentar dan mendapatkan followers 528.503 efek dari tayangan video tersebut. Menurut keterangan NASA, video itu adalah cuplikan ulang yang diambil pada tahun 2013.

Video live yang ditayangkan UNILAD dan Viral USA adalah rekaman ISS Expedition 38 dengan astronot Rusia Oleg Kotov dan Sergei Ryaznaski pada 2013.



Untuk referensi di hari mendatang, spacewalks akan dijadwalkan resmi melalui website dan halaman Facebook resmi NASA dan ISS, dan dapat disaksikan langsung melalui jalur USstream milik NASA.

Video itu menjadi tipuan paling produktif di tahun 2016, tipuan itu juga memberikan kita pengalaman melihat kondisi bumi dari luar angkasa yang telah kita lewatkan beberapa tahun lalu. Jadi, tidak ada astronot yang melakukan siaran langsung di stasiun luar angkasa beberapa hari yang lalu, itu adalah video dari tahun 2013.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon