30 October 2016

Jejak Kaki, Makam, Dan Jubah Nabi Adam Ditemukan: Hoax!


Beredar beberapa gambar yang diklaim jejak kaki dan jubah Nabi Adam, versi lainnya juga mengklaim sebuah makam dari Nabi Adam as.

Satu set gambar telah lama beredar di internet dan media sosial menunjukan makam, jejak kaki, dan jubah dari Adam as. Cerita itu beredar dengan beberapa klaim dan menjadi viral di beberapa negara.

JEJAK KAKI RAKSASA



Klaim: Jejak kaki Nabi Adam ditemukan di Srilangka.


FAKTA: Gambar yang menunjukan jejak kaki yang ukurannya sangat besar faktanya berada di Pantai Aceh, Indonesia. Menurut legenda setempat, jejak kaki berukuran 6X2,5 meter tersebut berasal dari kaki petapa raksasa bernama Tuan Tapa

Cerita legenda tapak kaki Tuan Tapa menjadi asal muasal nama ibukota Kabupaten Aceh Selatan, yaitu Tapaktuan. Kota ini terletak sekitar 440 kilometer dari ibukota provinsi Aceh. Legenda Tapak Tuan menjadi cerita rakyat turun temurun dan dipercaya masyarakat di sana. Sayang, proses renovasi yang mungkin tujuannya untuk melestarikan, justru membuatnya tidak alami lagi. Meski kini tapak tidak lagi alami, tapi lokasi tersebut masih memikat hati pengunjung.

Untuk selengkapnya Anda dapat melihat video berikut:


MAKAM PANJANG



Klaim: Inilah makam Nabi Adam yang sangat panjang


FAKTA: Makam dengan ukuran yang cukup panjang dalam gambar faktanya adalah makam Nabi Imran yang terletak di Salalah, Oman.

Imran adalah kakek dari Nabi Isa as, keluarga Imran adalah satu-satunya keluarga yang disebutkan dalam Al-Quran dalam surat Al Imran.

Anda dapat melihatnya dalam video berikut.

video


JUBAH BESAR



Klaim: Jubah/pakaian Nabi Adam ditemukan.



FAKTA: Jubah dengan ukuran yang panjang dan super besar dalam gambar faktanya adalah hanya replika dari pakain Nabi Adam yang ukurannya telah disesuaikan seperti dalam hadits yang tingginya 60 hasta, pakaian itu dibuat hanya sebagai contoh dari ukuran tubuh nabi Adam.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a: Nabi Saw bersabda, "dahulu Allah menciptakan Adam as yang tingginya enam puluh hasta (tangan kalian) kemudian berfirman: Pergilah kamu dan berilah salam kepada mereka para malaikat dan dengarlah bagaimana mereka menjawab salam penghormatan kepadamu dan juga salam penghormatan dari anak keturunanmu". Maka Adam menyampaikan salam 'assalamualaikum' (salam sejahtera untuk kalian). Mereka menjawab: "As'salammualaika wa rahmatullah" (salam sejahtera dan rahmat Allah untuk kamu). Mereka menambahkan kalimat wa rahmatullah. Nanti setiap orang yang masuk surga bentuknya seperti Adam as dan manusia terus saja berkurang (tingginya) sampai sekarang. (Sahih Bukhari: hadits 543)

KESIMPULAN

Klaim gambar satu set yang menunjukan sebuah makam, jejak kaki, dan jubah Nabi Adam as adalah Hoax.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon