20 October 2016

Foto Penampakan Pyramid di Bulan Yang Disembunyikan NASA: Hoax


Sebuah gambar samar yang banyak diklaim sebagai penampakan Pyramid di Bulan. Gambar itu diambil oleh Apollo 17 saat melaksanakan misinya ke Bulan. Foto Piramida di Bulan dianggap sebagai bukti adanya kehidupan di sana, bahkan NASA dituduh telah menyembunyikan fakta itu.


Di dunia ini, sudah tidak terhitung ada berapa banyak kasus yang terekam dan diabadikan dalam bentuk foto yang tidak dapat dijelaskan keanehannya. Foto-foto tersebut tertangkap kamera dan momen yang beku di dalamnya menampilkan hal-hal yang sulit diterima nalar. Seram memang, tapi selalu berhasil membuat penasaran.

Misteri tak hanya berpusat pada makhluk gaib saja, namun juga kejadian-kejadian tak terduga yang sulit diterima oleh nalar manusia. Ujung-ujungnya hanya menjadi perdebatan di kalangan manusia.

Foto ini diambil oleh Apollo 17 pada Desember 1972 saat perjalanan ke bulan. Mulanya tidak ada yang istimewa dengan foto itu, namun setelah diperbesar terlihat bangunan segitiga mirip dengan piramida. Namun sampai sekarang NASA belum bisa menjelaskan dengan pasti objek apakah itu.





Situs konspirasi dan clickbait menggunakan foto itu untuk mengajak setiap orang masuk dalam rasa ingin tahu. Gambar itu cukup lama bergentayangan di internet dan juga media sosial dengan klaim misterius hingga fakta yang disembunyikan oleh NASA.

Apakah masyarakat Mesir kuno pernah mengunjungi Bulan dan mendirikan Pyramid Giza lainnya? Mungkin saja, jika Anda benar-benar mempercayainya. Atau ada kemungkinan makhluk penghuni Bulan membangun struktur Pyramid dengan mencontek arsitektur Pyramid yang ada di Bumi? Sebelum Anda kehilangan arah dan semakin liar berspekulasi, mari kita analisis kebenarannya.

Analisis:

Gambar itu lebih lebar dari aslinya, sehingga penampakan piramida terlihat lebih luas dari gambar asli, juga sketsa bayangan telah ditambahkan yang pada foto asli tidak ada. Menurut klaim yang beredar, NASA menerbitkan foto itu tanpa keterangan, namun faktanya NASA memberikan keterangan resmi "LRV Floor? Suntruck."

Foto itu sebenarnya bukanlah foto tunggal, ada gambar lainnya sebelum dan sesudah dari foto itu yang berurutan.

Gambar di atas adalah nomor AS17-135-20680. Dalam hal ini urutan foto yang membentang dari dua gulungan yang berbeda, film, atau majalah. Urutan pertama dimulai dengan nomor AS17-135-20676 hingga melalui foto di atas ( AS17-135-20680) di majalah 135 / G dan terus ke majalah berikutnya (136 / H) dengan nomor  AS17-135-20681 dan  AS17-135-20682. Meskipun nomor 81 kosong, dalam nomor 82 menunjukan adegan yang sama tidak jauh berbeda dengan sebelumnya (81). Foto itu menunjukan lantai Lunar Roving Vehicle, atau yang biasa disebut LRV. Lihat seluruh urutan foto di bawah ini.

Foto 76

Foto 77

Foto 78

Foto 79

Foto 80 / Penampakan Pyramid dan merupakan 
foto terakhir di majalah 135 / G

(Foto 81 kosong)

Foto 82

Jika melihat perpustakaan gambar yang diambil Apollo 17 oleh NASA, nampak semua gambar yang diambil dari awal hingga akhir tidak ada objek aneh yang dapat membuat penasaran pikiran. Bayangan dari kursi pada lantai LRV yang samar mirip Pyramid, menjadi asumsi liar para pecinta konspirasi.



Kesimpulannya, berdasarkan urutan gambar-gambar yang sudah Anda lihat di atas, tidak ada penampakan Pyramid di Bulan. Banyak objek benda berbentuk segitiga seperti yang nampak di foto, namun semua benda yang berbentuk segitiga apakah sudah dapat dipastikan sebuah Pyramid? Tentu tidak, Foto yang menunjukan lantai LRV yang samar berbentuk Pyramid, diklaim sebagai bukti adanya kehidupan di Bulan oleh para pecinta teori konspirasi. Sekali lagi kami tegaskan bahwa foto itu tidak menunjukan sebuah Pyramid di Bulan, melainkan bayangan kursi pada lantai LRV.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!




Referensi;
NASA (Apollo 17 Image Library)
Wafflesatnoon (Debunked: Foto NASA dari Pyramid di Bulan)
Metabunk (Sebuah Pyramid di Bulan)




Emoticon Emoticon