04 August 2016

Video Palsu Arwah Keluar Dari Jasad Wanita di Cina


Sebuah video yang cukup aneh beredar secara online menunjukan sebuah rekaman CCTV yang terpasang di Rumah Sakit di Cina. Dalam rekaman tersebut terlihat arwah/jiwa seorang wanita keluar dari jasadnya yang sudah meninggal.

Rekaman yang berlokasi di Rumah Sakit itu terlihat cukup realistis, namun apakah rekaman itu asli?

Beberapa foto dari rekaman kamera CCTV di bangsal sebuah rumah sakit di Tiongkok memperlihatkan pemandangan yang tak biasa. Memang jika dilihat, tak ada yang aneh pada foto tubuh seorang jasad perempuan yang ditutupi kain putih itu. Tapi coba kamu perhatikan lebih detail.

Terlihat, di dalam ruangan gelap tiba-tiba dari dalam tubuh mayat keluar dan muncul bayangan seperti ruh perempuan yang sedang terperangkap seakan ingin keluar dari jasad perempuan itu.



Rekaman CCTV yang mengklaim berlokasi di Rumah Sakit di Cina yang diambil pada tahun 2014 sekitar pukul 04.00, dalam deskripsinya menyatakan video itu bukti kehidupan setelah kematian.

Fakta sebenarnya

Video yang mengklaim menunjukan arwah seorang wanita keluar dari jasadnya yang berlokasi di negeri Cina menjadi populer setelah media internasional seperti dailymail.co.uk dan beberapa media lokal Indonesia ( Liputan6Dream, JPNN)  merilis video itu dalam balutan berita spektakuler.

Sumber video itu berasal dari website Tuko.co.ke dengan judul 'This video shows: death is just a beginning' (Video ini menunjukan: kematian adalah awal dari permulaan).

Tuko adalah sebuah portal berita generasi baru dari Kenya, seperti yang disebutkan dalam informasi tentang website mereka, setiap konten yang dipublikasikan adalah kontroversial dan untuk hiburan. Situs tuko.co.ke juga telah menerbitkan beberapa konten cerita mistis seperti "Saw Ghost" dan "Granny's Ghost".


Tuko.co.ke adalah portal berita Kenya dari generasi baru. Portal ini mewujudkan ciri era di zaman masa kini: dinamis, informatif, kontroversial, dan menghibur.

Video itu sebelumnya telah muncul dibeberapa saluran youtube, dan bersumber dari sebuah video yang diposting oleh saluran Youtube "Scary Video" pada 26 Juni 2016 - dalam kategori Hiburan. Dalam informasi video aslinya menyebutkan informasi saluran "Scary Video" pada awal dan akhir video telah dihapus, termasuk dalam video lainnya yang sama. Saluran "Scary Video" telah banyak mengunggah video ke Youtube tentang hantu, paranormal dan cerita mistis - dalam kategori Hiburan. Dalam informasi saluran mereka mengatakan :

'Scary Videos' is a platform of most freaky and terrifying scary videos. We love to hear about ghost we love to make stories about real ghost. But what if we got a chance to meet them. This channel shares such incidents that happened in real life. This might be unbelievable for you. But yes it’s the fact. What actually do you believe? DO ghost exist or not? After watching this video it may be harder for you to make yourself believe that 'GHOSTS DO EXIST'. It might be right in front of you or besides you. Only thing is that you are not able to see it with your bare eyes. But a cam lens can easily capture all supernatural powers presence. And 'Scary Videos' shares all such unexpectedly captured terrifying scary videos with you. This is all about real ghost videos.


Yang perlu dicatat adalah, video yang terjadi di Cina sebelumnya video yang mirip dengan klaim yang hampir sama menunjukan momen menakutkan terekam oleh CCTV ketika seorang pria sedang berjalan tiba-tiba dihantam ke lantai oleh sesosok hantu dan diseret ke koridor.

Video itu teridentifikasi hoax yang dibuat menggunakan teknik CGI (Computer General Image). Jadi video di Rumah Sakit ketika seseorang sedang tertidur di tempat tidur di Rumah Sakit ditutupi kain putih lalu bangun dan duduk secara perlahan, sehingga dapat dengan mudah diedit dan menggunakan visual efek agar terlihat seperti bayangan yang keluar dari jasad.

Kesimpulannya adalah, video rekaman CCTV yang menunjukan arwah seorang wanita keluar dari jasadnya di Rumah Sakit di Cina adalah sebuah tipuan: Video itu sangat memungkinkan untuk dimanipulasi menggunakan visual efek. Di dunia internet telah banyak klaim palsu tentang paranormal seperti hantu dan arwah, semua terlihat nampak nyata dan tidak lain hanya sebuah keisengan belaka.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Referensi: Hoax or Fact (SPIRIT RISES FROM DEAD WOMAN'S BODY IN HOSPITAL: VIDEO - FACTS)


Emoticon Emoticon