13 August 2016

Patung Yesus Membuka Mata Terekam di Dalam Gereja di Meksiko: Tipuan!


Sungguh sangat menakjubkan  patung Yesus terekam membuka mata di Gereja di Meksiko. Sebuah rekaman video  yang menghebohkan menyebar secara online, banyak media yang turut serta mengangkat beritanya dengan klaim "Patung Yesus Membuka Matanya di dalam Gereja di Meksiko". Insiden yang tidak masuk akal itu membuat banyak orang mempercayainya dan menganggap itu adalah sebuah keajaiban.

Media online tribunnews.com dalam artikelnya menyatakan para peneliti sudah menganalisis video itu.

Media internasional kini tengah ramai memberitakan sebuah video Patung Yesus yang membuka matanya. Dilansir dari situs Mirror, Rabu (10/8/2016), video tersebut diambil di sebuah gereja di bagian Meksiko, yaitu Coachuila de Zaragoza.

Video itu terekam di Kapel Saltillo dan diambil pada Juni lalu seperti dilansir situs Elancasti. Video tersebut kemudian diposting oleh akun Youtube Adimensional yang khusus menampilkan situs dunia lain pada pekan ini.

Semula video tersebut mengambil Patung Yesus yang tengah disalib. Dia lalu mengarahkn kamera ke arah sekitarnya, lalu kembali fokus ke Patung Yesus tadi. Nah, saat mengarahkan kamera ke arah sekitar inilah mata Yesus terlihat terbuka, lalu tertutup kembali.

Patung tersebut seolah-olah hidup. Belum diketahui siapa yang mengambil video tersebut? Yang pasti video berdurasi 4 menit tersebut langsung viral dan sampai kini ditonton lebih dari 1,5 juta orang. Penonton alias Netizen juga mempertanyakan kebenaran video tersebut, yaitu apakah ada kemungkinan video tersebut hasil editing? Tak hanya itu, situs Mirror menuliskan ada 20 orang yang menyelidiki kebenaran dari video ini. Mereka terdiri dari paranormal, tim editing video, tim peneliti efek video dan sudah menghabiskan waktu berminggu-minggu menganalisis kebenaran video tersebut. Hasilnya mengejutkan. Mereka mengatakan video tersebut nyata Meski demikian, gereja tersebut belum memberi pernyataan apapun terkait video tersebut.


Patung Yesus yang terlihat dalam video berada di dalam Kapel Saltillo di negara bagian Meksiko. Video itu diklaim direkan pada Juni 2016, selama acara layanan Gereja. Video itu terlihat direkam menggunakan kamera ponsel oleh seseorang yang berada di dalam Gereja.

Terlepas dari klaim yang dipublikasikan secara luas, klaim video itu sebenarnya berasal dari saluran Youtube Spanyol "Adimensional Paranormal", yang mempublikasikan video itu di saluran Youtube mereka pada 3 Agustus 2016 dengan judul yang kurang lebih artinya "Kristus Kudus Membuka Mata" (video paranormal).


Yang lebih utama untuk menjawab kebenaran tentang klaim video itu, dalam deskripsi saluran Youtube Adimensional Paranormal, mereka banyak mempublikasikan video hantu, UFO, dan misteri paranormal lainnya, dan sebagian besar video mereka terdaftar dalam kategori 'Hiburan'.

Dalam awal video di bawah ini, saluran juga menyebutkan (dalam bahasa Spanyol) bahwa mereka tidak menerima atau menolak (mencela) kebenaran dari video tersebut yang hanya disampaikan oleh si 'pengarang'.


Jika diamati lebih teliti cara pengambilan video menimbulkan banyak pertanyaan tentang keasliannya. Arah kamera selalu tertuju pada patung, si perekam seperti menunggu dan bersiap-siap dan bahkan kamera sempat di zoom sebelum mata patung terbuka yang seakan si perekam mengetahui apa yang akan terjadi pada mata patung.

Dan jika Anda perhatikan lebih jelas, Anda dapat melihat 'efek blur' ketika posisi mata tertutup dan lalu terbuka. Posisi mata patung adalah tertutup, lalu mata patung melihat (terbuka) kepada si perekam, jadi posisi mata patung dalam video bukan berkedip (judul dari artikel tribunnews), namun membuka mata lalu menutup kembali. Selain itu, seperti yang diberitakan oleh mirror.co.uk bahwa pihak berwenang di bawah Keuskupan Saltillo di Meksiko menghentikan rekaman dan bahkan menolak untuk menontonnya.

Jadi kesimpulannya, dari beberapa kejanggalan yang diungkapkan di atas dan juga tidak ada kredibilitas dari klaim 'patung Yesus berkedip' di sebuah Gereja di Meksiko, adalah tipuan; kemungkinan besar video itu telah diedit.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Referensi: Hoax or Fact


Emoticon Emoticon