15 August 2016

Michael Phelps Makan Dengan 12.000 Kalori Setiap Harinya: Hoax!


Olimpiade adalah acara olahraga paling bergengsi sepanjang sejarah yang diadakan setiap empat tahun sekali. Salah satu atlit yang mengikuti ajang Olimpiade adalah Michael Phelps, atlit cabang renang asal Amerika Serikat (AS). Phelps telah banyak mengukir sejarah dalam dunia renang dan telah meraih 22 emas sepanjang keikutsertaannya di Olimpiade.

Ada yang menarik dari atlit renang ini, menurut laporan koran-sindo.com pada artikel beritanya yang diterbitkan 13 Agustus 2016, dibalik anatomi tubuh dan bakat Phelps yang istemewa, ternyata ia dikabarkan menyantap 12.000 kalori per-hari. Waw! manusia normal rata-rata per-hari hanya mengkonsumsi 2.200-2.700 kalori.

Apa yang dikonsumsi Phelps setiap harinya? Phelps mengonsumsi 12.000 kalori per hari. Bayangkan, manusia biasa rata-rata mengonsumsi 2.200-2.700 kalori. Kalori tersebut dibutuhkan Phelps dalam menunjang rutinitas latihan sehingga berat badannya tidak turun. Setelah bangun tidur pada pukul 05.00 untuk sarapan, Phelps mengonsumsi roti isi tiga telur, keju, selada, tomat ditambah bawang bombai, lalu dia memakan omelet yang terbuat dari lima butir telur.

Phelps melanjutkan makan paginya dengan semangkuk bubur jagung, 5 lembar roti tawar bertabur gula, 3 pancake cokelat, dan 2 cangkir kopi. Phelps lantas berlatih. Untuk makan siang, Phelps mengonsumsi setengah kilogram pasta, 2 potong daging, roti isi keju dan minuman energi berkalori 1.000.

Saat makan malam, Phelps mengonsumsi satu nampan piza berukuran besar, setengah kilogram pasta, dan ditutup dengan minuman energi berkalori 1.000.

Rumor tentang Michael Phelps mengkonsumsi 12.000 kalori setiap harinya telah beredar sejak tahun 2008. Klaim itu mulai beredar di BBC NEWS tahun 2008, hingga rumor itu semakin berkembang luas di media-media internasional dan lokal (Indonesia) seperti kompas.com (2008), tribunnews.com (2012), detik.com (2012).

Phelps mendapatkan medali emas ke-19 di Olimpiade London 2012

Pada tahun 2012 Phelps pernah diwawancarai oleh jurnalis dari Usa Today bernama Ryan Seacrast, Phelps menyatakan bahwa semua itu hanya mitos.

"Saya tidak pernah makan yang banyak," kata Phelps. "Itu semua hanya mitos, saya tidak pernah memakan makanan yang banyak kalori."

Rumor yang mengatakan Michael Phelps makan kalori 12.000 setiap harinya telah ia bantah dan itu hanyalah mitos sejak tahun 2012, namun rumor itu masih terus bergentayangan di internet hingga sekarang, dan kemungkinan besar akan terus beredar di waktu yang terus berjalan.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon