11 July 2016

UNESCO Menyatakan Islam Adalah Agama Paling Damai?

Ilustrasi (Gambar: Cartoon Movement)

Beredar berita UNESCO menyatakan Islam agama paling damai di dunia.

“Setelah enam bulan analisis dan studi ketat, kami telah menyimpulkan bahwa Islam adalah agama yang paling damai,” ungkap Robert McGee, kepala studi banding sayap Peace Foundation International dalam konferensi pers yang juga dihadiri oleh para pejabat UNESCO.



Berita itu berasal dari situs Juntakareporter.com, dalam artikelnya menjelaskan sebelum mengeluarkan pernyataanya UNESCO telah bermitra dengan "Peace Foundation Internasional enam bulan sebelumnya untuk mempelajari semua agama di dunia dan mencari tahu diantara semua agama yang paling mengajarkan perdamaian.

Apakah berita itu benar? Dalam "Disclaimer" situs juntakareporter.com, menyatakan bahwa mereka adalah situs web "satir" yang setiap beritanya hanya sekedar hiburan bukan untuk dianggap serius.


Bahkan UNESCO telah mengeluarkan sertifikat resminya, gambar itu hasil olah digital photoshop.




Berita satir adalah jenis parodi yang disajikan dalam format khas utama jurnalisme. Berita satir telah ada hampir sepanjang jurnalisme mulai tumbuh dan berkembang, tetapi mulai populer ketika jurnalisme merambah secara online di web, misalnya pada website seperti Huzler dan The Onion, mereka dengan mudahnya meniru media online yang kredibel dan setiap beritanya mungkin telah didistribusikan hampir secara luas ke beberapa situs yang lain. Berita satir sangat bergantung pada ironi dan humor untuk hiburan.

Walaupun pada kenyataannya situs satir banyak menampilkan berita palsu, hingga pembaca terjebak mempercainya. Pada dasarnya berita satir bertujuan hanya untuk sekedar hiburan, mengajak pembacanya berpikir menggunakan logika lalu mencerna isi beritanya. Namun, banyak situs satir yang telah keluar dari batas hingga banyak menampilkan berita palsu yang tidak ada nilai hiburannya dan terkesan seperti "clickbait" yang hanya menampilkan sisi sensionalitas berita.

Jika berita yang mereka buat menjadi viral, maka itulah tujuan utamanya. Jadi, jangan pernah menyebarkan berita satir/palsu karena pada umumnya masyarakat Indonesia belum mampu memahami berita satir.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon