22 July 2016

Tipuan Pablo Reyes Memprediksi Dengan Akurat Serangkain Peristiwa Penting


Media sosial diramaikan oleh seorang netizen Pablo Reyes. Dalam postingannya pada 27 Desember dia meramalkan serangkain  kejadian penting yang akan terjadi pada tahun 2016. Reyes meramalkan kematian musisi Prince, legenda tinju Muhammad Ali, dan yang paling menakjubkan dia juga meramalkan akan terjadi pembantaian di klub gay di Orlando.

Reyes menulis semua prediksinya di akun facebook miliknya menjelang tutup tahun 2015. Reyes menjadi terkenal karena semua prediksinya terbukti hingga postingannya telah dibagikan netizen puluhan ribu kali.


Selain meramalkan kematian beberapa selebritis dunia, Reyes juga meramalkan bahwa Hillary Clinton akan menjadi presiden perempuan AS pertama. Dia juga menyinggung soal kematian seekor gorila yang bakal menghebohkan masyarakat. Berikut isi postingan Reyes tertanggal 27 Desember 2015:

Sebut saja saya gila namun pada tahun 2016, Hillary Clinton akan menjadi presiden perempuan pertama AS, dunia akan dihebohkan dengan kematian seekor gorila, Prince akan meninggal, Kimbo Slice akan meninggal, Donald Trump akan meninggal. Amerika Serikat akan mengalami kasus penembakan massal terbesar ... Saya tidak bermaksud menakuti siapapun, namun kalian akan mengingat nama saya.

Postingan Reyes telah membuat banyak netizen bereaksi hingga dibagikan lebih dari 230.000 kali. Lalu apakah benar Reyes dapat meramal dengan jitu? Tidak, Reyes telah menyunting waktu postingannya menjadi 27 Desember, dia menulis statusnya saat kejadian telah terjadi. Mungkin ada beberapa ramalannya yang belum terbukti, namun itu hanya pemanis saja agar kontroversi tetap berlanjut.


Berikut kami berikan cara menyunting waktu postingan di Facebook yang sangat sederhana:



Banyak netizen yang kadung memuji kehebatan Reyes yang mampu meramal dengan tepat. Namun Akhirnya Reyes membuka suara dan mengakui bahwa tulisannya itu hanyalah tipuan.

Ini hanyalah hoax. Tipu-tipu ... Tujuan saya adalah supaya postingan ini disebarkan oleh para idiot yang mempercayai segala sesuatu yang mereka lihat di dunia maya. Saya tidak terkejut melihat sebegitu banyaknya postingan saya dibagikan, ini bukan hoax pertama yang saya buat.

Reyes memang bukan pertama kali membuat berita hoax, bahkan hingga sekarang dia banyak membuat berita hoax karena dia adalah pemilik situs satir Huzlers yang sering merilis berita palsu.

Reyes membuat postingan itu sebagai pembelajaran agar para netizen tidak dengan mudahnya meyakini dengan berita atau informasi apapun yang ada di sosial media.

Baca juga ; Alasan Mengapa Anda Harus Meneliti Terlebih Dahulu Setiap Informasi yang Anda Bagikan

Saya merasa orang-orang - Saya tidak ingin menyebut mereka bodoh - namun saya berpikir, adalah suatu kebebasan seseorang untuk membuat keputusan terhadap apa yang mereka dengar dan apa yang dikatakan kepada mereka.

Apa yang dilakukan Reyes adalah pembelajaran bagi netizen untuk selalu berhati-hati tidak mudah mempercayai setiap berita dan informasi yang beredar di internet dan sosial media.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon