10 July 2016

Planet X Nibiru dan Konspirasi Kehancuran Bumi

Ilustrasi Bumi hancur bertabrakan dengan planet X Nibiru

Sebuah cerita beredar secara online, memperingatkan orang-orang bahwa sebuah planet misterius disebut / Asteroid (Nibiru) dalam sistem tata surya kita mulai mendekati bumi, dan bahwa NASA telah memperingatkan bencana dalam waktu dekat. Cerita itu menjadi populer, juga karena tuduhan sejarah dan konspirasi tentang Planet X atau Nibiru akan bertabrakan dengan peredaran Bumi yang akan menyebabkan pergeseran kutub dan menimbulkan efek bencana.

Cerita tersebut pertama kali beredar pada 10 Maret 2016 dalam artikel situs News4. Situs web tersebut telah menerbitkan banyak cerita palsu. Misalnya, sebelumnya mereka menerbitkan sebuah artikel palsu seorang anak 9 Tahun  membunuh Orang tuanya karena orang tuanya mematikan WiFi sebagai hukuman, dan juga berita palsu seorang ibu mentato dada anaknya dan mencoba menjualnya kepada bandar narkoba. Analisis selengkapnya disini

Artikel yang disebutkan di atas menyatakan bahwa NASA telah mengetahui tentang misteri planet Nibiru selama bertahun-tahun, namun menolak untuk memperingatkan kita sampai sekarang. Tuduhan tersebut sebenarnya telah beredar secara online beberapa tahun kebelakang.

Asal pesan ini berawal pada tahun 1995, ketika seorang wanita bernama Nancy Lieder mengklaim bahwa ia adalah seorang gadis makhluk luar angkasa abu-abu yang disebut Zetas, berasal dari sistem bintang Zeta Reticuli. Ia dikirim ke bumi dan ditanamkan perangkat komunikasi di otaknya. Dia mengatakan bahwa dia dipilih oleh Zetas untuk memperingatkan umat manusia bahwa objek luar angkasa yang disebut Planet X akan menyapu Tata Surya bagian dalam pada Mei 2003, yang berakibat bumi akan mengalami pergeseran kutub dan memusnahkan sebagian besar umat manusia.

Nancy mengklaim semua ceritanya di situs ZetaTalk.com dimana ia menerbitkan semua informasinya. Klaim itu akhirnya menyebar ke situs lainnya hingga membuat banyak perhatian diseluruh dunia.

Tapi kenyataannya semua klaim Nancy tidak terjadi pada Mei 2003, dan kemudian Nancy Lieder berdalih bahwa tanggal prediksinya hanyalah "White Lie (kebohongan demi kebaikan)". Ia juga beralasan jika diberitahukan tanggal yang sebenarnya maka itu akan menciptakan kekacauan. Namun, bagian dari informasi hak cipta dari website-nya mengatakan - "Opini yang dikemukakan adalah semata-mata hanya dari orang-orang Reticulans Zeta, dan opini dari utusan mereka belum tentu benar seperti Nancy atau pihak lain". Jadi ini menjelaskan tidak ada bukti ilmiah yang valid untuk klaim Nancy Lieder.

Klaim lainnya beredar di internet bahwa para ilmuwan NASA telah mengkonfirmasi keberadaan planet X Nibiru. Ada banyak cerita yang semakin liar dihembuskan beberapa web "fake news" yang dipercaya oleh netizen hingga doktrin tentang Nibiru semakin kencang. Salah satu klaimnya, pada 21 Desember 2012 yang berkaitan dengan kalender Maya kuno - bahwa planet X akan bertabrakan dengan bumi dan dunia akan berakhir. Ada juga pesan yang mengklaim sebagai Nibiru akan menjadi tata surya kita, dunia akan menyaksikan dua matahari di langit. Kedua dongeng yang berbeda dari Planet X dan Nibiru itu dihubungkan oleh beberapa berita palsu yang mengklaim kiamat itu akan bergerak maju sebelum Desember 2012.

Prediksi Nibiru akan bertabrakan dengan Bumi pada 21 November 2012, klaim itu berasal dari situs "fake news" Weekly World News pada 12 Juni 2012. 

Meskipun Nancy menyebut objek luar angkasa itu sebagai "Planet X", namun kemudian dikaitkan dengan Nibiru, sebuah planet yang diusulkan oleh seorang penulis Rusia, Zecharia Sitchin dari studi kuno tentang teks-teks agama Babilonia, yang dibahas pada tahun 1976 dalam bukunya  "The 12th Planet".

Dalam bukunya, Sitchin menyebutkan planet raksasa yang disebut Nibiru atau Marduk melewati bumi setiap 3.600 tahun, dan saat melewati bumi dapat memungkinkan penduduk luar angkasa untuk berinteraksi dengan penduduk bumi. Namun, Sitchin membantah bahwa tidak ada hubungan antara studinya dengan klaim Nancy.

Dia menulis buku lainnya "The End of Days", sebagian isinya menanggapi klaim Nancy, dimana ia menyebutkan bahwa terakhir Nibiru melewati bumi pada 556 SM, yang berarti akan kembali melewati bumi sekitar tahun 2900.

Zecharia Sitchin (Gambar: Wikipedia)

Menurut situs EarthSky, planet / asteroid Nibiru tidak nyata; tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung keberadaannya. Itu adalah fenomena palsu bahwa Nibiru akan melewati bumi, ataupun membombardir bumi. Jika Nibiru adalah nyata, tahun 2012 sudah lewat dan tidak terjadi apa-apa. Mengingat periode orbit adalah 3.600 tahun, itu berarti seharusnya sekarang berada didalam orbit Jupiter. Nibiru seharusnya dapat terlihat dengan mata telanjang seperti Jupiter, dan Bumi akan jelas merasakan efek gravitasi. Dalam situs resmi NASA tentang bagian Pertanyaan & Jawaban, NASA menegaskan bahwa Nibiru dan cerita lainnya tentang planet X merupakan tipuan internet.

NASA juga menjelaskan fenomena tentang teori pergeseran Kutub. Teori pergeseran kutub dan pembalikan dalam rotasi bumi tidak mungkin dan tidak akan pernah terjadi. Memang benar ada gerakan lambat di benua seperti Antartika (yang berada didekat khatulistiwa beberapa ratus juta tahun yang lalu), tapi itu tidak terkait dengan pembalikan rotasi kutub.

Kesimpulannya, tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung keberadaan Planet X atau Nibiru akan berbenturan dengan Bumi. Seperti halnya dunia tidak berakhir pada Desember 2012, karena cerita tentang Nibiru atau Planet X semua itu adalah hoax.

Referensi:
Bencana Nibiru
Hoax or Fact

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon